forum

IMMA (Indonesia Mapping & Modding Academy)

posted
Total Posts
336
show more
Rei Hakurei
kan fungsinya buat yang mau nutorin orang atau ngasih tau ini itu setau gw (tapi dalam hal mapping tentunya)._.
kalo sekarang bukannya lagi pendataan yang bisa modding/mapping/timing/storyboarding kan?
oh well, gw sih free time, cuman masih pengen coba ngelurusin style2 gw yang udah kusut aja,

kalo ada yang rekam speed piano-timing tutorial gw pas gencar kmaren sih gpp :p
theramdans

Rei Hakurei wrote:

gw tau kok :P
cuman ya, kenapa gak hafalin user ID aja gitu :P
sembilan belas tiga belas tujuh tiga enam
WVS
Kalo user ID nya gampang kaya enam kosong kosong lima sembilan sembilan sih gapapa, tapi kan ya... :roll:
Dan anyway, kan skrg lagi ngumpulin data.. terus..?

Setelah itu, bakal ada apa lagi? gua (walaupun gak begitu kontribusi banyak dan cuma cocot doang), Saturnalize, dan 10nya udah bikin video tutorial dalam mapping (atau mungkin ada yang lain lagi?) -- dengan harapan, dengan begitu mapper Indonesia kreatifitas dan motivasinya terpicu.

Ayo dong ramein lagi! bikin video tutorial kek, gambar-gambar slider art yang menarik gitu kek walaupun ga begitu bagus, apa aja lah.
Jangan sampe jadi kaya IBC yang hype di awal-awal doang terus ujungnya mati karena emang komunitas mapper Indonesia rata-rata pemales.. IMO. :oops:

Tapi ya bingung juga sih, emang mau di-tambahin apa lagi ya.. huft.
ArcherLove

WVS wrote:

Tapi ya bingung juga sih, emang mau di-tambahin apa lagi ya.. huft.
lomba cepet"-an buat map + ranked map o.o ? *runs*
Sorarei
tritnya jarang di update
Niva

WVS wrote:

Ayo dong ramein lagi! bikin video tutorial kek, gambar-gambar slider art yang menarik gitu kek walaupun ga begitu bagus, apa aja lah.
Jangan sampe jadi kaya IBC yang hype di awal-awal doang terus ujungnya mati karena emang komunitas mapper Indonesia rata-rata pemales.. IMO. :oops:
halo~

(yes, baru ke-upload sekarang karena sebelumnya terlalu mager untuk buka Google Drive satu dan lain hal orz ._.)
WVS

Reikosaka wrote:

tritnya jarang di update
Ini juga jadi salah satu faktor kenapa thread-nya se-olah-olah kelihatan mati, padahal sebenernya lumayan rame kok menurut gua.
(tapi ursa juga jarang keliatan sih sekarang.. jadi gimana ya..)


ArcherLove wrote:

lomba cepet"-an buat map + ranked map o.o ? *runs*
Wah, gak bisa kak.. yang menang nanti mapper-mapper yang biasa ngemap TV Size plus Guest Difficulty yang diisi oleh para mapper terkenal dong..
Kasian yang masih belom populer tapi isi dan seni dari map-nya ternyata lumayan keren. XD

Dan halo Niva~
ArcherLove
@WVS : iyaa cuma bercanda kok.... masalah lomba itu belakangan dulu xD
Vr2609
Saya bisa buat Map Mania 4K :) .
tapi untuk key selanjutnya saya kurang mengerti cara membuatnya :( , apakah rules berbeda-beda dari semua jenis key nya ?
ArcherLove
sama kok, cuma di mode 7 dan 8 Key, tidak di perbolehkan membuat note yang ditekan bersamaan sebanyak 7 buah ... *buah*
Vr2609

ArcherLove wrote:

sama kok, cuma di mode 7 dan 8 Key, tidak di perbolehkan membuat note yang ditekan bersamaan sebanyak 7 buah ... *buah*
Oh, Thanks infonya ;)
69653863
eh... mungkin ini bisa guna
nitip aja deh

masih banyak yg harus ditambahin sih, tapi segini udah bisa sih sebenernya
WVS
storyboard tutorial
Decipher
Senritsu
std ada. ctb ada. mania ada.
taiko mana 8') /no
WVS
Kak Decipher dan inverness ajarin saya bikin storyboard dong :D
AncuL
>yang bikin ctb bat
>nggak ada guide ctb
kadang-kadang gini
dionzz99
bisa update lagi?
ane bisa bantu bidang timing juga..
jadi ane mapper + timing section
Setsurei

dionzz99 wrote:

bisa update lagi?
ane bisa bantu bidang timing juga..
jadi ane mapper + timing section
10nya
inv for sb thxby
AnreFM
baru bisa aktif lagi /o\

also count me in :3
dionzz99

Setsurei wrote:

dionzz99 wrote:

bisa update lagi?
ane bisa bantu bidang timing juga..
jadi ane mapper + timing section
ok '-' i guess....
Shiranai
Mau tanya, kalo slider art kaya gini masih diperbolehin engga yah buat dipake
wendao
no no no no no no no no no, slider bordernya ga keliatan ;~;

inb4 nice art
DenoisoGoiso
Slider border gak keliatan?

lol
maksudnya jalan slidernya kali yg gak keliatan, jadi unreadable;unrankable.
wendao

DenoisoGoiso wrote:

Slider border gak keliatan?

lol
maksudnya jalan slidernya kali yg gak keliatan, jadi unreadable;unrankable.
justru itu slider border ga keliatan, ketutupan sama lintasan slidenya
Saturnalize
Pokoknya slider kalo kebaca arahnya, boleh.
Kyouren
Siapa yg jawab pertanyaan ini?
sebenarnya icon Nuke untuk apa?
ArcherLove

gokugohan12468 wrote:

Siapa yg jawab pertanyaan ini?
sebenarnya icon Nuke untuk apa?
you mean, flame ? app maps .
Hinsvar

ArcherLove wrote:

gokugohan12468 wrote:

Siapa yg jawab pertanyaan ini?
sebenarnya icon Nuke untuk apa?
you mean, flame ? app maps .
Bukan flame kok.

Nuke ditujukan buat map yang dianggep buruk banget dan jauh dari memenuhi Ranking Criteria, tapi ini biasanya cuma diberikan untuk map yang dapet lumayan banyak perhatian dari kalangan staf.
Kyouren
Thanks for informasinya, kakak-kakak
Saturnalize
Nuke itu buat map gue pls kthx bye
Kyouren


XD XD XD
JUST DANCE KIDDING
Rukaru
nuke?

osu!wiki wrote:

Nuke

A beatmap which, for various reasons, is currently extremely far from getting ranked and needs a particularly large number of modifications before it's even presentable. Examples include not following even the most basic of guidelines, such as having completely incorrect timing or objects placed at random on the grid and/or timeline, but also extremely challenging or unconventional beatmaps (e.g. consisting of a single Spinner). The warning icon that accompanies Nuked beatmaps is the symbol for radioactive materials.
ohya, nuke juga biasanya ditemukan pada map yang ada "kusodu abuse" (semua post termasuk yang ga guna dikasi kudosu)
ShuuyaKano15
Gan ada yang tahu caranya bikin slider bolak balik gak
Rayz141

ShuuyaKano15 wrote:

Gan ada yang tahu caranya bikin slider bolak balik gak
klik-geser ujung slider ke kanan di timeline
ArcherLove
17VA map, nuke
Saturnalize

raheta_adi wrote:

nuke?

osu!wiki wrote:

Nuke

A beatmap which, for various reasons, is currently extremely far from getting ranked and needs a particularly large number of modifications before it's even presentable. Examples include not following even the most basic of guidelines, such as having completely incorrect timing or objects placed at random on the grid and/or timeline, but also extremely challenging or unconventional beatmaps (e.g. consisting of a single Spinner). The warning icon that accompanies Nuked beatmaps is the symbol for radioactive materials.
ohya, nuke juga biasanya ditemukan pada map yang dapet kd spam dari akun klonengan

fixed
MMd-
lebih ke Taiko mapping guide sih, tapi harusnya bisa jadi Ranking Criteria juga

-General
a. Tidak diperkenankan menggunakan 1/8 timing section, kecuali jika lagu kelewat pelan (<100 bpm, misal) dan HANYA jika ada nada 1/8 pada lagu. Timing section 1/6 masih diperbolehkan namun hanya jika ada nada 1/6 atau serupa pada lagu.
b. Tidak diperbolehkan menggunakan big kat/big don pada awal, tengah, dan akhir stream, dengan nada yang sama (misal Ddddd/ddKkkdd/ddddkkkK, penggunaan serupa tidak diperbolehkan).
Penggunaan big kat/big don pada stream dengan nada berbeda pada awal ataupun akhir masih diperbolehkan (misal KddddK/KdkdkD/dsb.), meskipun tidak disarankan untuk digunakan. Masih banyak pattern lain untuk digunakan, seperti K ddd untuk menggantikan Kdddd, dsb.

-Kantan (Easy)
recommended setting : HP3 OD3, Slider Velocity 1,0 - 1,2
Gunakan ketukan 1/1 atau 2/1 (untuk bpm <150), dan 2/1 atau 4/1 (bpm >150). Usahakan buat pattern sesederhana mungkin, dan beri jeda yang cukup antar beat untuk memudahkan player.

-Fuutsu (Normal)
recommended setting : HP4 OD4, Slider Velocity 1,3 - 1,4
Gunakan ketukan 1/2 atau 1/1 (untuk bpm <150) dan 1/1 atau 2/1 (bpm >150). Mulai berikan variasi pattern yang simpel dan gampang, dan jaga jangan sampai terlalu susah.

-Muzukashii (Hard)
recommended setting : HP5 OD5, Slider Velocity 1,4 - 1,5
Mulai "bermain" dengan pattern disini, namun tahan diri untuk menggunakan 1/4 timing section (untuk lagu <130 bpm, jangan gunakan 1/8 timing section), kecuali pada beberapa bagian yang memang dirasa pas (dan jaga sependek mungkin, seperti triplet). penggunaan triplet (ddd, kkk, kdk, dsb.) yang terlalu berlebihan juga tidak disarankan.

-Oni/Inner Oni/Ura Oni (Insane/Extra)
recommended setting : HP5 OD5, Slider Velocity 1,5 - 1,6
Tau lah harus ngapain. Tidak disarankan untuk menggunakan pattern super susah (misal stream yang terlalu panjang atau ketukan 'random') untuk Oni. Hampir tidak ada batasan untuk Inner Oni/Ura Oni, hanya saja tetap jaga tingkat kesulitan sehingga masih passable/FCable.

Mohon diperhatikan bahwa setting Slider Velocity ini tidak tetap karena faktor bpm, jika bpm <130 tambahkan nilainya sekitar 0,2 - 0,5, dan kurangi jika bpm >180.
Saturnalize

MMd- wrote:

Mohon diperhatikan bahwa setting Slider Velocity ini tidak tetap karena faktor bpm, jika bpm <130 tambahkan nilainya sekitar 0,2 - 0,5, dan kurangi jika bpm >180.
fix :

ATURAN SV : Pengaturan dasarnya 1.4, mau dipake di semua diffset (futsuu s/d ura oni) juga boleh. Justru kalo di satu bpm svnya beda ntar malah berantem. Memang, ada yang biasanya pake lebih tinggi buat diff yang lebih susah, itu biasanya karena mereka pake 1/6 tau 1/8 buat mencegah overlap (ga keliatan saking banyaknya dalam satu ketukan).

Kalau mau beda sv, liat dulu lagunya. Ada yang pake sv 1.4 di bpm 240. Ada.

Intinya, sv dasar 1.4, ubah kalau kecepatan datang not mulai abnormal (kecepetan, read).

HP & OD, sesuaikan sama tingkat kesulitan lagu. OD biasanya tetap pada aturan dasar yang udah mmd kasih, tapi kadang ada yang kasih 6 (personally gue lebih pilih 6, both max hp & od)
Senritsu
Gw sama ming ada rencana bikin guide taiko.. we both lazy tho c:
so idk xD ww
Rei Hakurei
Simple Mapping Guide:
Kantan: jangan 1/2
Futsuu: diusahakan jangan 1/4
Muzukashii: jangan terlalu tebal, jangan terlalu kompleks, jangan panjang streamnya
Oni: sadar diri aja mapnya.

basisnya sih kalo kantan sama futsuu gak terlalu maen sama alternate, jadi don bisa sangat dominan tapi jangan sampe 100% don juga lah...
terus juga sama nada di lagu itu sangat vital, apa yang km ikutin kalo bisa jangan vokal (buat level tinggi)...

kalo kerasa naik, inget ganti aja jadi kat,
kalo kerasa turun, ganti jadi don,
kasarnya gitu.

terus juga buat yang perlahan itu feeling aja maennya :3

kalo sama diff setting pikir aja serasional mungkin, HP drain jangan terlalu tinggi juga...
SV change juga bisa jadi ngebantu buat banting tiap big notes... kadang mappernya masang begituan
finish dalam stream itu cuman boleh dipasang dibelakang dan beda warna sama not sebelumnya (iirc), inget aja dimana pengen banting not juga bisa pake finish after stream
mingmichael

Senritsu wrote:

Gw sama ming ada rencana bikin guide taiko.. we both lazy tho c:
so idk xD ww
:'D secepetnya akan diselesaikan huehuee


Rei Hakurei wrote:

Oni: sadar diri aja mapnya.
pfttt ww
Setsurei
front page updated (mapper and modder list), bagi yang belum tercantum harap isi form ini:


jika ada kesalahan dalam input (maklum manual), bisa PM saya
Legend:
I = bisa mod / map / timing
E = tahap pembelajaran dalam modding / mapping / sedikit bisa timing
N (abu tua) = tidak bisa
N (abu muda) = tidak ada info (not available)
akebono
RLC wat ..
Setsurei

egas00 wrote:

RLC wat ..
tadi udah mau ga dimasukin karena lihat flagnya bukan indo, confirm ursa katanya RLC orang indo
Decipher
kenapa ga confirm ke orangnya langsung aja set? :?
Setsurei

Decipher wrote:

kenapa ga confirm ke orangnya langsung aja set? :?
orangnya gak online, daripada kelamaan tanya yang ada
Saturnalize

Setsurei wrote:

Decipher wrote:

kenapa ga confirm ke orangnya langsung aja set? :?
orangnya gak online, daripada kelamaan tanya yang ada
Yang ngegantung ga usah dimasukin, daripada ntar jadi diskusi yang bikin nyindir.

PM lah, masa pm sama nunggu males (inb4 nunggu senpai notice malah sabar ampe pantat lebar)
Setsurei

Saturnalize wrote:

Yang ngegantung ga usah dimasukin, daripada ntar jadi diskusi yang bikin nyindir.

PM lah, masa pm sama nunggu males (inb4 nunggu senpai notice malah sabar ampe pantat lebar)
haha, ok sementara ga di pasang
ArcherLove
THIS RLC ?
Sorarei

ArcherLove wrote:

THIS RLC ?
yes
ArcherLove
O...kay ._.
moncar321
ada yang mau bantuin saya gak ? :(
https://osu.ppy.sh/s/180850
WVS
Liat/nilai/tau darimana RLC orang indo? ada bukti kuat? jgn maen asal confirm-confirm aja kalo yg nge-confirm itu sendiri ga jelas iya/enggaknya.
Jangan sampe gara-gara lalai gini entar masalahnya jadi tambah besar terus jadi bahan omongan orang negara luar.

(walaupun lucu juga sih, cuma gara-gara salah sangka aja bisa sampe jadi bahan omongan.. hehehe.)
Setsurei

WVS wrote:

Liat/nilai/tau darimana RLC orang indo? ada bukti kuat? jgn maen asal confirm-confirm aja kalo yg nge-confirm itu sendiri ga jelas iya/enggaknya.
Jangan sampe gara-gara lalai gini entar masalahnya jadi tambah besar terus jadi bahan omongan orang negara luar.

(walaupun lucu juga sih, cuma gara-gara salah sangka aja bisa sampe jadi bahan omongan.. hehehe.)
haha ya memang sih aku kemaren ga ambil repot, mau yang instan jadi terjadilah kesalahan tersebut
humans are not perfect, they made mistakes

kalo dijadikan bahan omongan ga masalah, ga perlu diambil pusing
kalo masalah jadi tambah besar itu juga depends on how people react to those,
imo orang indo kebanyakan suka membesar2kan masalah yang simple yang padahal ga perlu diurus

anyway, thanks for correction
dionzz99


haduh mapping sama modding manianya kebalik.. lel. (masa gue jago modding sedangkan mappingnya baru belajar wkwkwk)
trus apa bisa ganti tipe modding nya jadi normal?
ane cuma bisa mod 4k sih, ENHI.
Setsurei

dionzz99 wrote:



haduh mapping sama modding manianya kebalik.. lel. (masa gue jago modding sedangkan mappingnya baru belajar wkwkwk)
trus apa bisa ganti tipe modding nya jadi normal?
ane cuma bisa mod 4k sih, ENHI.
well, I was following this
kalo ga complete, dihitung belajar
lagian ada kok yang cuma bisa modding tapi ga bisa mapping

updated
Kyouren
For Setsurei: kalau Timing yang Single, Bisa
yang Multi, tahap pembelajaran


Baru daftar~
Nazalion
wat , nama gw di buang dari list lel
Decipher

ursa wrote:

to be added :
* diffspread tentang std , taiko , ctb & o!m
* pengorganisir experience modding
* mapper & modder of the month
pada akhirnya ini cuma rencana semata ya.. atau gimana? 0.0
terus ini.. perasaan doang atau emg ursa udah ga pernah keliatan lagi di thread ini? o<-<
wendao
Dopost, sry
wendao
Will be applied in near distant future~
Decipher
someday klo acara listing listingnya udah kelar ya? xD
Kasuga
Difficulty Spread Naming

Also, count me in :)
Arlecchino
add meh.. i'm newb at modddeng and mappeng

how2moddeng.. lol

gk biasa chat di forum.. semua post hasil dari mapping sama modding..
ya dari pada bosen.. terkadang gk ada kerjaan..

mungkin bisa bantu modding/mapping..
yoroshiku~
Ciyus Miapah
Setsurei: saya update Modding dan Mapping status

check it out

btw itu beneran RLC org indo??? :?










My Diff name:
- ExF -> Extra
- Fort's Extra -> Extra
- Hertz -> Extra
- Noob -> Extra
- Fortune -> Extra
primrose
....?
wendao
notto dissu shitto agen
Gratizzz
cah, lontong ane mapping dong :D
baru blajar mapping nih gan, kalo timing udah ok
ada gak guide tentang pattern?> soale pattern wa ancur hehe :P
GH40z
ano, maksudnya hitsound itu, harus lebih dari 1 hitsound ya ? ._.
Senritsu

scrangger40z wrote:

ano, maksudnya hitsound itu, harus lebih dari 1 hitsound ya ? ._.
Hitsound itu nggak harus, hanya dipake kalau sesuai sama musik / vokalnya.
Dan pemakaian hitsound nggak harus selalu 2, kebanyakan 1. Kalau 2 boleh" aja, asal cocok aja sama musiknya~
Sorarei

Senritsu wrote:

scrangger40z wrote:

ano, maksudnya hitsound itu, harus lebih dari 1 hitsound ya ? ._.
Hitsound itu nggak harus, hanya dipake kalau sesuai sama musik / vokalnya.
Dan pemakaian hitsound nggak harus selalu 2, kebanyakan 1. Kalau 2 boleh" aja, asal cocok aja sama musiknya~
hitsound biasanya tergantung dari musik, tapi pada umumnya hitsound harus menggunakan semua default hitsound yang ada (whistle , clap , finish)
menurutku sih gitu
Xierra
For the Forest!
Heehee, good luck ya Ursa ^^
Strugatskaya

Gratizzz wrote:

cah, lontong ane mapping dong :D
baru blajar mapping nih gan, kalo timing udah ok
ada gak guide tentang pattern?> soale pattern wa ancur hehe :P

kalau masalah pattern coba play map" sebelumnya banyak refrensi kok...
buat pattern sendiri biar super...
WeeklyWeekend
bantu ane dong, ane masih bener2 pemula,
ni pending map ane
https://osu.ppy.sh/s/220434
https://osu.ppy.sh/b/500208
https://osu.ppy.sh/s/213934
https://osu.ppy.sh/s/210801
tolongin ya sankyuu..
kalau mau tolongin langsung bisa pm ke https://www.facebook.com/ridho.stiawan.9
arigatou
Ciyus Miapah
lah nih gk aktif ya?
Rei Hakurei

WeeklyWeekend wrote:

bantu ane dong, ane masih bener2 pemula,
ni pending map ane
https://osu.ppy.sh/s/220434
https://osu.ppy.sh/b/500208
https://osu.ppy.sh/s/213934
https://osu.ppy.sh/s/210801
tolongin ya sankyuu..
kalau mau tolongin langsung bisa pm ke https://www.facebook.com/ridho.stiawan.9
arigatou
napa gak pm osu aja = =
Sky Trias
Hi! Count me please ;)

Modding ? STD Only!
  1. Hard
  2. Insane
  3. Extra
no idea about "Easy / Normal difficult" :lol:

Saya kesulitan untuk membuat tingkat kesulitan "Easy / Normal"
Jadi saya kesulitan untuk membuat beatmap dengan mapset sendiri .. :cry:
Ada yang punya saran tentang tingkat kesulitan tersebut ??

Tambahan : Saya enggak tahu apa apa tentang "New Combo / Combo" dan "Hitsound"
Ada tambahan saran ? :roll:

Feel Free ask for modding when i'm online ;)
Don't forget to give kudosu :P

Pending Beatmap ?
Check in Signature ;) M4M ? OK! :D
lemonadejuice_old
@Sky Trias : Wah mau dong map saya dimodding..

Easy/Normal, saran saya, setting diff (AR, OD, dll) sesuai dengan yang di guide wiki-nya osu, untuk spacing pakai distance-snap, beat min.1 (gak yang 1/2 ato 1/4) dan SV-nya diusahakan tetap aja mungkin..

kalau sesuai itu sih...kayaknya bisa menghindari overmapped pada diff easy/normal (kayaknya sih ya)

Saran saya aja sih--sebagai player yang mentok-mentoknya cuman bisa main hard--saya sendiri juga masih pemula soalnya (_ _) CMIIW
GH40z

Reikosaka wrote:

Senritsu wrote:

Hitsound itu nggak harus, hanya dipake kalau sesuai sama musik / vokalnya.
Dan pemakaian hitsound nggak harus selalu 2, kebanyakan 1. Kalau 2 boleh" aja, asal cocok aja sama musiknya~
hitsound biasanya tergantung dari musik, tapi pada umumnya hitsound harus menggunakan semua default hitsound yang ada (whistle , clap , finish)
menurutku sih gitu
terus, cara bikin 2 hitsound gimana? :/
Sky Trias

scrangger40z wrote:

terus, cara bikin 2 hitsound gimana? :/
Hitsound ? Letaknya ada di sebelah kanan layar "Edit"



err .. Untuk Hitsound lainnya bisa di cek di bagian Timing - Timing Setup Panel - Audio . Disitu kamu bisa pilih Hitsound yang pas dengan Beat musik



kalau masih kurang paham juga bisa di lihat di menu Help (shortcut: H)

err .. Itu aja kayaknya yang bisa saya kasih tau , saya juga masih belajar tentang Hitsound juga :lol:
Semoga membantu ;)
Azern
Nitp tikar ya bang :D
LigerZero
Langkah kedua : perika metadata

Ada beberapa website luar yang bisa kamu jadikan patokan untuk [Artist], [Title], dan lain lain. Beberapa diantaranya:
  1. vgmdb.net: untuk Video Game dan Lagu Anime/LN
  2. Touhou wiki: untuk lagu-lagu remix Touhou
  3. Vocaloid wiki: untuk lagu-lagu Vocaloid
  4. VjArmy: untuk lagu-lagu Bemani (Beatmania, DanceDanceRevolution dan lain sebagainya)
tambahan link sangat diterima, silahkan tambahkan jika dirasa perlu!

Tahap 3 : Periksa timing beatmapnya kalau sudah benar

Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
  1. BPM Analyzers: External programs such as MixMeister help you to detect the correct BPM. Take into account that it'd only work with single-BPM songs, and it doesn't detect the correct offset.
  2. Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply: Tool to detect an accurate BPM and Offset in most of the mp3 files. Only working for single-BPM songs!
  3. Charles445's advanced timing videotutorials: Where you can see how to time different types of songs according to their BPM.
  4. LKs' timing tutorial (Chinese):
  5. Help to add more info here!

paling kalau yang touhouwiki, ane hanya 3 DJ yang terkenal di osu untuk lagu touhou remix. dia adalah
1. ALiCE EMOTiON (REDALiCE)
2. MUZIK SERVANT
3. East New Sound

========================================================

untuk yang timing sih usahakan kalau nggak bisa menggunakan timing insting bisa juga dengan software DJ baik itu virtual DJ atau traktor DJ software
Hasbiii
ini masih hidup gak ? :'v
ada yang bisa bantu gak T_T
ane gk terlalu ngerti , spacing error ,single combo , dan lainnya :'v

coz meskipun nilai UN inggris ane 9 , tapi masih gak ngerti @@

kalau ada yang bisa bantu , terimakasih :'v
https://osu.ppy.sh/forum/t/275501/start=15

dan ane gk bisa buat diff easy :'v


terimakasih :'v
Rukaru

Nishikino- wrote:

ini masih hidup gak ? :'v
ada yang bisa bantu gak T_T
ane gk terlalu ngerti , spacing error ,single combo , dan lainnya :'v

coz meskipun nilai UN inggris ane 9 , tapi masih gak ngerti @@

kalau ada yang bisa bantu , terimakasih :'v
https://osu.ppy.sh/forum/t/275501/start=15

dan ane gk bisa buat diff easy :'v


terimakasih :'v
spacing error karena jarak antar note tidak konsisten atau mungkin terlalu jauh (biasanya diabaikan dalam tingkat kesulitan Insane). single combo aku rasa sudah jelas, hanya ada satu note dalam satu kombo. nilai UN 9? serius? hhhhh

Distance Space (sering disebut DS) bisa dilihat di bawah "Grid Snap". cara mengatur nilai DS, tekan alt+scroll up/down
kalo ga bisa buat Easy ya belajar dulu, silakan lihat map yang sudah ranked
dan, tolong perhatikan penggunaan smiley Anda.
Sky Trias

Nishikino- wrote:

coz meskipun nilai UN inggris ane 9 , tapi masih gak ngerti @@
\o/ lol \o/

Rukaru wrote:

spacing error karena jarak antar note tidak konsisten atau mungkin terlalu jauh (biasanya diabaikan dalam tingkat kesulitan Insane). single combo aku rasa sudah jelas, hanya ada satu note dalam satu kombo. nilai UN 9? serius? hhhhh

Distance Space (sering disebut DS) bisa dilihat di bawah "Grid Snap". cara mengatur nilai DS, tekan alt+scroll up/down
kalo ga bisa buat Easy ya belajar dulu, silakan lihat map yang sudah ranked
dan, tolong perhatikan penggunaan smiley Anda.
Kalo sudah di rapihkan , coba PM saya di game .
Saya usahakan mod map ini! ;)
Hasbiii

Sky Trias wrote:

Nishikino- wrote:

coz meskipun nilai UN inggris ane 9 , tapi masih gak ngerti @@
\o/ lol \o/

Rukaru wrote:

spacing error karena jarak antar note tidak konsisten atau mungkin terlalu jauh (biasanya diabaikan dalam tingkat kesulitan Insane). single combo aku rasa sudah jelas, hanya ada satu note dalam satu kombo. nilai UN 9? serius? hhhhh

Distance Space (sering disebut DS) bisa dilihat di bawah "Grid Snap". cara mengatur nilai DS, tekan alt+scroll up/down
kalo ga bisa buat Easy ya belajar dulu, silakan lihat map yang sudah ranked
dan, tolong perhatikan penggunaan smiley Anda.
Kalo sudah di rapihkan , coba PM saya di game .
Saya usahakan mod map ini! ;)
Makasih Kak Rukaru...aku emang gk bisa buat diff yg gampang :3

ampun kak :'v mod nya -Nya- belum kelar :'v tinggal yang spacing spacing error nya :'v gk tau ngebenerinnya gimana :v
wendao
THiS ToPiC So DeaD

Introduce

  • hello, gw wendao, a.k.a user hybird, player sedeng, mapping sedeng, modding sedeng, disini gw mau sharing sedikit guide (dari gw sendiri) buat ngemod beatmap :D

Prepare

  • langkah pertama? udah jelas download beatmap yang pengen dan akan kalian mod, beatmapnya bisa dari #modreqs, dari request orang / teman kalian sendiri, atau beatmap random yang kalian dapat dari Sub-Forum W.i.P dan Pending Beatmap~

nah selesai download, disinilah awal kalian akan memulai modding.


General


  • pada kategori ini, kamu bisa mengecek hal-hal peletakan objek pada beatmap (seperti halnya Ekstrinsik pada karya Novel dll.); contohnya yaitu:
  1. bitrate dari mp3 yang dipakai
  2. BPM dan offset yang digunakan
  3. Artis dan judul lagu beatmap
  4. Nama difficulty
  5. Asal lagu itu berasal (Dipakai pada sebuah game / anime / lainnya)
  6. Tags (keyword yang dapat digunakan untuk mencari beatmap tsb)
  7. Misc. Toggles
  8. Storyboard (jika ada)

    1. bitrate mp3
    pada dasarnya gampang untuk mengetahui bitrate mp3 yang dipakai, tinggal:
  9. klik Open Song Folder
  10. cari mp3 yang dipakai
  11. klik kanan dan klik Properties (Windows OS, ga tau buat OS lain hehe)
  12. (muncul pop-up Properties)
  13. klik tab Details
  14. scroll kebawah bagian Audio

    disana akan terlihat bitrate yang digunakan; jika value yang terdapat disana KURANG dari 128 kbps, atau LEBIH dari 192 kbps, maka kamu bisa santai me-reply, "mp3 is unrankable" atau semacamnya :lol:

    2. BPM dan offset yang digunakan
    untuk BPM dan offset, harap diperhatikan terlebih dahulu bitrate mp3 yang digunakan, jika bitrate mp3 yang digunakan salah (pada point 1), besar kemungkinan BPM dan offset yang kalian tawarkan akan sia-sia karena jika si mapper mengubah bitrate mp3 (dengan cara compress / mencari yang baru), sangat besar kemungkinan lead in pada lagu berbeda dari yang pertama, mengakibatkan offset yang sedikit miring.

    2.1. panduan mencari BPM dan offset
    jika kamu tidak terbiasa mencari BPM dan offset sebuah lagu ATAU kamu sudah merasa nyaman dengan offset yang digunakan, kamu bisa melewatkan bagian ini.

    jenis-jenis BPM pada sebuah beatmap dibagi menjadi 3 (Charles445's theory):
  15. Single BPM
  16. Multi BPM
  17. Various BPM

    2.1a. Single BPM
    untuk mencari single BPM (hanya ada 1 Timing points), gw saranin pake Timing Analyzer v0.32.4 oleh statementreply (link download cek di userpage dia), ketepatan BPM yang didapatkan bisa gw bilang 95%, apalagi dikasih lagu yang beat nya jelas (bukan lagu slow mellow), sisanya tinggal fix Metronome (ya mesti ngerti sendiri la Metronome apaan).

    2.1b. Multi BPM
    pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan single BPM, hanya digunakan jika ada bagian lagu yang rasanya 'kepeleset' dari beat utama lagu itu. cara mencarinya? sama, pake Timing Analyzer oleh statementreply juga. experiment by yourself~

    2.1c. Various BPM
    diantara ketiga jenis BPM ini yang paling susah (oh jelas). BPM yang tidak konstan, sangat ribet dijelasin / diajarin (harus belajar sendiri). D':

    buat ketiga jenis BPM di atas, video dari maz Charles445 mungkin membantu~ (cek post pertama).

    3. Artis dan judul lagu beatmap
    untuk artis dan judul lagu sangat disarankan mengambil langsung dari link officialnya (misalnya untuk Aoi Eir -> http://www.aoieir.com/disco/ || Afgan Syahreza -> http://www.afganworld.com/discography/ ). Bila tidak yakin, bisa ditanyakan ke orang yang lebih berpengalaman. Bila tidak ada website aslinya, terpaksa menggunakan link cadangan, bisa iTunes, dkk.

    4. Difficulties Name
    buat hal ini bisa bertumpu pada thread ini

    5. Source
    tidak jauh berbeda dengan mencari artis dan judul lagu. Tetapi, jika kebetulan yang dipakai adalah huruf kanji, hanji, atau semacamnya, pakai saja itu, karena osu! sudah mensupport huruf-huruf sebagaimana disebutkan.

    6. Tags
    yep, keyword yang dapat digunakan untuk mencari beatmap tsb, apa saja? (tidak diharuskan)
  18. Semisalnya Source yang digunakan huruf kanji, atau hanji, di Tags bisa disertakan huruf yang sudah Di-Latin-kan.
  19. Menambahkan genre lagu tsb Yang belum di-implementasikan di website osu!, misalnya: Drum and Bass atau Breakcore
  20. Menambahkan semua nickname Guest Mapper yang berperan aktif dalam beatmap (guest diff, collab)
  21. Menambahkan nama Album lagu tsb.
  22. Menambahkan nama Album-Artist dari si Artist (misalnya Silent Spica <-> a_hisa) (case)

    7. Misc. Toggles
    ga pernah denger? yakin? Editor -> F4 (Song Setup) -> Design
    disini kamu bisa cek kenyamanan seiring bermain beatmap, misalnya:
  23. Countdown
  24. Widescreen Support (SB only)
  25. Display storyboard in front of combo fire (SB only)
  26. Display Epilepsy warning (SB only)
  27. Letterbox during breaks

    7.1. Countdown
    entah deh mau jelasin apa disini, tapi pada umumnya lagu-lagu sekarang udah ga nyaman dikasih countdown, ya kalo emang nyaman dan keren pas dipake, apa salahnya nyaranin? :)

    7.2. Widescreen Support
    ya ini toggle buat beatmap yang ber-SB, kalo ga ada SB ya seharusnya ga ada masalah di on ataupun di off, tapi lebih baik off, biar keliatan... tau deh

    7.3. Display storyboard in front of combo fire
    toggle yang udah sangat jarang dipakai, lebih baik dibiarin off

    7.4. Display Epilepsy warning
    nah, jika beatmap yang kamu mod mempunyai SB yang sangat mengganggu mata dalam artian mempunyai gerakan yang cepat / flash, sarankan untuk menyalakan fitur ini, karena bisa memacu kejang pada penderita epilepsi.

    7.5. Letterbox during breaks
    kalo keliatan bagus, ya pake, kalo ngga, ya ga usah, simpel.

    8. Storyboard
    no I don't mod storyboard, so skip~

------ Panduan dibawah ini bisa dipakai juga sebagai panduan mapping ------


Applies to all diff

  1. Perhatikan snap objek di timeline, jangan sampai salah menaruhnya (misalnya seharusnya diletakkan dengan snap divisor 1/6 ini malah 1/4). biasanya juga terpengaruh pada BPM - offset yang salah.

Easy


  • Ideal difficulty setting:
    HP: 1 - 3
    CS: 2 - 3
    AR: 2 - 3
    OD: 1 - 3

    buat ngemap easy sih pada dasarnya gampang (kebanyakan note terletak pada tick putih), jadi ngemodnya ga terlalu distress-in
  1. objek tick merah (1/2) ok-ok aja di diff Easy, tapi disarankan tidak menggunakannya terlalu berlebihan.
  2. Cek konsistensi Distance Spacing tiap objek, jangan sampai ada objek yang 'nge-jump' atau tiba-tiba berhenti.
  3. Ngecek blanket disini mungkin bisa dibilang paling efektif, apalagi slider yang lambat jadi gampang keliatannya.
  4. Perlu diinget juga Easy sangat disarankan (atau dilarang?) mempunyai Slider Multiplier didalam beatmap.

Normal


  • Ideal difficulty setting:
    HP: 2 - 5
    CS: 3
    AR: 2.5 - 5
    OD: 2 - 5

    ga jauh beda sama Easy sih, cuman ya tambahan beberapa objek 1/2 dan pengurangan slider super panjang yang biasa digunakan pada Easy (2/1 atau 3/1 atau bahkan 4/1)
  1. sebisa mungkin hindari penggunaan objek tick biru (1/4).
  2. cek konsistensi Distance Spacing juga, karena masih pada takaran "diff untuk pemula"; jadi tidak disarankan ada random jump di diff Normal.
  3. ngecek blanket juga bagus kok disini (bisa apply ke semua diff, jika diperlukan)
  4. sama seperti Easy, Normal juga sangat disarankan tidak menggunakan Slider Multiplier

Hard


  • Ideal difficulty setting:
    HP: 4 - 6
    CS: 4
    AR: 5 - 8
    OD: 5 - 6

    tingkatan lebih jauh daripada Normal, penambahan 1/2 yang signifikan dan beberapa snapping lanjutan (1/3 | 1/4 | 1/6 | 1/8)
  1. random jump boleh saja, tetapi jangan menggunakannya terlalu berlebihan
  2. jangan memberi stream 1/4 yang berlebihan, 5 circle saja cukup (tick white - white), sisanya pakai slider repeat saja~
  3. jangan menggunakan Slider Multiplier berlebihan, karena mending dipake di diff Insane~ :D

Insane


  • Ideal difficulty setting:
    HP: 6 - 8
    CS: 4 - 5
    AR: 8 - 9
    OD: 6 - 8

    Insane, artinya saja gila, jadi lebih baik ngemap / ngemod sesuai naluri, berkreasi sendiri tapi ga bikin malu~ :DDDDDD

    untuk diff lebih lanjut, ya... sebagaimana naluri kalian ngemod saja, slider jelek, komen, pattern jelek, komen, be honest~

JANGAN LUPA UNTUK MEMBACA RANK CRITERIA


---

semoga membantu~
Ciyus Miapah
akhirnya ane bisa paham ini artikel dari dulu kagak ngerti" ane artikelnya bhs. inggris xD

mantep wen! keep it up!
Hasbiii
akhirnya aku juga bisa mengerti *w* /
PatZar

LigerZero wrote:

[notice]Langkah kedua : perika metadata

Ada beberapa website luar yang bisa kamu jadikan patokan untuk [Artist], [Title], dan lain lain. Beberapa diantaranya:
  1. vgmdb.net: untuk Video Game dan Lagu Anime/LN
  2. Touhou wiki: untuk lagu-lagu remix Touhou
  3. Vocaloid wiki: untuk lagu-lagu Vocaloid
  4. VjArmy: untuk lagu-lagu Bemani (Beatmania, DanceDanceRevolution dan lain sebagainya)
tambahan link sangat diterima, silahkan tambahkan jika dirasa perlu!
Sebenarnya vgmdb.net masih kurang official buat metadata stuff, kalau bisa lngsung cari ke web animenya.
wendao
patokan =/= official link
Surono
baca baca... `L_` lalalala
CuticleThong

LigerZero wrote:

paling kalau yang touhouwiki, ane hanya 3 DJ yang terkenal di osu untuk lagu touhou remix. dia adalah
1. ALiCE EMOTiON (REDALiCE)
2. MUZIK SERVANT
3. East New Sound
ENS itu circle pak...

Dan nampaknya kalian kekurangan beberapa DJ terkenal untuk Touhou, macam si Nhato, Masayoshi Minoshima, Tatsh, Autobahn (Yuuhei Satelite), moro (kalau suka genre gabba)

and I sense MUZUK SERVUK mentioned here orz personal sih aku berasa gak sreg sama dia
danks
Di saat aku membutuhkanya......... semua menghilang :(
wendao
hmm? butuh apa? mau nanya apa?
danks

wendao wrote:

hmm? butuh apa? mau nanya apa?
Bantuan untuk timming, hit sound, dan lain-lain...
mapper baru butuh banyak bantuan mas >:(
wendao
belajar lha

kalo langsung maen bisa mapping, ya.. bakat berarti
danks
ya udah lah...

nanti kritik ya klo dah jadi
show more
Please sign in to reply.

New reply