forum

STORYBOARD: Perkenalan

posted
Total Posts
51
Topic Starter
Sallad4ever
Wa coba2 bikin guide untuk Storyboard dan inilah hasilnya

STORYBOARD: Perkenalan

Disini wa akan menjelaskan tentang fitur-fitur yang terdapat di Design Tab, tempat untuk membuat Storyboard. Tapi sebelum itu sekilas tentang Storyboard dulu. Storyboard (SB) adalah kumpulan dari gambar diam, gambar animasi, dan efek suara yang menceritakan suatu kisah atau memberikan efek cahaya dalam sebuah beatmap. Storyboard bisa memberikan sebuah tambahan pada map dan memberikan pengalaman bermain yang sensasional (tentu saja SBnya harus bagus dulu).

Kode SB secara otomatis akan di salin di file dengan extension .osb di folder map. Berhati-hatilah apa bila kamu ingin menghapus file di dalam folder map mu karena apa bila kamu menghapus file .osb maka SB tidak akan tampil ketika map dimainkan
Untuk membuat SB di lakukan di Design tab (F2). Berikut ini adalah tampilan dari Design tab

Tampilan Design tab sangat berbeda dengan Compose tab karena pada tab ini adalah untuk mengolah/menyusun SB bagi map.

PENJELASAN

TIMELINE ZONE


Timeline di tab ini tidak mengatur jarak hit object pada map, tetapi mengatur seberapa lama elemen/gambar SB tampil/bergerak di map. Jadi apa bila kamu mau mengatur dari mana elemen SB akan mulai tampil atau menghilang dari layar maka di sini tempatnya.

Sedangkan keyframe control adalah
: Memulai/menambahkan dan mengakhiri/mengurangi poin perubahan (efek) yang kamu inginkan pada sebuah elemen
: Berpindah dari poin berikutnya atau sebelumnya pada Timeline Zone

LAYER TOGGLES
Sebelum menjelaskan tentang Layer Toggles, wa akan menjelaskan tentang layer pada osu! Di osu! Terdapat 5 layer mulai dari yang paling atas ke yang bawah mereka adalah HitObjects, Foreground, Passing, Failing, dan Background.
HitObjects akan berada di atas semua elemen di layer Foreground, elemen di Foreground akan berada di atas elemen di layer Passing & Failing, dan elemen di Background berada di bawah semua elemen. Untuk lebih mudahnya adalah sebagai berikut: HitObjects > Foreground > Passing & Failing > Background.



Option ini untuk mengatur elemen apa saja yg bisa di lihat di layar. Apabila kamu mencheck pilihan HitObjects maka semua circle, slider, dan spinner yang sudah kamu tempatkan di Compose tab akan terlihat di Design tab jadi kamu tidak usah repot2 ke test mode untuk melihat bagaimana tampilan SB bila di tambah dengan hit objek. Apabila kamu hanya ingin melihat elemen di Background maka check layer Background dan matikan layer yg lainnya

TRANSFORMATION


Pilihan di atas adalah efek2 yang bisa di berikan kepada elemen. Untuk menambahkan efek tinggal pilih elemen yang ingin kamu berikan efek kemudian tinggal klik tanda plus pada Keyframe Control di Timeline yang kamu mau. Ketika memilih elemen dari Sprite Library, secara otomatis efek Move akan di check. Elemen hanya bisa dipindahkan ketika option ini di check, jadi apa bila kamu memilih option Scale, Fade, ataupun Rotate elemen tidak akan bisa di pindahkan apapun yg kamu lakukan.

Move : Menggerakkan elemen dari satu posisi ke posisi lainnya (di tandai dengan garis hijau di Timeline Zone). Tambahkan point di waktu kamu ingin elemen SB untuk mulai bergerak, pergi ke waktu kamu ingin elemen SB untuk berhenti bergerak dan gerakan elemennya ke posisi yang kamu inginkan
Contoh

Wa ingin menggerakkan sebuah elemen dari poin A ke poin B selama 8 ketukan, pertama2 ambil elemen yg ingin kamu beri efek dari Sprite Library kemudian tempatkan di poin A


Perhatikan pada Timeline Zone terdapat garis kecil (poin) di baris Movement. Poin ini merupakan titik awal dari efek untuk elemen tersebut.


Kemudian maju 8 ketukan (tidak usah khawatir apabila elemen tidak terlihat ketika kamu berpindah waktu) Setelah kamu menentukan waktu tempat efek Move akan berakhir, klik tanda plus pada Keyframe Control dan sebuah poin akan di tambahkan pada kursor di Timeline.


Langkah yang terakhir adalah sorot poin terakhir pada efek Move dengan kursor Timeline (klik untuk berpindah poin dengan cepat) lalu posisikan elemen SB di poin B dan selesailah penambahan efek move ke pada elemen. Garis hijau diatas menandakan bahwa elemen akan bergerak dalam jangka waktu 8 ketukan dari poin A ke poin B
Scale : Mengubah ukuran dari elemen ke besar menjadi kecil dan sebaliknya (di tandai dengan garis merah di Timeline Zone). Cara menambahkannya kurang lebih sama dengan efek Move. Kalau pada efek Move kamu menggerakkan elemennya, untuk efek Scale tarik kursor ke atas untuk memperbesar dan tarik ke arah sebaliknya untuk memperkecil
Fade : Mengubah tingkat transparansi dari elemen (di tandai dengan garis pink di Timeline Zone). Untuk mengurangi atau menambahkan transparansi pada elemen, sama seperti pada efek Scale, klik dan tarik elemen ke atas untuk membuat elemen semakin terlihat dan tarik ke arah sebaliknya untuk menghilangkan elemen
Rotate : Memutar posisi elemen berdasarkan titik Origin dari elemen tersebut bukan dari titik tengah di layar osu! (di tandai dengan garis kuning di Timeline Zone)

Sebenarnya masih ada 3 efek lagi di Design Tab yaitu, Vertical Scale, Horizontal Flip, dan Vertical Flip tapi ketiga efek ini sangat jarang di pakai. Sedangkan untuk efek Transformasi yang lain seperti coloring, loop, animation, etc tidak saya masukkan di sini karena untuk menggunakannya di lakukan dengan mengedit langsung file .osb

TWEENING & EASING


Menghubungkan 2 point sehingga elemen akan bergerak sesuai dengan efek yang kamu berikan. Secara otomatis option ini akan menyala setiap kali kamu menambahkan poin di Timeline, tapi kalau kamu tidak ingin agar elemen bergerak maka matikan option ini. Dinamakan Tweening karena ketika bergerak akan ada suara "tweeeeeen" :P
Easing in adalah untuk membuat efek mulai dengan lambat dan kemudian semakin cepat ketika efek hampir selesai
Easing out adalah kebalikannya, efek mulai dengan cepat dan semakin lama semakin cepat mendekati titik akhir dari efek tersebut.

Contoh:
Move Easing In : Objek akan mulai bergerak dari titik awal dengan lamban dan semakin cepat ketika mendekati titik akhirnya
Move Easing Out : Objek akan mulai bergerak dari titik awal dengan cepat dan semakin lambat ketika mendekati titik akhirnya

ORIGIN


Option ini untuk memilih titik di mana perubahan untuk effect Scale/Rotate akan terjadi
Top-Left akan membuat perubahan ukuran dari bagian kiri atas elemen untuk Scale dan berputar di titik kiri atas untuk Rotate
Centre akan akan membuat perubahan ukuran dari titik tengah elemen untuk Scale dan berputar di titik tengah untuk Rotate

ADVANCE


Kependekan dari Difficulty Specific. Kalau kamu ingin membuat SB yang berbeda pada setiap difficulty, check option ini ketika membuat SB. Apabila SBnya tetap sama setelah kamu memilih option tersebut, pergi ke folder map kemudian hapus file .osb karena SB pada file ini akan mempengaruhi semua diff berbeda untuk Diff. Specific yang menyalin code SB langsung pada file .osu

SPRITE LIBRARY


Tombol ini adalah untuk memilih gambar yang ingin kamu gunakan sebagai elemen dalam SB mu. Klik tombol ini dan osu! akan secara otomatis membuka layar yang menampilkan semua file gambar yang berada di folder map mu. Gambar secara otomatis akan di tempatkan di tengah2 layar (kordinat x:320 y:240).
Klik Browse pada layar Sprite Library apabila gambar yang kamu inginkan berada tempat lain dan osu! secara otomatis akan memindahkan gambar tersebut ke dalam folder map. Ukuran maksimum dari gambar yang diperbolehkan untuk SB adalah maksimal 800x600 untuk SB yang meliputi layar bermain osu! sedangkan ukuran gambar maksimum bagi SB yg bergerak horizontal adalah 640x1440 dan 480x1920 bagi gambar yg bergerak vertical

MISCELLANEOUS


Baris paling atas adalah kordinat dari kursor, baris kedua adalah tampilan waktu dengan skala milliseconds dan baris terakhir adalah indikator yang memperlihatkan seberapa berat SB yang kamu buat.
Harap diperhatikan apabila SB Load ini berwarna merah maka SB mu berada di batas yang diperbolehkan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh elemen yang kamu gunakan, konsultasi ke MAT/BAT kesayanganmu apabila kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri.



Klik tulisan di atas untuk memindahkan elemen ke layer yang lain. Cara memindahkannya adalah dengan mengklik objek yang ingin kamu pindahkan dan langsung saja klik layer tempat tujuannya

Yup sampai disini saja perkenalan SBnya kalau ada yg tidak sesuai bilang aja disini ntar wa betulin. Karena Guide ini wa buat dengan sebatas pengetahuan minim wa tentang SB plus berbagai sumber jadi ada kemungkinan ada yang kurang dan sulit dimengerti. Jadi ga usah malu2 buat membetulkan atau bertanya disini.
Oh dan wa g tulis ini di wiki osu! karena wa nggak ngerti gimana caranya edit wiki plus attache imagenya.

Kalau ingin melihat map yang menggunakan SB dengan full (ada Pass dan Fail) wa rekomendasikan main map ini
Untuk melihat yg lain tinggal cari atau baca thread ini, udah tua tapi tetap bagus2 kok

Sumber:
viewtopic.php?f=20&t=46111
viewtopic.php?f=20&t=8145
http://osu.ppy.sh/s/13021
Miya
Emng bagusnya di jadiin PDF biar jadi kumpulan guide editor osu :D
Miya kalo soal sbing males cari gambar2nya ato bikin gambarnya >.<
Btw, nice tutorial :3
-SiN-
better put this on wiki ._.
nah bagian HOW TO baru post disini, tar link dr sana masuk ke trid ini
Yasora
naisu o3od
Drexel13
Thanks Sallad4Ever.. sekarang saya sudah tau storyboard itu bagaimana buatnya..
Thanks :)
Topic Starter
Sallad4ever

-SiN- wrote:

better put this on wiki ._.
nah bagian HOW TO baru post disini, tar link dr sana masuk ke trid ini
Wa baru baca2 cara edit wiki nanti wa pindahin kok, semoga aja formatnya bisa sama kyk di sini, dan lagi wa pengen kalau ada yg salah/kurang di guide ini bisa dibetulin secepatnya sebelum dipindahin

Oh dan kalau ada pertanyaan di post disini aja biar bisa langsung di jawab
Miya
pertanyaan, ganti2 bg gimana ya caranya? >.<
DeletedUser_414409

Miya wrote:

Emng bagusnya di jadiin PDF biar jadi kumpulan guide editor osu :D
Miya kalo soal sbing males cari gambar2nya ato bikin gambarnya >.<
Btw, nice tutorial :3
dari dulu juga pengen gue port ke PDF tapi ga jadi jadi. waktu ga sempet (alesan)

-SiN- wrote:

better put this on wiki ._.
nah bagian HOW TO baru post disini, tar link dr sana masuk ke trid ini
iya juga sih, bagus juga ditaruh di wiki
Topic Starter
Sallad4ever

Miya wrote:

pertanyaan, ganti2 bg gimana ya caranya? >.<
BG itu cuma satu dan gak bisa diganti2 karena BG g termasuk SB, coba aja liat di .osu file, kode BG ada di bawah bagian Background and video events bukan di bagian storyboard
Kalaupun ada map yg kamu lihat berganti2 BG itu sebenarnya SB yg ditaruh di layer foreground

Sumatran wrote:

-SiN- wrote:

better put this on wiki ._.
nah bagian HOW TO baru post disini, tar link dr sana masuk ke trid ini
iya juga sih, bagus juga ditaruh di wiki
wa liat di osu! wiki tuh beda bgt formatnya, kalau wa pindahin pasti harus wa edit lagi nih guidenya dan lagi panduan di wiki sendiri udah detail kok, malah lebih lengkap sampe ada kode2nya segala. Sayangnya baru setengah diterjemahinnya :?
Miya
jadi tinggal taruh bg di layer foreground? gitu aja?
Maya-kira
kak sallad, maya uda bisa masang bg di map maya (cuma ganti2 background aja sih orz). tapi, kalau maya mau nambahin lyrics lagi, entar nabrak nggak sama sb foregroundnya? x_x
Topic Starter
Sallad4ever
tentu saja harus kamu kasih efek juga dari editornya (move, scale atau rotate)
Karena kamu hanya mau SB untuk mengganti BG jd pakai move dari awal sampai akhir tanpa di gerakkan semilimeterpun cukup kok
Frizz
btw kalo ngga salah element sprite nya itu bisa diurutkan seperti layers di photoshop. Sederhananya, urutan sprite yang dibawah akan "overlap" sprite diatasnya.
Miya
tapi kalo mw ngurutinnya suka ribet kalo disini ;_;

Editor jg banyak bugnya seperti sprite yang tiba2 hilang di editor tapi di database masih ada. Buat balikinnya harus keluar editor dulu. :(
Topic Starter
Sallad4ever

Frizz925 wrote:

btw kalo ngga salah element sprite nya itu bisa diurutkan seperti layers di photoshop. Sederhananya, urutan sprite yang dibawah akan "overlap" sprite diatasnya.
bisa kok, tinggal di pilih elemennya trus langsung di drag

Miya wrote:

tapi kalo mw ngurutinnya suka ribet kalo disini ;_;

Editor jg banyak bugnya seperti sprite yang tiba2 hilang di editor tapi di database masih ada. Buat balikinnya harus keluar editor dulu. :(
oh emang bug sih tapi g usah keluar dan g usah di hapus tinggal buka sprite library trus keluar lagi ntar malah ilang sendiri tanpa perlu di hapus. Wa masih kurang tau kenapa kadang2 begitu tapi bukan masalah besar
Miya
emng bukan masalah besar sih, tapi ganggu aja, apalagi kalo lagi konsentrasi.
Uda lama osu ga ada update. hauu..
billy96
best full SB map: Jarto series \o/

saya ngemap aja gak bisa apalagi bikin Stroyboard:hammer:
Miya

billy96 wrote:

saya ngemap aja gak bisa apalagi bikin Stroyboard:hammer:
kalo ga bisa ya belajar donk :)
billy96

Miya wrote:

kalo ga bisa ya belajar donk :)
saya cuma gak ada niat kak
Topic Starter
Sallad4ever

billy96 wrote:

best full SB map: Jarto series \o/

saya ngemap aja gak bisa apalagi bikin Stroyboard:hammer:
Best original iya, tapi kalau authentic tetep aja Don't Stop Me Now yang nomor 1.
Neko Miko Reimu juga bagus, saking bagusnya SBnya sangat menipu
show more
Please sign in to reply.

New reply