Ohai mapper2 Indonesia
Wa berinisiatif bikin panduan ini untuk Player2 Indonesia yg tertarik untuk membuat mapnya sendiri dan juga untuk merayakan Sub-forum yang baru di buat untuk Bahasa Indonesia
Kalau begitu langsung saja di mulai~
Panduan osu!Editor Bagian 1
1. Getting Started
Ketika memilih menu Editor dari main menu di osu, akan muncul tampilan seperti ini
Di sinilah tempat kamu memasukkan lagu yang ingin kamu buat mapnya
Caranya tinggal tarik file lagu yang kamu mau lalu di drop di layar seperti yg diatas, setelah berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini
(sebagai contoh wa akan memasukan mp3 "Pure in Asia", kenapa? karena semua suka touho)
File yang bisa dibaca oleh osu adalah mp3 dan ogg
Klik tab "Pure in Asia.mp3" yang baru saja muncul, di layar selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan data di "Song setup"
Untuk saat ini, isi saja bagian Artist, Title, dan Difficulty.
(apabila di file music yg kamu masukkan ke osu sudah terdapat info tentang artis dan semacamnya, maka otomatis akan di tulis di Song setup)
Selesai mengisi Song setup, kamu akan disambut dengan bagian tersulit dalam membuat map, TIMING!!!
Di dalam Timing Tab, kamu akan mengatur bagian paling penting dalam sebuah map, BPM dan Offset
Untuk Slider Velocity dan Slider Tick Rate, di atur setelah BPM & Offset sudah ada, jadi tinggalkan saja dulu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. TIMING TAB (Shortcut Button: F3)
Layar Timing otomatis akan muncul setiap kali kamu membuka map yg belum ada BPM & Offset dan inilah tampilannya
Seperti wa bilang di atas, Timing adalah bagian tersulit dalam membuat map. Map yg Timingnya ancur, kemungkinan bakal dicuekin. Tapi ga usah khawatir soalnya osu! punya timer2 pro yang bisa kamu minta bantuannya
OK langsung saja ke penjelasan fitur2 di Timing ini
BPM atau Beats Per Minute. BPM menunjukan seberapa cepat ritme sebuah lagu. Pada umumnya setiap lagu hanya memiliki 1 BPM, tapi apabila di dalam lagu tersebut terdapat bagian yang cepat atau melambat bisa dipastikan ada lebih dari satu BPM/Offset. BPM cuma setengah bagian dari TIMING, setengahnya lagi adalah Offset
Offset adalah jangka waktu dari awal sebuah lagu dengan irama pertama yang terdengar pada lagu tersebut. Satuannya adalah milliseconds (ms). Untuk lebih dalam tentang Offset lihat thread ini
Tips: untuk memastikan apakah offset berada di heavybeat atau tidak, lihat pada bagian chorus. Chorus biasanya mulai pada heavybeat, jadi apabila garis yg terdapat di chorus adalah garis panjang maka posisi offset sudah betul
Untuk menemukan BPM & Offset sebuah lagu kamu bisa menemukannya dengan men-tap pada "Tap panel"
Caranya dengan menekan pada tombol "Tap Here" (atau tombol T). Sesuaikan interval menekan tombol dengan irama yang kamu dengar pada lagu.
Setelah BPM & Offsetnya sudah ada, kamu bisa mencocokkan suara metronome pada Tap panel dengan lagu. Apabila suara metronome tidak cocok dengan irama lagu, pasti ada yang salah pada BPM/Offset. Tekan tombol reset untuk mengulang lagi.
Tips: tekan dan tahan tombol ctrl untuk menambah kecepatan suara metronome, ini akan sangat menolong ketika kamu mencocokkan suara metronome dengan irama lagu
Ini adalah tampilan setelah kamu menemukan BPM & Offset
Timing sudah siap, selanjutnya mengatur Slider Velocity & Slider Tick Rate
Slider Velocity (SV) mengatur kecepatan sebuah slider, semakin tinggi nilainya maka semakin cepat slidernya. Untuk melihat seberapa cepatnya, bisa dilihat pada tabung di bawah panel Slider Tick Rate
Slider Tick Rate mengatur berapa banyak tick pada sebuah slider semakin banyak ticknya, semakin susah slidernya
Fitur terakhir pada TIMING ini adalah Timing Panel
Pada fitur ini kamu bisa mengatur BPM & Offset dengan lebih spesifik. Timing Panel akan dijelaskan di bagian lain karena di panel tersebut ada bagian2 lain yg bisa diatur.
Untuk box yg dibawah ini
Secara otomatis sudah di check dan di anjurkan untuk selalu di check apabila seluruh objek di map sudah di SNAP. Penjelasan lebih lanjutnya di bagian lain aje ye~
Selesai deh penjelasan singkat tentang TIMING TAB. Timing memang kedengarannya sangat susah karena ini menyangkut jiwa sebuah map. Tapi g usah khawatir karena osu! punya pro timer dan lagi, mapper Indonesia sendiri bisa kok untuk mencari BPM & Offset. Jadi g usah ragu2 untuk tanya ke mereka
Referensi dari osu! - Glossary
Selanjutnya adalah bagian yang merupakan "kosmetik" bagi sebuah map, yaitu DESIGN TAB
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. DESIGN TAB (Shortcut Button: F2)
Untuk memasang Background image dan video, semua di lakukan di DESIGN TAB
ini adalah tampilan sebelum ada Background
Untuk memasukkan BG/Video tinggal klik icon seperti di atas, lalu akan muncul folder tempat map ini berada.
Kalau file BG/Video sudah tersedia di folder, tinggal dipilih dan klik OK. Kalau file tidak ada di folder tersebut atau berada di tempat lain, dari window di atas langsung saja ke folder tempat file tersebut dan pilihlah. osu! secara otomatis akan mengcopy file yang telah dipilih ke dalam folder map biar pun file tersebut berada di folder lain
Icon diatas adalah untuk menentukan warna default pada BG (apabila tidak ada BG image, maka warna ini yang akan terlihat)
Warnannya ada banyak jadi tinggal dipilih~
BG image yang sudah dipilih akan muncul di map, disini image yang wa gunakan adalah Image Hatsune Miku
(lho di atas tadi kan folder Pure in Asia, kenapa Hatsune Miku? karena semua suka Vocaloid)
Ukuran gambar yang akan di gunakan lebih baik dengan gambar rasio 4:3 (640x480, 800x600, 1024x768). Format file gambar bisa .jpg atau .png
Untuk Video, jangan gunakan dengan ukuran lebih besar dari 800x600 IT"S UNRANKABLE. Formatnya videonya bisa avi atau flv
Map yang meggunakan Video, akan muncul Video offset di antara icon Insert BG & Set BG colour
Offset ini diatur apabila lagu tidak sync dengan video, Naik atau turunkan Offsetnya agar sesuai dengan lagu yang kamu dengar
Sampai disini aja penjelasan untuk DESIGN TAB, sebenarnya masih banyak fitur2 lain di sini tapi itu berhubungan dengan Story Board dan ini sangatlah rumit. Kalau ingin tahu apa itu SB check map2 dengan SB hebat buatan VanMoNky dan -SiN- (SB oleh -SiN- adalah authentic SB yang di buat agar mirip dengan Video aslinya)
Fun Fact: Map di atas dapat apresiasi yg suaaaaangat gede dari para BAT. Yui - Sea hampir masuk ke dalam best 2010 map, bahkan sampai dibuatkan thread oleh BAT!!! karena g masuk ke chart. SB map IOSYS - Neko Miko Reimu sangat natural sampe2 wa baru sadar kalau itu SB dan bukan video setelah 2 bulan memainkannya
Sekian deh Panduan osu!Editor Part 1, sampai ketemu di Part 2
Wa berinisiatif bikin panduan ini untuk Player2 Indonesia yg tertarik untuk membuat mapnya sendiri dan juga untuk merayakan Sub-forum yang baru di buat untuk Bahasa Indonesia
Kalau begitu langsung saja di mulai~
Panduan osu!Editor Bagian 1
1. Getting Started
Ketika memilih menu Editor dari main menu di osu, akan muncul tampilan seperti ini
Di sinilah tempat kamu memasukkan lagu yang ingin kamu buat mapnya
Caranya tinggal tarik file lagu yang kamu mau lalu di drop di layar seperti yg diatas, setelah berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini
(sebagai contoh wa akan memasukan mp3 "Pure in Asia", kenapa? karena semua suka touho)
File yang bisa dibaca oleh osu adalah mp3 dan ogg
Klik tab "Pure in Asia.mp3" yang baru saja muncul, di layar selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan data di "Song setup"
Untuk saat ini, isi saja bagian Artist, Title, dan Difficulty.
(apabila di file music yg kamu masukkan ke osu sudah terdapat info tentang artis dan semacamnya, maka otomatis akan di tulis di Song setup)
Selesai mengisi Song setup, kamu akan disambut dengan bagian tersulit dalam membuat map, TIMING!!!
Di dalam Timing Tab, kamu akan mengatur bagian paling penting dalam sebuah map, BPM dan Offset
Untuk Slider Velocity dan Slider Tick Rate, di atur setelah BPM & Offset sudah ada, jadi tinggalkan saja dulu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. TIMING TAB (Shortcut Button: F3)
Layar Timing otomatis akan muncul setiap kali kamu membuka map yg belum ada BPM & Offset dan inilah tampilannya
Seperti wa bilang di atas, Timing adalah bagian tersulit dalam membuat map. Map yg Timingnya ancur, kemungkinan bakal dicuekin. Tapi ga usah khawatir soalnya osu! punya timer2 pro yang bisa kamu minta bantuannya
OK langsung saja ke penjelasan fitur2 di Timing ini
BPM atau Beats Per Minute. BPM menunjukan seberapa cepat ritme sebuah lagu. Pada umumnya setiap lagu hanya memiliki 1 BPM, tapi apabila di dalam lagu tersebut terdapat bagian yang cepat atau melambat bisa dipastikan ada lebih dari satu BPM/Offset. BPM cuma setengah bagian dari TIMING, setengahnya lagi adalah Offset
Offset adalah jangka waktu dari awal sebuah lagu dengan irama pertama yang terdengar pada lagu tersebut. Satuannya adalah milliseconds (ms). Untuk lebih dalam tentang Offset lihat thread ini
Tips: untuk memastikan apakah offset berada di heavybeat atau tidak, lihat pada bagian chorus. Chorus biasanya mulai pada heavybeat, jadi apabila garis yg terdapat di chorus adalah garis panjang maka posisi offset sudah betul
Untuk menemukan BPM & Offset sebuah lagu kamu bisa menemukannya dengan men-tap pada "Tap panel"
Caranya dengan menekan pada tombol "Tap Here" (atau tombol T). Sesuaikan interval menekan tombol dengan irama yang kamu dengar pada lagu.
Setelah BPM & Offsetnya sudah ada, kamu bisa mencocokkan suara metronome pada Tap panel dengan lagu. Apabila suara metronome tidak cocok dengan irama lagu, pasti ada yang salah pada BPM/Offset. Tekan tombol reset untuk mengulang lagi.
Tips: tekan dan tahan tombol ctrl untuk menambah kecepatan suara metronome, ini akan sangat menolong ketika kamu mencocokkan suara metronome dengan irama lagu
Ini adalah tampilan setelah kamu menemukan BPM & Offset
Timing sudah siap, selanjutnya mengatur Slider Velocity & Slider Tick Rate
Slider Velocity (SV) mengatur kecepatan sebuah slider, semakin tinggi nilainya maka semakin cepat slidernya. Untuk melihat seberapa cepatnya, bisa dilihat pada tabung di bawah panel Slider Tick Rate
Slider Tick Rate mengatur berapa banyak tick pada sebuah slider semakin banyak ticknya, semakin susah slidernya
Fitur terakhir pada TIMING ini adalah Timing Panel
Pada fitur ini kamu bisa mengatur BPM & Offset dengan lebih spesifik. Timing Panel akan dijelaskan di bagian lain karena di panel tersebut ada bagian2 lain yg bisa diatur.
Untuk box yg dibawah ini
Secara otomatis sudah di check dan di anjurkan untuk selalu di check apabila seluruh objek di map sudah di SNAP. Penjelasan lebih lanjutnya di bagian lain aje ye~
Selesai deh penjelasan singkat tentang TIMING TAB. Timing memang kedengarannya sangat susah karena ini menyangkut jiwa sebuah map. Tapi g usah khawatir karena osu! punya pro timer dan lagi, mapper Indonesia sendiri bisa kok untuk mencari BPM & Offset. Jadi g usah ragu2 untuk tanya ke mereka
Referensi dari osu! - Glossary
Selanjutnya adalah bagian yang merupakan "kosmetik" bagi sebuah map, yaitu DESIGN TAB
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. DESIGN TAB (Shortcut Button: F2)
Untuk memasang Background image dan video, semua di lakukan di DESIGN TAB
ini adalah tampilan sebelum ada Background
Untuk memasukkan BG/Video tinggal klik icon seperti di atas, lalu akan muncul folder tempat map ini berada.
Kalau file BG/Video sudah tersedia di folder, tinggal dipilih dan klik OK. Kalau file tidak ada di folder tersebut atau berada di tempat lain, dari window di atas langsung saja ke folder tempat file tersebut dan pilihlah. osu! secara otomatis akan mengcopy file yang telah dipilih ke dalam folder map biar pun file tersebut berada di folder lain
Icon diatas adalah untuk menentukan warna default pada BG (apabila tidak ada BG image, maka warna ini yang akan terlihat)
Warnannya ada banyak jadi tinggal dipilih~
BG image yang sudah dipilih akan muncul di map, disini image yang wa gunakan adalah Image Hatsune Miku
(lho di atas tadi kan folder Pure in Asia, kenapa Hatsune Miku? karena semua suka Vocaloid)
Ukuran gambar yang akan di gunakan lebih baik dengan gambar rasio 4:3 (640x480, 800x600, 1024x768). Format file gambar bisa .jpg atau .png
Untuk Video, jangan gunakan dengan ukuran lebih besar dari 800x600 IT"S UNRANKABLE. Formatnya videonya bisa avi atau flv
Map yang meggunakan Video, akan muncul Video offset di antara icon Insert BG & Set BG colour
Offset ini diatur apabila lagu tidak sync dengan video, Naik atau turunkan Offsetnya agar sesuai dengan lagu yang kamu dengar
Sampai disini aja penjelasan untuk DESIGN TAB, sebenarnya masih banyak fitur2 lain di sini tapi itu berhubungan dengan Story Board dan ini sangatlah rumit. Kalau ingin tahu apa itu SB check map2 dengan SB hebat buatan VanMoNky dan -SiN- (SB oleh -SiN- adalah authentic SB yang di buat agar mirip dengan Video aslinya)
Fun Fact: Map di atas dapat apresiasi yg suaaaaangat gede dari para BAT. Yui - Sea hampir masuk ke dalam best 2010 map, bahkan sampai dibuatkan thread oleh BAT!!! karena g masuk ke chart. SB map IOSYS - Neko Miko Reimu sangat natural sampe2 wa baru sadar kalau itu SB dan bukan video setelah 2 bulan memainkannya
Sekian deh Panduan osu!Editor Part 1, sampai ketemu di Part 2