forum

Panduan osu!Editor Part 1 (DONE)

posted
Total Posts
55
Topic Starter
Sallad4ever
Ohai mapper2 Indonesia :)

Wa berinisiatif bikin panduan ini untuk Player2 Indonesia yg tertarik untuk membuat mapnya sendiri dan juga untuk merayakan Sub-forum yang baru di buat untuk Bahasa Indonesia
Kalau begitu langsung saja di mulai~

Panduan osu!Editor Bagian 1

1. Getting Started
Ketika memilih menu Editor dari main menu di osu, akan muncul tampilan seperti ini
Di sinilah tempat kamu memasukkan lagu yang ingin kamu buat mapnya

Caranya tinggal tarik file lagu yang kamu mau lalu di drop di layar seperti yg diatas, setelah berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini
(sebagai contoh wa akan memasukan mp3 "Pure in Asia", kenapa? karena semua suka touho)
File yang bisa dibaca oleh osu adalah mp3 dan ogg

Klik tab "Pure in Asia.mp3" yang baru saja muncul, di layar selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan data di "Song setup"
Untuk saat ini, isi saja bagian Artist, Title, dan Difficulty.
(apabila di file music yg kamu masukkan ke osu sudah terdapat info tentang artis dan semacamnya, maka otomatis akan di tulis di Song setup)

Selesai mengisi Song setup, kamu akan disambut dengan bagian tersulit dalam membuat map, TIMING!!!
Di dalam Timing Tab, kamu akan mengatur bagian paling penting dalam sebuah map, BPM dan Offset
Untuk Slider Velocity dan Slider Tick Rate, di atur setelah BPM & Offset sudah ada, jadi tinggalkan saja dulu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. TIMING TAB (Shortcut Button: F3)
Layar Timing otomatis akan muncul setiap kali kamu membuka map yg belum ada BPM & Offset dan inilah tampilannya
Seperti wa bilang di atas, Timing adalah bagian tersulit dalam membuat map. Map yg Timingnya ancur, kemungkinan bakal dicuekin. Tapi ga usah khawatir soalnya osu! punya timer2 pro yang bisa kamu minta bantuannya :)

OK langsung saja ke penjelasan fitur2 di Timing ini


BPM atau Beats Per Minute. BPM menunjukan seberapa cepat ritme sebuah lagu. Pada umumnya setiap lagu hanya memiliki 1 BPM, tapi apabila di dalam lagu tersebut terdapat bagian yang cepat atau melambat bisa dipastikan ada lebih dari satu BPM/Offset. BPM cuma setengah bagian dari TIMING, setengahnya lagi adalah Offset


Offset adalah jangka waktu dari awal sebuah lagu dengan irama pertama yang terdengar pada lagu tersebut. Satuannya adalah milliseconds (ms). Untuk lebih dalam tentang Offset lihat thread ini
Tips: untuk memastikan apakah offset berada di heavybeat atau tidak, lihat pada bagian chorus. Chorus biasanya mulai pada heavybeat, jadi apabila garis yg terdapat di chorus adalah garis panjang maka posisi offset sudah betul

Untuk menemukan BPM & Offset sebuah lagu kamu bisa menemukannya dengan men-tap pada "Tap panel"

Caranya dengan menekan pada tombol "Tap Here" (atau tombol T). Sesuaikan interval menekan tombol dengan irama yang kamu dengar pada lagu.
Setelah BPM & Offsetnya sudah ada, kamu bisa mencocokkan suara metronome pada Tap panel dengan lagu. Apabila suara metronome tidak cocok dengan irama lagu, pasti ada yang salah pada BPM/Offset. Tekan tombol reset untuk mengulang lagi.
Tips: tekan dan tahan tombol ctrl untuk menambah kecepatan suara metronome, ini akan sangat menolong ketika kamu mencocokkan suara metronome dengan irama lagu

Ini adalah tampilan setelah kamu menemukan BPM & Offset
Timing sudah siap, selanjutnya mengatur Slider Velocity & Slider Tick Rate


Slider Velocity (SV) mengatur kecepatan sebuah slider, semakin tinggi nilainya maka semakin cepat slidernya. Untuk melihat seberapa cepatnya, bisa dilihat pada tabung di bawah panel Slider Tick Rate
Slider Tick Rate mengatur berapa banyak tick pada sebuah slider semakin banyak ticknya, semakin susah slidernya

Fitur terakhir pada TIMING ini adalah Timing Panel

Pada fitur ini kamu bisa mengatur BPM & Offset dengan lebih spesifik. Timing Panel akan dijelaskan di bagian lain karena di panel tersebut ada bagian2 lain yg bisa diatur.

Untuk box yg dibawah ini

Secara otomatis sudah di check dan di anjurkan untuk selalu di check apabila seluruh objek di map sudah di SNAP. Penjelasan lebih lanjutnya di bagian lain aje ye~

Selesai deh penjelasan singkat tentang TIMING TAB. Timing memang kedengarannya sangat susah karena ini menyangkut jiwa sebuah map. Tapi g usah khawatir karena osu! punya pro timer dan lagi, mapper Indonesia sendiri bisa kok untuk mencari BPM & Offset. Jadi g usah ragu2 untuk tanya ke mereka
Referensi dari osu! - Glossary

Selanjutnya adalah bagian yang merupakan "kosmetik" bagi sebuah map, yaitu DESIGN TAB
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. DESIGN TAB (Shortcut Button: F2)
Untuk memasang Background image dan video, semua di lakukan di DESIGN TAB
ini adalah tampilan sebelum ada Background


Untuk memasukkan BG/Video tinggal klik icon seperti di atas, lalu akan muncul folder tempat map ini berada.
Kalau file BG/Video sudah tersedia di folder, tinggal dipilih dan klik OK. Kalau file tidak ada di folder tersebut atau berada di tempat lain, dari window di atas langsung saja ke folder tempat file tersebut dan pilihlah. osu! secara otomatis akan mengcopy file yang telah dipilih ke dalam folder map biar pun file tersebut berada di folder lain


Icon diatas adalah untuk menentukan warna default pada BG (apabila tidak ada BG image, maka warna ini yang akan terlihat)
Warnannya ada banyak jadi tinggal dipilih~

BG image yang sudah dipilih akan muncul di map, disini image yang wa gunakan adalah Image Hatsune Miku
(lho di atas tadi kan folder Pure in Asia, kenapa Hatsune Miku? karena semua suka Vocaloid)

Ukuran gambar yang akan di gunakan lebih baik dengan gambar rasio 4:3 (640x480, 800x600, 1024x768). Format file gambar bisa .jpg atau .png
Untuk Video, jangan gunakan dengan ukuran lebih besar dari 800x600 IT"S UNRANKABLE. Formatnya videonya bisa avi atau flv

Map yang meggunakan Video, akan muncul Video offset di antara icon Insert BG & Set BG colour

Offset ini diatur apabila lagu tidak sync dengan video, Naik atau turunkan Offsetnya agar sesuai dengan lagu yang kamu dengar

Sampai disini aja penjelasan untuk DESIGN TAB, sebenarnya masih banyak fitur2 lain di sini tapi itu berhubungan dengan Story Board dan ini sangatlah rumit. Kalau ingin tahu apa itu SB check map2 dengan SB hebat buatan VanMoNky dan -SiN- (SB oleh -SiN- adalah authentic SB yang di buat agar mirip dengan Video aslinya)

Fun Fact: Map di atas dapat apresiasi yg suaaaaangat gede dari para BAT. Yui - Sea hampir masuk ke dalam best 2010 map, bahkan sampai dibuatkan thread oleh BAT!!! karena g masuk ke chart. SB map IOSYS - Neko Miko Reimu sangat natural sampe2 wa baru sadar kalau itu SB dan bukan video setelah 2 bulan memainkannya

Sekian deh Panduan osu!Editor Part 1, sampai ketemu di Part 2 ;)
dNextGen
wogh ditunggu lanjutan nya gan

mw belajar bikin map nih O:
awell
wih manteb guide edit :D

saran aja sallad, mendingan dibuat 1 thread aja
kalo misalnya dipisah2 jadinya kayak berantakan gitu IMO
tq
Topic Starter
Sallad4ever
tadinya juga kepengen gitu cuma kalo di jadiin satu bakal bejibun and buanyak halamannya
ntar pada males bacanya :o
dan lagi ini juga supaya gampang dibaca makanya wa bagi2, kalo soal susunannya sih tolong moderator supaya di sticky thread nya biar g berantakan :P
awell
emang sih
tapi menurut gua sih kebanyakan thread malah jadi kepisah2 lol
kalo ga di post pertama ini kasih link2 ke post2 dari part 1-selse
menurut gua sih gitu ya, kalo ga mau sih gamasalah
Topic Starter
Sallad4ever

awell wrote:

emang sih
tapi menurut gua sih kebanyakan thread malah jadi kepisah2 lol
kalo ga di post pertama ini kasih link2 ke post2 dari part 1-selse
menurut gua sih gitu ya, kalo ga mau sih gamasalah
hehe emang tujuan wa sekalian nambahin threads :D
idenya wa suka, thanks banget awell
eru
mending dipisah-pisah imo
jadi yang mau nanya part A ya di thread A, si sallad juga lebih gampang kan
jadi satu thread satu bahasan ._.
Topic Starter
Sallad4ever
setelah diskusi dengan teman2 di #malay (thanks semuanya)
akhirnya di putuskan bikin 2 bagian aja biar g ke pisah2 and gampang di cari. Kalo misalnya 2 thread belum cukup baru tambah 1 :)
ayey
Bikin panduan SB dong
Topic Starter
Sallad4ever
untuk sementara nanti dulu soalnya wa sendiri ga jago SB
minta ama Van atau -SiN- aja~
-SiN-

Sallad4ever wrote:

untuk sementara nanti dulu soalnya wa sendiri ga jago SB
minta ama Van atau -SiN- aja~
ada sih msh di word lol
15 april 2010, blm lanjut lg, nunggu fitur yg baru keluar tp ga kelar2 sampe skrg
Topic Starter
Sallad4ever

-SiN- wrote:

ada sih msh di word lol
15 april 2010, blm lanjut lg, nunggu fitur yg baru keluar tp ga kelar2 sampe skrg
lol
cepet2 selesaiin gih :D
Rey Fullbuster
eh mana panduan utk storyboardnya?
Topic Starter
Sallad4ever
ganggu om -SiN- kalau mau Guide Storyboard na 8-)
g2g44
kk
klo bole tauu timingnya Indo yg pro syapa y??
XDD
soalnya saia mo cri lgu" sukaan ane kaga ad semwa
XDD
Topic Starter
Sallad4ever
kalo soal nyari timing yang gak berubah2 semua bisa kok kayak: VanMoNky, Arusha Shuna,Leorda, Nivalis, and wa sendiri
tapi kalo timingnya berubah2 kamu harus cari timing pro dari luar :o
g2g44
oooo
gtu too
XDD
Tq kk

hehe
Coxz
.
Topic Starter
Sallad4ever
BM (beatmap) yang uda di submit g bisa di hapus (kecuali oleh peppy) memang ada kasus kalo duplicate map tapi itu karena emang kesalahan di submission systemnya (mungkin)

BPM & offset (timing) itu sangat penting karena 2 hal tersebut yang menentukan hit object (hitcircle, slider, ama spinner) sesuai dengan ritme lagu.BM yg timing nya salah suara hit objectnya pasti nggak akan sesuai dengan lagunya yg tentu saja, akan sangat susah dapat 300s

Untuk cari timing dengan cara nge-tap nggak harus sampai selesai, karena lagu pada umumnya punya timing konstan sampai akhir. Jadi kalo udah ketemu di awal2 (sekitar 10 ~ 15 detik setelah intro, kalau ada) timingnya coba dengarkan lagunya, apakah ritmenya sesuai dengan suara metronome (pojok kanan atas). Kalo nggak yah berarti ada yg salah dengan timingnya
Yasora
mau nanya~ kalo misalnya beatmap nya udah di upload, terus ada yang mau diperbaiki, nah itu caranya gimana ??

sama kalo biar bisa di approved itu gimana?? (maklum baru-baru buat beatmap) :3

sankyu~
Topic Starter
Sallad4ever

Yasora-chan wrote:

mau nanya~ kalo misalnya beatmap nya udah di upload, terus ada yang mau diperbaiki, nah itu caranya gimana ??

sama kalo biar bisa di approved itu gimana?? (maklum baru-baru buat beatmap) :3

sankyu~
lgs aja di perbaiki, karena selama kamu tersambung ke internet kamu bisa langsung update BM yg sudah kamu upload ke web. Caranya tinggal Upload beatmap, option ini ada di File tab di bagian atas

Kalo untuk approved itu butuh proses yg suaaaaaaangat lama. Kamu harus cari user untuk ngeliat map kamu dan kasih pendapatnya (atau dengan kata lain di mod) trus cari MAT dan kalo dia suka dgn map mu kamu bkl dpt bubble. Nah map yg udah di bubble berarti kemungkinan besar sudah siap di approve~
Arcrea
Nice Trit, hihi, cobaa ada yang buat Panduan osu!Storyboarding, hihi~! :)
Topic Starter
Sallad4ever
Gangguin om SiN sana :P
Rei Hakurei

deadhead22 wrote:

Nice Trit, hihi, cobaa ada yang buat Panduan osu!Storyboarding, hihi~! :)

Sallad4ever wrote:

Gangguin om SiN sana :P
itu mah Storyboarding beneran XD
(dan itu mah lebih ngarah ke recreation the animation, kaya yang dibuat m980 (smoga ga salah namanya) di map2ny)
kalo mau yang coding storyboard dan asdasd nya...
Yasora
hweee ada yang mau nolongin ga.. tolong mod ini:
http://osu.ppy.sh/s/33678
di forum modding queue nya pada penuh T.T (sekalian mau coba di modding itu kayak apa sih)
onegai~~ m(_ _)m
Topic Starter
Sallad4ever

Yasora-chan wrote:

hweee ada yang mau nolongin ga.. tolong mod ini:
http://osu.ppy.sh/s/33678
di forum modding queue nya pada penuh T.T (sekalian mau coba di modding itu kayak apa sih)
onegai~~ m(_ _)m
salah forum mas~
coba minta niva atau aru aja wa lagi full nih :P
Rei Hakurei

Sallad4ever wrote:

Yasora-chan wrote:

hweee ada yang mau nolongin ga.. tolong mod ini:
http://osu.ppy.sh/s/33678
di forum modding queue nya pada penuh T.T (sekalian mau coba di modding itu kayak apa sih)
onegai~~ m(_ _)m
salah forum mas~
coba minta niva atau aru aja wa lagi full nih :P
untuk yang cara itu bisa pake PM, atw online-chat..
gw lupa ada di ongoing to mod ane...
Dielz7
mau tanya~
jump yg bagus seperti apa aja sih?
stream itu dipasang saat kapan?
sry kalo salah tempat, masi nubie :oops:

ane dah bikin 3 map ancur semua >:(
Topic Starter
Sallad4ever
Kalau penempatan jump atau stream itu biasanya tergantung dari interpertasi lagu oleh mappernya sendiri. Tapi wa sendiri biasanya mempertimbangkan beberapa hal seperti:

1. Ada irama dan ritme/instrument yg di ikuti ketika menempatkan jump atau streamnya

2. Jump atau stream sesuai dengan intensity atau perasaan yg didengar dari lagu
Contohnya kalau di lagu tersebut ada bagian yang sangat intens iramanya wa bisa pake stream tapi kalau iramanya intens tapi g ada suara instrumen (contoh: drum) yg bisa diikuti buat makai stream, jump yg dipake bisa 1/2 atau 1/4

3. Sesuaikan dengan tingkat kesulitannya
Wa hampir ga pernah pake stream di Hard diff, tapi tentu saja BPM nya juga di liat. Karena semakin tinggi BPM nya jump pun bisa jadi kalau asal naro apalagi stream asdkajdskla

4.Flow~~~~
Apa kah jumpnya terasa natural and ga berlebihan? apakah streamnya cocok dengan lagu dan pattern sebelum dan sesudahnya?

5. http://bit.ly/rkwZgv

Yup itu kalo wa naruh jump atau stream tips dari wa cek map2 yang udah di rank untuk jump map oleh tieff, Gladi, dan Lesjuh punya jump dengan flow yg luar biasa tapi kalau untuk stream sayangnya wa kurang tau karena wa sendiri bukan fannya stream
Dielz7
woow makasih sarannya :) :)
ku sendiri suka dengan jumpnya di map ztrot, si ri ru, lesjuh, banvi :D

oh iya, stream 1/8 itu dipake kapan? apa itu cuma buat lagu lagu seperti marisa, dkk aja ya?
thx ya uda dijawab :D
Topic Starter
Sallad4ever

Dielz7 wrote:

woow makasih sarannya :) :)
ku sendiri suka dengan jumpnya di map ztrot, si ri ru, lesjuh, banvi :D

oh iya, stream 1/8 itu dipake kapan? apa itu cuma buat lagu lagu seperti marisa, dkk aja ya?
thx ya uda dijawab :D
wes no problemo

1/8 stream itu setan bgt, wa saran jgn pernah pakai deh. Yah kecuali kamu pengen bikin map approved yg super sulit and bisa bikin org stress yah monggo~
Rei Hakurei

Sallad4ever wrote:

Dielz7 wrote:

woow makasih sarannya :) :)
ku sendiri suka dengan jumpnya di map ztrot, si ri ru, lesjuh, banvi :D

oh iya, stream 1/8 itu dipake kapan? apa itu cuma buat lagu lagu seperti marisa, dkk aja ya?
thx ya uda dijawab :D
wes no problemo

1/8 stream itu setan bgt, wa saran jgn pernah pakai deh. Yah kecuali kamu pengen bikin map approved yg super sulit and bisa bikin org stress yah monggo~
kalo yang lebih gampang dikitnya -> 1/8 bisa di slider kan? atw di 3/8 kan ya ? atw 5/8 ? 7/8? 9/8?
Topic Starter
Sallad4ever

Rei_Fan49 wrote:

kalo yang lebih gampang dikitnya -> 1/8 bisa di slider kan? atw di 3/8 kan ya ? atw 5/8 ? 7/8? 9/8?
mau 3/8 5/8 6/8 asal sesuai sama ritme di lagu ga masalah pake slider~
Ableh
permisi~
mau angkat thread ini lagi o3o
KamiigusaMisaki
Susah Mainin Timing Q-Q Tolong buatin lagu nya dong gan Rookiez is Punk'd - In My World :D arigatou gozaimashta :3
Ableh

KamiigusaMisaki wrote:

Susah Mainin Timing Q-Q Tolong buatin lagu nya dong gan Rookiez is Punk'd - In My World :D arigatou gozaimashta :3
t/65630&start=0
MrVantastic
Stream tu apa ya? @@
sama gw udah bkin 3 map nih (masih ancur sih)
nah 2 dari 3 lagu cmn keliatan heavy beatnya aja gmn tu? .___.
MMd-

MrVantastic wrote:

Stream tu apa ya? @@
sama gw udah bkin 3 map nih (masih ancur sih)
nah 2 dari 3 lagu cmn keliatan heavy beatnya aja gmn tu? .___.
stream itu circle yg diletakkan berurutan
jadi klik secara terus-menerus sampai stream berhenti

also gapapa kah kalo misalnya kita bikin stream dengan beat snap divisor berurutan (1/2, 1/3, lalu 1/4)?
ahmad farhan
thanks you gan dan tmn-tmn mantab seru pingin bikin di sini aja osu game seru 8-)
show more
Please sign in to reply.

New reply