sesuai dengan diskusi bersama dari Komunitas Mapper Indo , dengan ini saya membuat thread ini dengan bertujuan meningkatkan jumlah mapper & modder Indo, baik dari segala mode gameplay (STD , Taiko ,CtB & O!M) . Semua mapper & modder indo yang aktif atau berpengalaman dalam Mapping & Modding dengan senang hati di terima di sini .
Langkah2 Awal dalam Mapping & modding
A.Mapping
Under Construction
B.Modding
Saya sudah mendownload Map Pending , apa yang harus saya lakukan
Langkah Pertama : Periksa & File di dalam Map Pending di dalamnya
Ingatlah , anda harus mengikuti Kriteria Mapping utama & Kriteria ranking yang telah ada di mode yang akan anda mod.selain itu , dengan menggunakan AI Bat itu akan membantu anda dalam modding.
o!m by ReiKosaka
Reikosaka wrote:
- tidak diperbolehkan menggunakan lebih dari 6 note dalam waktu bersamaan, karena tidak semua keyboard support. terkecuali note seperti ini. (Lihat hold note di kolom ke-6) karena note tersebut pada dasarnya di lepas, bukan di tekan
Pembagian tingkat kesulitan (Difficult Spread)
- Setiap beatmaps harus memiliki minimal 2 difficult dan salah satunya harus Easy tau Normal
- set key yang terbanyak tidak boleh lebih mudah dari key yang terendah.
Contoh
4K Easy + 7K Insane: Accept
7K Easy + 4K Insane: Deny
4K Easy + 4K Hard + 7K Insane: Accept
7K Easy + 7K Hard + 4K Insane: Deny
4K Easy + 4K Insane + 7K Easy + 7K Insane: AcceptOvermapping
Overmapping adalah note yang di tempatkan secara berlebihan, yang membuat note tersebut lebih susah dibandingkan dengan lagunya. salah satunya adalah pemakaian hold note secara berlebihanHitsounding
setiap beatmaps harus memiliki hitsound, ini peraturan umum seperti di osu! , hanya saja untuk di osu!mania ini sedikit berbeda dimana hitsound tersebut harus fit. jika kamu kesulitan dalam hitsounding silahkan bertanya kepada sesepuh yang berpengalaman atau saya sendiri
std by Xinely
Xinely wrote:
Easy :
- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak memerlukan Easy diff karena bisa membuat Normal diff dibawah 3 star yang cukup untuk dimainkan oleh newbie. Namun, jika memang ingin membuat Easy diff, note biasanya terletak hampir 1/2 jarak antar note untuk keseluruhan map
- Untuk 100-159 BPM, jarak setiap note biasanya harus 1/1 agar newbie dapat dengan mudah membaca dan memahami ritme map. Namun, jika terdesak(benar-benar terdesak) untuk membuat pattern yang berjarak 1/2 (biasanya karena suara cymbal di tick merah) sekali-kali diperbolehkan (P.S : hanya sekali-kali, tidak dianjurkan untuk melakukan itu dengan sering)
- Untuk BPM diatas 160 BPM , tidak dianjurkan untuk meletakkan note yang berjarak 1/2 karena sangat susah ditangkap oleh newbie. Gunakan jarak 1/1 atau 2/1 atau membuat slider art contoh : https://osu.ppy.sh/s/30127 yang Makar's Easy (sangat dianjurkan) karena membuat map tidak monoton dan bentuk slider yang indah dapat membuat map menjadi semakin menarik
Ideal star rating : max 3 star
Spacing : harus konsisten
Normal :
- Untuk 60-99 BPM , sangat dianjurkan untuk membuat Normal dibawah 3 star karena bisa menghindari untuk membuat Easy diff. biasanya menggunakan banyak jarak 1/2 untuk keseluruhan map
- Untuk 100-159 BPM , untuk diff Normal boleh menggunakan jarak 1/2 dengan banyak (tapi jangan banyak-banyak), usahakan star rating sekitar 4 sampai 4,30 star
- Untuk BPM diatas 160 BPM , diperbolehkan untuk menggunakan 1/2 tapi jangan terlalu banyak juga. Ideal star rating antara 4 sampai 4,30 stars
Ideal star rating : 3,60 sampai 4,30 star
Spacing : sebaiknya konsisten tapi jika ada inconsistency karena blanket/suatu pattern, masih diperbolehkan
Hard :
- Untuk 60-99 BPM , diperbolehkan banyak 1/4, bahkan kalau ada musik yang di beat 1/8 diperbolehkan untuk triplet 1/8 (hanya triplet saja yang boleh)
- Untuk 100-159 BPM , diperbolehkan 1/4 triplet atau little stream tapi tidak d anjurkan untuk terlalu menggunakan secara berlebihan, tentu saja 1/2 banyak diperbolehkan untuk Hard diff
- Untuk BPM diatas 160 BPM , boleh menggunakan 1/4 tp sangat dianjurkan untuk menggunakannya dengan sangat jarang karena cukup susah untuk dimainkan, lebih dianjurkan untuk menggunakan 1/2
Ideal star rating : 4,6 - 4,8 star
Spacing : masih dianjurkan untuk beberapa konsisten spacing tapi juga diperlukan inconsistency spacing untuk jump
Insane :
- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak diperlukan Insane diff untuk BPM rendah tapi jika memang ingin membuat Insane diff seperti https://osu.ppy.sh/s/117676 (Together diff) , periksa dahulu adakah beat 1/6 atau 1/8 yang bisa di map agar memudahkan membuat stream dalam diff ini. Atau lagunya terasa enak untuk dibuat jump 1/4 secara terus-menerus
- Untuk 100-159 BPM , usahakan buat ritme 1/4 jika memungkinkan. Perbanyak dengan stream adalah solusi yang bagus untuk diff ini, misalkan https://osu.ppy.sh/s/113435 (Reality diff). Membuat ritme 1/2 dengan jump juga menjadi trik yang ampuh membuat Insane diff menjadi menarik
- Untuk BPM diatas 160 BPM , gunakan banyak 1/4 ritme akan membuat diff menjadi menantang, jump yang banyak juga membuat diff menjadi menarik untuk dimainkan (tapi jangan terlalu ekstrim)
Ideal star rating : 4,9 - 5 star
Spacing : dari ajaran guru-guru saya, tidak perlu menggunakan consistency dalam spacing asal jangan jump setiap waktu saja. Menggunakan 1/4 jump juga boleh asal hanya slider 1/4 saja yang bisa digunakan
Bahasa mungkin rada susah dipahami jadi minta seseorang yang mengerti standard dan bisa mempermudah bahasa aja (:
P.S : saya nulis nya di notepad jadi tolong diatur biar rapi lol
Langkah kedua : perika metadata
Ada beberapa website luar yang bisa kamu jadikan patokan untuk [Artist], [Title], dan lain lain. Beberapa diantaranya:
Tahap 3 : Periksa timing beatmapnya kalau sudah benar
Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
Ada beberapa website luar yang bisa kamu jadikan patokan untuk [Artist], [Title], dan lain lain. Beberapa diantaranya:
- vgmdb.net: untuk Video Game dan Lagu Anime/LN
- Touhou wiki: untuk lagu-lagu remix Touhou
- Vocaloid wiki: untuk lagu-lagu Vocaloid
- VjArmy: untuk lagu-lagu Bemani (Beatmania, DanceDanceRevolution dan lain sebagainya)
Tahap 3 : Periksa timing beatmapnya kalau sudah benar
Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
- BPM Analyzers: External programs such as MixMeister help you to detect the correct BPM. Take into account that it'd only work with single-BPM songs, and it doesn't detect the correct offset.
- Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply: Tool to detect an accurate BPM and Offset in most of the mp3 files. Only working for single-BPM songs!
- Charles445's advanced timing videotutorials: Where you can see how to time different types of songs according to their BPM.
- LKs' timing tutorial (Chinese):
- Help to add more info here!
Contoh Map Pending
Assertive - Skybound by AlpacaCokelat (STD)
Nitro Fun - New Game by Fort (STD/CTB)
Acclaim Entertainment - WESTVOLT (half ver.) by Ryu Sei (STD/O!M)