forum

Manfaat bermain osu!

posted
Total Posts
16
Topic Starter
sansuiau2171979
osu! seakan menjadi permainan “wajib” untuk semua kalangan yang telah menghadapi aktivitas sehari-hari, yaitu bersekolah, kuliah maupun terlalu lama menghadiri rapat/seminar. Di samping itu, osu! memiliki segudang manfaat yang beberapa kali saya jelaskan pada artikel-artikel osu! sebelumnya. Apakah manfaat itu? Kita simak.

1. Mengurangi stress setelah melakukan aktivitas sehari-hari.
osu! berhasil mengurangi stress dan masalah kesehatan mental kita karena permainan ini dapat melatih akurasi, pikiran, mental, konsentrasi, kelincahan, kegesitan dan juga permainan ini agar kita santai karena kita hanya bekerja keras untuk bermain dengan irama (playing with rhythm), memukul drum, menangkap buah dan menekan tuts keyboard. Sehingga, osu! bisa dimainkan setelah pulang sekolah, bekerja, setelah kuliah atau ingin healing setelah menjalankan aktivitas padat sekalipun.

2. Mengurangi fobia sosial dengan bermain multiplayer.
Fobia sosial bisa kita kurangi dengan bermain osu! pada mode multiplayer. Di sana, ada beberapa lobi multiplayer yang berisikan seluruh pemain dari beberapa negara termasuk Indonesia. Pada permainan ini, kita dituntut untuk bermain melawan orang lain seakurat mungkin, sehingga resiko fobia sosial bisa dihindari. Selain itu, dengan ikut osu! World Cup, fobia sosial kamu bisa dihilangkan dengan instan.

3. Membuat percaya diri.
osu! jauh membuatmu lebih percaya diri daripada melakukan judi, slot dan togel (lotere), karena selain bermanfaat, osu! juga membuatmu percaya diri karena ketika kita bermain, kelajuan dan kelincahan serta kemampuan dalam bermain diuji dengan tingkat kesulitan yang beragam. Selain itu, kita juga diuji untuk memukul drum, menangkap buah dan juga menekan tuts keyboard dalam mode osu!taiko, osu!catch dan osu!mania. Hal ini membuatmu jauh lebih percaya diri dibandingkan apa yang kita mainkan sekarang.

4. Selain bermain dengan irama, osu! cocok untuk test sound dan kompetisi sound system/sound balap.
osu! tidak hanya sebagai permainan irama, kita juga bisa memanfaatkan osu! untuk mengetes kemampuan sound system yang biasa dipakai untuk kondangan/hajatan. Kita bisa bermain osu! sambil mengetes kemampuan sound system dan juga power amplifier yang kita gunakan untuk sound system. Selain itu, osu! juga bisa dipakai untuk kompetisi sound system (balap sound system) berskala besar yang biasa diadakan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Ternate dan Manado. Namun sayangnya, hal tersebut masih dianggap “kecil” karena tidak semua operator sound system memainkan osu! untuk tes sound system mereka. Meskipun demikian, dengan minat yang besar, osu! bisa merambah tidak hanya gaming, melainkan ke operator sound system di seluruh dunia termasuk Indonesia. Karena, apabila osu! dipakai di ranah operator sound system, kita mendapatkan peringkat di osu! sambil mendapatkan juara di balap sound system karena sekali lagi kita balapan sound system sekuat-kuatnya sembari kita balapan osu! dengan bermain dengan irama, memukul drum, menangkap buah dan menekan tuts keyboard seakurat dan sekuat mungkin. Karena osu! berhubungan dengan musik, sehingga cocok untuk test sound system dan ikut kompetisi sound system sehingga tidak melulu dengan dangdut.

5. Membantu mengurangi emosi.
osu! juga berhasil mengurangi emosi karena kita dilatih untuk mengklik hit circle, sliders, spinner, memukul drum, menangkap buah dan juga menekan tuts keyboard. Selain melatih pikiran, mental, kelincahan, kelajuan, dan akurasi, osu! dapat melatih emosi melalui gameplay yang kompleks dan menantang dengan beragam tingkat kesulitan yang sebelumnya dibahas di poin ke 1 dan 3.

6. osu! penuh sentimental, petualangan, motivasi dan inspirasi.
Permainan ini memiliki nilai sentimental, petualangan, motivasi dan inspirasi yang kuat dalam bermain. Ketika kita bermain osu!, terkadang kita harus menghadapi kegagalan ataupun miss ketika kita menyentuh hit circle, slider dan bahkan ketika kita bermain dalam mode taiko, catch dan mania. Nah, tentunya hal ini memotivasi kita agar tidak menyerah ketika bermain osu!, kita tetap terus berusaha sebaik mungkin untuk mencapai hasil terbaik. Selain itu ada fakta bahwa para pemain osu! professional saja pernah mengalami kegagalan ketika bermain osu! karena hal tersebut merupakan kunci untuk menjadi pemain osu! professional. Karena memiliki nilai motivasi, sentimental, petualangan dan inspirasi, maka itulah mengapa tingkat kesulitan dirancang untuk penggunaan di osu! pada setiap beatmap.

7. Mengurangi depresi.
Karena gameplay yang kompleks namun nyaman dimainkan, osu! telah berhasil mengurangi depresi karena pikiran dan kesehatan mental kita dilatih melalui permainan ini. Sama seperti poin-poin sebelumnya yang telah dibahas, osu! menuntut kita untuk bermain dengan irama, memukul drum, menangkap buah dan juga menekan tuts keyboard. Sehingga, resiko depresi yang berujung bunuh diri bisa dicegah dan dihindari.

8. Meningkatkan konsentrasi.
osu! juga berhasil meningkatkan konsentrasi karena seperti pada poin-poin sebelumnya, permainan ini melatih konsentrasi melalui gameplay yang sangat kompleks, yang tentunya meningkatkan konsentrasi secara otomatis ketika kita bermain permainan ini, oleh karena itu banyak mahasiswa/siswi, siswa/siswi sekolah yang memanfaatkan permainan ini untuk meningkatkan konsentrasi masing-masing, tidak hanya mengejar titik kinerja maupun peringkat.

Nah itulah tadi manfaat-manfaat yang kita bisa dapatkan ketika bermain osu!. Meskipun bermanfaat, jangan lupa untuk senantiasa mematuhi peraturan Komunitas osu! demi kenyamananmu selama gameplay berlangsung. Semoga manfaat-manfaat yang kami buat ini bisa membuatmu ingin bermain permainan ini. Selamat bermain!
Sunohara Kokona
keren
Sirius Symboli
Terima Kasih atas osu! menuntut kita untuk bermain dengan irama, memukul drum, menangkap buah dan juga menekan tuts keyboard.
rematyar
Terimakasih banyak, ChatGPT 🙏
Pisnap

rematyar wrote:

Terimakasih banyak, ChatGPT 🙏
Waduh 😅
Shiena
KAWEKEOAWKEDOWAKSOXKOEDKWAOSXKOEDKWOAKEDOWAKEOAKEDOXAWSKOEKAWODSKOAKEOKAWOEKAOEKWAOEKAWOKEOAWKEOAWKEOAWKEOWAKEOWAKEDOAWKEODWAKOEKAOEKWAODKXEAOWKEOAWEAWKEOAWEAKWEOWADLWAOEKOWASKDOAKEOAKEDOAWSXDOAKKEOEKAWOKEOAW
Anaxii 3
astaga
Rezq Gokou
makasih ChatGPT
JLuca913 891
osu! nurunin stress sy yeee
Rezq Gokou
Tunggu 1-3 bulan pasti jadi kebalikannya
Shiniya
beneran nurunin stress gaes
Rezq Gokou
pp = stress
tru min
shidqidragon
nomor 1 bener asalkan main nya nyantuy, mainin lagu kesukaan yang enak, lagi loli kek :v

rrtyui:

AchsanLovers
gaada manfaatnya, cuma buang buang waktu

ttd: player yang sampe skrg gabisa quit setelah 8 tahun bermain
Sies

AchsanLovers wrote:

gaada manfaatnya, cuma buang buang waktu

ttd: player yang sampe skrg gabisa quit setelah 8 tahun bermain
sampai akhirnya udah jadi BN ya. berarti sangat bermanfaat sekali nii
Anaxii 3

Shiniya wrote:

beneran nurunin stress gaes
ppOverheat waduh
Please sign in to reply.

New reply