forum

IMMA (Indonesia Mapping & Modding Academy)

posted
Total Posts
336
show more
Sorarei
jadi pending beatmaps example itu yang tidak buat untuk ranking kan, kalo pending nantinya ranking malah keliatan promosi lagi dah
Saturnalize


y

y
Ryu Sei

Reikosaka wrote:

jadi pending beatmaps example itu yang tidak buat untuk ranking kan, kalo pending nantinya ranking malah keliatan promosi lagi dah
Jadi gimana? Akan pending selamanya? Kalau saya sih, ada. https://osu.ppy.sh/s/123487
*upload sebelum ganti nama
---
EDIT: Mungkin saya bisa terjemahin HOW-TO map o!m, tapi lagi males.
Sorarei
terlihat sebagai contoh saja.. kalo bisa non-BSS beatmaps

silahkan kalo mau terjemahin how to do beatmaps osu!mania :)
Freya

Reikosaka wrote:

jadi pending beatmaps example itu yang tidak buat untuk ranking kan, kalo pending nantinya ranking malah keliatan promosi lagi dah
well, sebenernya nggakpapa, ditujukan ke map yang udah pending terlalu lama 6-12 bulan (atau lebih)
dan lebih keren lagi map diatas dibikin modding session kaya yang beberapa kali muncul di #modhelp, toh ini modding academy juga

usul doang sih, hehe
10nya
oh oke gw salah tangkep, setuju juga mending fokus ke basic terus monthly beatmap ._.
Groumiezi
^1+

kalau beatmap sendiri mau dirank sih, urusan sendiri.
Cera-
yang penting mapnya bener '~'
urusan di rank atau gak... itu urusan belakang *gitu ya? :roll:
theramdans
update dong
gw bisa timing dan offset (sedikit multi bpm)
Groumiezi

Cera- wrote:

yang penting mapnya bener '~'
urusan di rank atau gak... itu urusan belakang *gitu ya? :roll:
ofc.
jyu

El SolarBeam wrote:

mungkin lebih baik urus dulu materi" dasar tentang mapping dan modding di halaman depan dulu

masa yg basic belum kelar udah ngomongin kompetisi lagi orz
^
setuju

i don't think my map is going to get ranked anyway orz

setuju juga sama Shivarion & Reiko, mungkin lebih baik kalo ditambah status modder, active atau inactive
Ryu Sei
Sa! Baru sampai sini, males lanjutinnya...
o!m mapping
Untuk memulai mapping o!m buka "Song Setting".
Buka tab "Advanced Options". Di bawah "allowed modes" pilih "osu!mania".

Ada kotak ceklis yang bertuliskan "use special style (N+1 Style) for mania". Ini akan membuat chart kamu memiliki 1 turntable. Jika kalian ingin membuat map dengan gaya Beatmania, tandai ini, dan kolom paling kiri akan menjadi turntable-nya.

Lalu buka tab "Difficultly setting".

Disarankan HP drain setidaknya 7. 9 akan terasa lebih realistis dan 10 tidak ada recovery (HP tidak akan bertambah).
Column, sesuai judulnya. Berapa kolom yang kalian inginkan. 4 sampai 8.
Approach rate tidak penting.
Overall Difficulty setidaknya 7, naikkan untuk meningkatkan kesulitan.
Momochikun
Good luck guys ! ;)
WVS
Itu zeroclover juga lumayan jago loh maenan SB. tambahin dongs! :)
primrose
!!!
looking forward to this
Constantine
jadi kalo trit ini dah jadi ini dibuat kayak tempat FAQ buat mapping ama modding gitu?

Sama buat nge-list orang yang bisa bantu modding?

moga2 bener bisa bikin tambah niat bikin map

krn bbrp orang ya ga lancar bahasa inggrisnya dan pingin map jadi pusing liat pedomannya lol
Ciyus Miapah

petiskacang wrote:

jadi kalo trit ini dah jadi ini dibuat kayak tempat FAQ buat mapping ama modding gitu?

Sama buat nge-list orang yang bisa bantu modding?

moga2 bener bisa bikin tambah niat bikin map

krn bbrp orang ya ga lancar bahasa inggrisnya dan pingin map jadi pusing liat pedomannya lol
Dengan Kata lain mencari orang dengan bakat khusus ngemap, siapapun itu :)

Tambahan

- http://osu.ppy.sh/s/157315

Butuh mapper CTB nyelesain diff ini ;)
Groumiezi
i need to finish my mapset rofl

Kalau GD dipost boleh?

ursa redname?
wendao
no
Saturnalize

Fort wrote:

Tambahan

- http://osu.ppy.sh/s/157315

Butuh mapper CTB nyelesain diff ini ;)
Idih, promosi.

Idih, promosi.
akebono

Reikosaka wrote:

Overmapping


Overmapping adalah note yang di tempatkan secara berlebihan, yang membuat note tersebut lebih susah dibandingkan dengan lagunya. salah satunya adalah pemakaian hold note secara berlebihan
k.
Kalau fit sama song nya juga gpp deh, Loctav2nd kthxbye
Ciyus Miapah
ah elu :(

kalo ke mod queue paling minta nya di m4m, aduh gw males nge m4m >////< ~~~
Xinely
kalo minta GD mending ke trit sebelah (IBC) aja daripada disini soalnya ini thread kan berfokus memberi bimbingan belajar (?) kepada newcomer modder/mapper

EDIT : @wendao : oke paling bener ya pm satu2 sajo :P
wendao

Xinely wrote:

kalo minta GD mending ke trit sebelah (IBC) aja daripada disini soalnya ini thread kan berfokus memberi bimbingan belajar (?) kepada newcomer modder/mapper
IMHO IBC tempatnya diskusi de, bukan tempat "om bikin beatmap ini dong pls pls pls" atau "om mod beatmap gw dong pls pls pls" atau "om bikinin Guest diff dong pls pls pls"

the best way is, go to Indonesian Lounge, atau #indonesian, atau PM mapper indo satu per satu, siapa tau hoki ada yang suka sama lagunya, ntar di mod atau di bikinin deh `3`
Nazalion

wendao2000 wrote:

Xinely wrote:

kalo minta GD mending ke trit sebelah (IBC) aja daripada disini soalnya ini thread kan berfokus memberi bimbingan belajar (?) kepada newcomer modder/mapper
IMHO IBC tempatnya diskusi de, bukan tempat "om bikin beatmap ini dong pls pls pls" atau "om mod beatmap gw dong pls pls pls" atau "om bikinin Guest diff dong pls pls pls"

the best way is, go to Indonesian Lounge, atau #indonesian, atau PM mapper indo satu per satu, siapa tau hoki ada yang suka sama lagunya, ntar di mod atau di bikinin deh `3`
inb4 tempat request
Rey-volution
Ahhhh, ini thread bikin saya mau ngemap lagi..
tapi apa daya Kuliah menunda aktivitas saya dan ntar lg UtS pula. :'(

tapi moga sukses, aku jga akan berpartisipasi nantinya :)
Suikami

Fallist wrote:

!!!
looking forward to this
Rukaru
jadi thread ini tujuannya memberi bimbingan ya? seperti mapping/modding mentor atau gimana? :/
someone explain pls...masih bingung.

anyway

Fallist wrote:

!!!
looking forward to this
wendao

raheta_adi wrote:

jadi thread ini tujuannya memberi bimbingan ya? seperti mapping/modding mentor atau gimana? :/
someone explain pls...masih bingung.
academy = training = belajar ~ bimbingan

the title already explain everything
Sorarei
terus penghargaan kalo lulus ujian

remember "Academy"
Ryu Sei
Ah~ Udah kelar~
---
CtB Ranking Criteria (dalam Bahasa Indonesia)
Gameplay
- Map buatanmu secara teoritis harus bisa di-"SS". Artinya Anda harus bisa mengambil semua buah termasuk dropletnya.
- Jangan letakkan not kurang dari 1/2 ketukan setelah spinner. Karena pengaturan spinner itu sendiri, not selanjutnya akan terasa datang terlalu mendadak dan menyulitkan pembacaan not. Jarak 1/4 bisa diterima jika BPM-nya cukup lambat.
Decipher

note kriteria ranking std wrote:

- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak diperlukan Insane diff untuk BPM rendah tapi jika memang ingin membuat Insane diff seperti https://osu.ppy.sh/s/117676 (Together diff) , periksa dahulu adakah beat 1/6 atau 1/8 yang bisa di map agar memudahkan membuat stream dalam diff ini. Atau lagunya terasa enak untuk dibuat jump 1/4 secara terus-menerus

- Untuk 100-159 BPM , usahakan buat ritme 1/4 jika memungkinkan. Perbanyak dengan stream adalah solusi yang bagus untuk diff ini, misalkan https://osu.ppy.sh/s/113435 (Reality diff). Membuat ritme 1/2 dengan jump juga menjadi trik yang ampuh membuat Insane diff menjadi menarik
gw mencium bau unsur promosi map secara semi-terselubung di sini
Rei Hakurei
sebenernya sih bukan tergantung 1/X apalah itu dalam BPM berapa,
tapi apa pas enggak sama lagunya dan/atau memang rasional kalo dipasang (offbeats/jumps/streams) ...
paling itu aja buat diff insane.

santai aja, expect gw bantu... walo sedikit gimana ._.
Xinely

Decipher wrote:

gw mencium bau unsur promosi map secara semi-terselubung di sini
please deh ngapain gue promosi map ranked yang udh ke rank dari tahun lalu
jujur aja gue ga pernah ngecek map orang lain jadi kalo ngasih contoh masa gue cari satu2 gtu =__=

also ursa ganti namanya jadi diffspread instead ranking criteria x__x
ranking criteria kan yang post Niva as i told to you ><
wendao

Decipher wrote:

note kriteria ranking std wrote:

- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak diperlukan Insane diff untuk BPM rendah tapi jika memang ingin membuat Insane diff seperti https://osu.ppy.sh/s/117676 (Together diff) , periksa dahulu adakah beat 1/6 atau 1/8 yang bisa di map agar memudahkan membuat stream dalam diff ini. Atau lagunya terasa enak untuk dibuat jump 1/4 secara terus-menerus

- Untuk 100-159 BPM , usahakan buat ritme 1/4 jika memungkinkan. Perbanyak dengan stream adalah solusi yang bagus untuk diff ini, misalkan https://osu.ppy.sh/s/113435 (Reality diff). Membuat ritme 1/2 dengan jump juga menjadi trik yang ampuh membuat Insane diff menjadi menarik
gw mencium bau unsur promosi map secara semi-terselubung di sini
:lol:

inb4 sorry that I'll be inactive for a short time, many homework + practice exam.. orz
Sorarei
tolong pake example beatmaps tipe non-BSS. walau udah ranked masih termasuk promosi :D

soalnya kalo non-BSS kita bisa edit edit lagi tipe pattern & stuff buat tutoring.
Rei Hakurei
sampel non-BSS kan ? :v (semuanya submitted map, yang di-MF itu sebelum dimasukkin ke BSS dan graved)

[S] http://www.mediafire.com/?ar31z46h9x61ndk
[T] http://www.mediafire.com/?2pb64709mgwrpn2
[M] http://www.mediafire.com/?epbm8busaojc9t0

note, notasi dari gw
[S] buat Standard, [T] buat Taiko, [C] buat CTB, [M] buat Mania
Saturnalize
Wall of text but I put it in this box because I'm kind and generous. Kneel to me.

Reikosaka wrote:

tolong pake example beatmaps tipe non-BSS. walau udah ranked masih termasuk promosi :D

soalnya kalo non-BSS kita bisa edit edit lagi tipe pattern & stuff buat tutoring.
Ga ada bedanya sih bss sama non-bss

Kalo takut datanya keoverwrite kan bisa pake save as new diff

Buktinya (walau memang ga diutak atik banyak) video Charles tentang polarity make map orang lain yang udah keranked

Yang penting map, kan? Yaudah.

tbh gue lebih pilih orang yang masukin mapnya sebagai contoh daripada makhluk" yang naro map pending di sini dan berseru "MOD PLS NEED GD SHOOT KDS THX" (read: p/2970070&#41;

Kedua, map" La Cataline udah map paling pas buat contoh" laknat bpm rendah (100+ sih) maupun bpm tinggi dan berkualitas. #LCmasterrace

Kalo mau contoh map yang bpm di bawah 100 tapi bagus, imo ini
> https://osu.ppy.sh/b/150508
> https://osu.ppy.sh/b/296735 (pending, in case of epic flow, hitsound, and sliderart)
> https://osu.ppy.sh/b/289359 (tbh insanenya ga perlu random 1/4, but yeah whatever, still a good example tho)

Then again, who am I here?

Xinely wrote:

kalo minta GD mending ke trit sebelah (IBC) aja daripada disini soalnya ini thread kan berfokus memberi bimbingan belajar (?) kepada newcomer modder/mapper

EDIT : @wendao : oke paling bener ya pm satu2 sajo :P
Jadi ini biang yang bikin ibc ada yang request gd . - . pls no ok peace

EDIT : p.s. : No one has said that the example that Xinely give is pretty not so good? (on very low bpm). OPINION OPINION OPINION OPINION OPINION OPINION
Rukaru

wendao2000 wrote:

academy = training = belajar ~ bimbingan

the title already explain everything
oh...ternyata seperti itu. baru tau academy itu apa.
apakah itu artinya kita boleh memilih siapa yang akan menjadi "guru" kita nantinya ketika semua persiapan selesai??
PatZar
Contoh map https://osu.ppy.sh/s/159896
klo bisa di GD and MOD thx
wendao

Genocide wrote:

Contoh map https://osu.ppy.sh/s/159896
klo bisa di GD and MOD thx

Saturnalize wrote:

tbh gue lebih pilih orang yang masukin mapnya sebagai contoh daripada makhluk" yang naro map pending di sini dan berseru "MOD PLS NEED GD SHOOT KDS THX" (read: p/2970070&#41;
ga lama post Saturnalize, udah ada yang koar-koar lagi orz
Sorarei
well kalau memang begitu sih terserah :D

kita bisa liat kedepan nya nanti
Momochikun

Xinely wrote:

Easy :
- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak memerlukan Easy diff karena bisa membuat Normal diff dibawah 3 star yang cukup untuk dimainkan oleh newbie. Namun, jika memang ingin membuat Easy diff, note biasanya terletak hampir 1/2 jarak antar note untuk keseluruhan map
Jujur saya masih bingung itu maksudnya apa lol :P , kalau bisa jgn pake istilah begitu krna bisa ambigu.
Also, daripada ke ranking criteria mungkin itu lbih cocok di ganti ke Standard diff spread option = =

Xinely wrote:

Insane :
Spacing : dari ajaran guru-guru saya, tidak perlu menggunakan consistency dalam spacing asal jangan jump setiap waktu saja.Menggunakan 1/4 jump juga boleh asal hanya slider 1/4 saja yang bisa digunakan

Tidak berlaku utk Skystar diff btw, /runs

Ideal Star tolong di fix sesuai star rating system in-game pls ><
Easy : 0,5 - 3,25 Stars
Normal : 3,26 - 4,25 Stars
Hard : 4,26 - 4,75 Stars
Insane : 4,76 - 5.00 Stars

Untuk istilah rhythm yang di gunakan Xinely di penjelasannya mungkin bisa bikin bingung orang yg awam di modding standard (krna saya dulu jg gitu lol )
Jadi saya beri contoh gambar dan penjelasan singkat nya disini :

1/1 Rhythm with 1/1 Spacing : Biasanya digunakan di Normal diff utk mengikuti metronome biasa ( 1 - 3 drum / 2 - 4 snare clap, Downbeat Cymbal , etc.)


1/2 Rhythm with 1/2 Spacing : Bertujuan untuk variasi rhythm, biasanya banyak digunakan pada Hard diff. ( Normal pada saat saat tertentu saja, misalnya 1/2 drum rhytm atau instrument yang sangat notice-able ingame dan akan terasa undermapped jika dibiarkan. Biasanya akhir dari rhythm seperti ini selalu diakhiri dengan cymbal sound pada downbeat.
Gunakan pada Easy jika terpaksa saja. )


2/1 Rhythm with 1/1 spacing : Rhythm yang digunakan Easy pada umumnya, karena terkesan mudah dan sederhana. Tentu kamu perlu tick hitsound buat rhythm yang satu ini karena jika tidak bakal membuat diff nya terkesan "plain" berhubung 2 - 4 clap nya bakal kena skip.


3/2 Slider : Teknik paling tepat untuk Easy / Normal diff untuk emphasize Cymbal sound atau uncommon clap rhytm di tick merah dengan tetap membuat star rating stabil ( krna jika menggunakan 1/2 rhythm otomatis star rating akan naik drastis => spread buruk )



Sebenarnya masih banyak istilah lainnya ( 1/3 , 1/6, 1/8 , etc. ) tapi yang saya sebutkan diatas adalah yang paling umum untuk ditemukan saat modding suatu map.

Semoga membantu ~ \^^/
Xinely

Momochikun wrote:

Xinely wrote:

Easy :
- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak memerlukan Easy diff karena bisa membuat Normal diff dibawah 3 star yang cukup untuk dimainkan oleh newbie. Namun, jika memang ingin membuat Easy diff, note biasanya terletak hampir 1/2 jarak antar note untuk keseluruhan map
Jujur saya masih bingung itu maksudnya apa lol :P , kalau bisa jgn pake istilah begitu krna bisa ambigu.
Also, daripada ke ranking criteria mungkin itu lbih cocok di ganti ke Standard diff spread option = =
Space nya lha 1/2 (dari whitetick ke redtick) 'w'

Also udah bilang 2x ke ursa (satu in game) satu gue post disni tp belum dikelarin
WVS

Saturnalize wrote:

Wall of text but I put it in this box because I'm kind and generous. Kneel to me.
Kedua, map" La Cataline udah map paling pas buat contoh" laknat bpm rendah (100+ sih) maupun bpm tinggi dan berkualitas.

#LCmasterrace

Iya sih, tapi keliatannya thread ini sayangnya ga nerima map-map dari luar negeri.. padahal justru yang paling banyak ngasih inspirasi dari negeri luar, bukannya di sini. Walaupun yaah ada beberapa notable mapper yang bisa ngasih contoh bagus atau inspirasi, maupun motivasi.

(yang gak cuman bisa ngemap lagu teevee saize dan full distance snap dari ujung keujung.) :roll:

#LCmasterrace

Saturnalize wrote:

Xinely wrote:

kalo minta GD mending ke trit sebelah (IBC) aja daripada disini soalnya ini thread kan berfokus memberi bimbingan belajar (?) kepada newcomer modder/mapper

EDIT : @wendao : oke paling bener ya pm satu2 sajo :P
Jadi ini biang yang bikin ibc ada yang request gd . - . pls no ok peace


And kudos to Momochikun for being able to explain complicated shits out ;)
Saturnalize
In-game Picture Is Justice, friendly reminder kalo pola beat begini masih diterima. HAIL POLARITY

Rukaru
completely ignored

raheta_adi wrote:

wendao2000 wrote:

academy = training = belajar ~ bimbingan

the title already explain everything
oh...ternyata seperti itu. baru tau academy itu apa.
apakah itu artinya kita boleh memilih siapa yang akan menjadi "guru" kita nantinya ketika semua persiapan selesai??
Jekate

raheta_adi wrote:

wendao2000 wrote:

academy = training = belajar ~ bimbingan

the title already explain everything
oh...ternyata seperti itu. baru tau academy itu apa.
apakah itu artinya kita boleh memilih siapa yang akan menjadi "guru" kita nantinya ketika semua persiapan selesai??
kayaknya ga ada acara memilih "guru" deh walaupun ada embel embel academy, mungkin thread ini dibuat hanya untuk menjelaskan cara mapping dan modding map in-general itu seperti apa, baik untuk mode std, taiko, ctb, mania bahkan sb, serta me-list member yg mungkin udah punya pengalaman

mungkin yg lain bisa bantu jawab
wendao
sorry males quote

kalo soal guru privat (atau mapper-senpai (?)) gw rasa sih itu udah diluar IMMA ya, pendapat gw sih ga jauh beda sama Jekate, dan menurut gw sih, member IMMA disini kan bertumpu sama kumpulan-kumpulan pendapat dari member IMMA lainnya, bukan kepada pendapat si A, atau sebagainya

just IMHO
Topic Starter
ursa
umm, *dengan bermaskud meluruskan topic yang ada di sini

soal pertanyaan dari raheta_adi , kan IMMA tujuanya buat bisa membantu mapper & modder Indo , baik yang udah pengalaman atau pun masih baru pertama kali. tapi tetap kan pada intinya kita juga harus berusaha sendiri biar bisa belajar (masa mapper negara lain bisa maju , kita sendiri gak bisa :( ). setidaknya kan ada thread soal Mapping & Modding, jadi gunakan sepenuhnya 8-) .

gwa juga sih setuju ama wendao, soal guru privat dsb itu udah bukan topic IMMA lagi . tapi setidaknya , klo ada pertanyaan soal mapping atau modding di sini bisa kok , bahkan udah sepaket juga ( StD , Taiko , CTB ,& O!M) 8-)

btw, sorry xinely , karena kemalasan :o

& di bulan April ini bakal ada sesuatu yang baru lho 8-)
Sorarei
well ursa aku nggak pernah ketinggalan informasi di channel special itu :p

yup aku nggak setuju juga dengan ada nya senpai, guru atau semacamnya. well semua orang mau itu baru atau udah berpengalaman bisa share dan bertanya disini.

ursa add FAQ
Rukaru
oh, got it! terima kasih atas konfirmasinya. :)
Saturnalize
Question : should I make a video about everything nice in mapping or such

Mostly just translation from pro guide but maybe I'll add something BASED ON MY OPINION (in case of someone just blabbering how stupid it is).
Sorarei

Saturnalize wrote:

Question : should I make a video about everything nice in mapping or such
boleh :D
Saturnalize

Reikosaka wrote:

Saturnalize wrote:

Question : should I make a video about everything nice in mapping or such
boleh :D
w0w cpat sekali responnya qqa qelah qlo bgetho
WVS

Saturnalize wrote:

Question : should I make a video about everything nice in mapping or such

Mostly just translation from pro guide but maybe I'll add something BASED ON MY OPINION (in case of someone just blabbering how stupid it is).
Please do! :)
Suikami

Saturnalize wrote:

Question : should I make a video about everything nice in mapping or such

Mostly just translation from pro guide but maybe I'll add something BASED ON MY OPINION (in case of someone just blabbering how stupid it is).
I should need it so yes
Saturnalize
Well here's one (actually adapted from osu! academy's basic of editor and maybe I'll adapt more but remember that I'll add more and more my opinion in it)

Praise Bandicam

http://www.youtube.com/playlist?action_ ... pIXgvpyFrB

It's hard but I'm trying

at least I did it.
Decipher
ganteng shota lw je
WVS
shota lw je

Eniwei, great job buat videonya! penjelasannya lumayan mencakup banyak hal, walaupun ada sedikit yang kurang..
Yaah, mungkin bakal dijelasin di video selanjutnya.

Semoga video berikutnya bisa lebih deskriptif lagi ((tanpa perlu tiba-tiba gagap)).
wendao

WVS wrote:

Semoga video berikutnya bisa lebih deskriptif lagi ((tanpa perlu tiba-tiba gagap)).
agree, atau ngga siapin teks buat ngomong, lol :lol:

also, your voice <3
Saturnalize

wendao2000 wrote:

atau ngga siapin teks buat ngomong

wendao2000 wrote:

siapin teks buat ngomong
Can't compose text because I can't write.
Ryu Sei
Notepad, kan?
Saturnalize
how2notepad when you're recording
Ryu Sei
Situ ngerekam pakai apa?
WVS
Kalo lagi ngerekam terus ngomongnya liat teks yang dibuat pake notepad ntar ketauan gitu dong hhaahaha =))
Ryu Sei
Rekam notepadnya sekalian, ha~
Saturnalize

Ryu Sei wrote:

Rekam notepadnya sekalian, ha~
Either it will make me look stupid or lazy.

Or even both.

On topic, second video http://www.youtube.com/watch?v=SgkZUvvd ... rB&index=3
Suikami
cepet amet je, gue baru nonton yang pertama wkwkwk
anyway nice, great job 'w')b

(jadi tertarik lagi buat mapping xD)
Rei Hakurei

Ex-Rei wrote:

cepet amet je, gue baru nonton yang pertama wkwkwk
anyway nice, great job 'w')b

(jadi tertarik lagi buat mapping xD)
map GD salah satu dari triple infinity asterisk project gw dong rei :3
timing udah gw pasang btw,

eh oot :P

loli, pake [youtube]video ID[/youtube] tag dong.
Suikami
wah kalo GD kayaknya belum siap rei >_<
mapping for fun dulu aja deh :3
Rei Hakurei

Ex-Rei wrote:

wah kalo GD kayaknya belum siap rei >_<
mapping for fun dulu aja deh :3
itu tiga2nya belum masuk submission lo, kalo mau map silahkan, kan keren 3diff+1GD tiap lagunya 8)
Saturnalize

Rei Hakurei wrote:

loli, pake [youtube]video ID[/youtube] tag dong.
malas hehe, lagian ada anotasi yang diwajibkan buat diliat jadi kalo pake tag yt kurang keliatan >_>
Frim4503
bagus tuh
kembangin terus potensi mpper di indonesia :)
gw sendiri malah ga bisa buat map :cry:

klo bisa map ost animenya dibanyakin :D

thx
Decipher

Frim4503 wrote:

klo bisa map ost animenya dibanyakin :D
sekarang pun udah banyak kok yang ngemap lagu anime, selain itu mayoritas mapper sini juga ngemap lagu anime :3

sad
Saturnalize

Decipher wrote:

Frim4503 wrote:

klo bisa map ost animenya dibanyakin :D
sekarang pun udah banyak kok yang ngemap lagu anime, selain itu mayoritas mapper sini juga ngemap lagu anime :3

sad
I would say no but hey it's someone's opinion so . . . my opinion says no.
WVS
mayoritas mapper yang ngemap buat ranked*
Saturnalize
hus jangan buka kartu
WVS
hheehehehehehehehehe
10nya

Saturnalize wrote:

hus jangan buka kartu
Sorarei
in fact, mostly my ranked map are doujin work
pacmanmania
belakangan ini lagi asik koq 3 map dnb ranked
Saturnalize
3 maps won't replenish my thirst on ear-rape.

That's why I'm mapping "something" behind the scene :D
WVS

Reikosaka wrote:

in fact, mostly my ranked map are doujin work
Mau dojin atau nggak dojin juga.. yaiyalah, ngerank map o!m kan gak sesulit standard. (untuk saat ini.)

((walaupun intinya kalo gak punya effort sama motivasi yang kenceng ga bakal masuk ke ranked map))

pacmanmania wrote:

belakangan ini lagi asik koq 3 map dnb ranked
http://osu.ppy.sh/s/157880

Tolong gua masih ngakak gara-gara map ini
Saturnalize
Andrea's best joke map 2014
Sorarei

WVS wrote:

Mau dojin atau nggak dojin juga.. yaiyalah, ngerank map o!m kan gak sesulit standard. (untuk saat ini.)

((walaupun intinya kalo gak punya effort sama motivasi yang kenceng ga bakal masuk ke ranked map))
yeah osumania BAT cepet dibandingkan BAT spesifik lain untuk sekarang juga.
mingmichael

Reikosaka wrote:

yeah osumania BAT cepet dibandingkan BAT spesifik lain untuk sekarang juga.
yaps bener. contohnya aja kayak taiko BAT itu............... :cry:
- Yuuto -
^ sabar om michael :v
WVS
Karena mode o!m masih terbilang lumayan baru jadi ya.. gausah heran kalo BAT-BAT nya lebih aktif daripada BAT mode lain..



BATs pls notice my map!!
Saturnalize
oke berhubung gue juga rada gampang capek akhir" ini gue jadi ga punya waktu buat mikir topik apa yang harus gue bahas

Kalau ada yang pengen request apalah buat video selanjutnya, ajuin di sini (daripada bikin trit lagi ntar dikira apalah)

EDIT: requestnya yang berotak, ya, jangan "cara jadi fujo di osu gimana kka" "cara nampilin lagu di chat gimana kka" "cara masukin cit ke osu gimana kka"
WVS

Saturnalize wrote:

Kalau ada yang pengen request apalah buat video selanjutnya, ajuin di sini (daripada bikin trit lagi ntar dikira apalah)


OT:

How to make (good) streams, how to do slider arts, what is storyboard, how to do (simple) storyboards,
terus contohin flow simpel tapi cukup berpengaruh atau pattern pattern simpel tapi menarik. jadi yang tertarik mau mulai beatmapping seengaknya ada sedikit reference dari video tersebut. huehuehue.
wendao

WVS wrote:

Karena mode o!m masih terbilang lumayan baru jadi ya.. gausah heran kalo BAT-BAT nya lebih aktif daripada BAT mode lain..
IMHO mungkin bukan karena barunya osu!mania, tetapi banyak user yang udah terbiasa sama gamestyle ini, jadi ya, begitu de `-`/

Saturnalize wrote:

Kalau ada yang pengen request apalah buat video selanjutnya, ajuin di sini (daripada bikin trit lagi ntar dikira apalah)
I'd like to request "advanced timing"
Ryu Sei
Multi BPM timing, yang pertama sumber BPM-nya dari inet.
Sorarei
Mapping basic pattern


well disini aku akan menjelaskan tentang awal dari sebuah mapping, dimulai dari durasi tv size

Beatmaps : Sakakibara Yui - share the thoughts (OP Size)
Difficult : Maximum/Insane/Another

mengikuti irama vokal dibandingkan irama ketukan lagu sangat tidak direkomendasikan untuk osu!mania, kecuali jika vokal tersebut terdengar seperti beat atau looping. seperti ini https://osu.ppy.sh/s/7224
Semakin besar beat lagu maka akan semakin banyak note yang akan di letakkan secara bersamaan. contoh :

*NOTE : issue di highlight dengan tanda biru



Pitch Relevant (masih kurang ngerti artinya), adalah dimana note kamu memiliki alur streaming yang se arah berdasarkan lagunya. contoh :

*NOTE : copy dan paste kode dibawah ini di beatmaps notepad

SPOILER
[HitObjects]
475,192,1465,5,0,0:0:0:0:
36,192,1465,1,0,0:0:0:0:
329,192,1465,1,0,0:0:0:0:
109,192,1828,1,0,0:0:0:0:
402,192,2010,1,0,0:0:0:0:
36,192,2374,1,0,0:0:0:0:
182,192,2737,1,0,0:0:0:0:
402,192,2737,1,0,0:0:0:0:
256,192,3646,1,0,0:0:0:0:
329,192,4374,1,0,0:0:0:0:
36,192,4374,1,0,0:0:0:0:
475,192,5101,1,0,0:0:0:0:
109,192,5283,1,0,0:0:0:0:
329,192,5465,1,0,0:0:0:0:
36,192,5646,1,0,0:0:0:0:
182,192,5646,1,0,0:0:0:0:
256,192,6374,1,0,0:0:0:0:
36,192,6555,1,0,0:0:0:0:
182,192,6555,1,0,0:0:0:0:
329,192,7283,1,0,0:0:0:0:
475,192,7283,1,0,0:0:0:0:

Hold Note/Long Note (LN's) digunakan jika terdapat suara instrument yang memiliki jangkauan suara lebih lama dibandingkan instrument lainnya, bisa seperti bass , violin , techno dan lain-lain.

Penempatan hold note yang layak harus seperti ini. (timpah/overwrite saja dengan kode yang sebelumnya)
SPOILER
475,192,7283,128,0,7828:0:0:0:0:
182,192,7283,1,0,0:0:0:0:
36,192,7828,1,0,0:0:0:0:
329,192,7828,1,0,0:0:0:0:
182,192,8374,1,0,0:0:0:0:
475,192,8374,1,0,0:0:0:0:
36,192,8374,128,0,10192:0:0:0:0:
182,192,9465,1,0,0:0:0:0:
256,192,9828,1,0,0:0:0:0:
475,192,10192,128,0,10737:0:0:0:0:
329,192,10192,1,0,0:0:0:0:
109,192,10192,128,0,10737:0:0:0:0:
182,192,10737,1,0,0:0:0:0:
402,192,10737,1,0,0:0:0:0:
36,192,11283,128,0,13101:0:0:0:0:
329,192,11283,128,0,13101:0:0:0:0:
256,192,11283,1,0,0:0:0:0:
475,192,12328,1,0,0:0:0:0:
182,192,12374,1,0,0:0:0:0:
109,192,12374,128,0,13101:0:0:0:0:
256,192,13101,1,0,0:0:0:0:
402,192,13101,1,0,0:0:0:0:
WVS

wendao2000 wrote:

WVS wrote:

Karena mode o!m masih terbilang lumayan baru jadi ya.. gausah heran kalo BAT-BAT nya lebih aktif daripada BAT mode lain..
IMHO mungkin bukan karena barunya osu!mania, tetapi banyak user yang udah terbiasa sama gamestyle ini, jadi ya, begitu de `-`/
Umm, no.. not really. kalo soal 'terbiasa' mah total standard player jauuuh lebih banyak dibanding mode lain,
tapi buktinya sekarang nge-rank beatmap standard only jauh lebih sulit dibanding mode lain.

SPOILER
(tapi kalo punya skill jilat pantat BAT yang tinggi atau punya temen [ini juga biasanya dari hasil sksd.] yang terkenal di-dunia mapping sih, gampang.)

((intinya -- harus punya skill attwhring yang tinggi.))

(((NOPE. YOU CAN'T DENY THIS.)))

Yang gua maksud dengan 'baru' ini maksudnya lebih ke: "kan ini mode baru di-implemen beberapa bulan lalu, jadi gak usah heran kalo yang mau apply jadi BAT di mode tersebut pasti banyak yang fresh player" dengan kata lain; lebih aktif dari BAT mode lain (std, ctb, taiko.)

CMIIW though! :)
Saturnalize
Advanced timing delayed until I get permission from Charles445

Meanwhile, I'll make video about slider art.
Rei Hakurei
Simple Mode -- Timing Tutorial by Rei_Fan49

  1. --single--
    ok, buat tutorial tentang timing itu sebenarnya, dimulai dari sensitivitas kuping dan program serta ketepatan suara berbanding gerakan yang diberikan oleh osu itu sendiri.
    kalo dari pandangan gw, timing itu tinggal cari beat awal, sama beat pengikutnya.
    itu bisa dilakuin di timing tab itu sendiri, pastinya jangan lupa siapin 25% editor speed dulu, untuk menjamin ketepatan maksimum,

    awalnya mungkin susah, kaya misalnya nunggu dentuman atau sesuatu yang menandakan beat tersebut dimulai, tapi kalo pas di beat pengikutnya udah pas (BPMnya udah yakin 100%), biasanya offsetnya digeser2 aja dikit2,
    dalam penentuan timing juga, biasanya gw fokus di 4 titik desimal kalo udah sedikit aneh, biasanya desimal yang enak diliat angka2nya, kaya 0.25, 0.5, 0.75, atau memang 0 itu sendiri. soalnya secara umum, memang desimal2 di bpm kaya gitu,
  2. multi-bpm, easy mode
    terus buat perubahan yang masih standar,
    biasanya kerasa dari lagunya itu sendiri kalo dia lebih cepet atau lambat, tapi hati2 sama perubahan di 1/1, gw jujur tidak menyarankan untuk memasang timing dengan kondisi tidak berada pada 1/1, karena itu bisa bikin osu jadi aneh..
    oke balik ke topik, buat perubahan yang titiknya udah yakin tapi bpmnya belum pasti, balik ke step awal, cari beat pengikutnya.
    kalo misalnya yakin ada perubahan tapi gak di 1/1, mending pasang timing penyangga yang bpmnya juga gak aneh banget...

    semisal "Moonlight Liberalist" punya gw, itu ada perubahan timing sebelum ngehabisin breaknya, dan memang itu dikasih timing penyangga jadi bener.

    oke, gw yakin disini simplifikasinya udah,
  3. multi-timing, hard mode
    yang ini memang cukup susah bagi gw, karena kemungkinan besar timingnya berubah seiring waktu, bisa setiap 1 stanza, atau malah 1 beat tergantung lagunya itu sendiri,
    kalo disini bpm juga udah mulai aneh2, walo memang kurang gw saranin sampe km yakin bener itu segitu.

    memang susah iya, tapi dengan mencoba pasti bisa, kaya timing wizard yang sekarang lagi bertapa.. atau ikan paus sang database musik.

    mungkin gw tunggu aja dari yang lain kalo yang satu ini, piano based song biasanya ini.. kaya..
    John Pachelbel - Canon kalo gak salah,
  4. bpm sebanding dengan genre
    jangan lupa ini, biasanya genre juga ikut ngebantu buat nentuin seberapa besar kemungkinan bpm tersebut berkisarnya,
    walo gw kurang tau, tapi si dapid yang tau ... ya gitu.
    biasain aja timing tiap genre, dan hafalin pola2 timing yang dikeluarin,
segitu aja deh tips2 dari gw sembari menunggu loli ngepost videonya
Saturnalize


Also I don't think I'll post any video about timing anymore because bless fps.

Second, I'll post my video tomorrow. Sorry for the delay but I just don't feel okay today :(
Rei Hakurei
makasih nic, walo gw memang udah ngerasa cukup akurat sih dan gak ngeganggu permainan...
+5ms itu toleransi terberat buat timing, sama ya memang bener kata Charles kalo Ctrl+Up/Down bakal ngeliat berubahan offsetnya
Frim4503

Decipher wrote:

Frim4503 wrote:

klo bisa map ost animenya dibanyakin :D
sekarang pun udah banyak kok yang ngemap lagu anime, selain itu mayoritas mapper sini juga ngemap lagu anime :3

sad

emng banyak tpi cuma yg TV Size :(
jadi agak kurang GREGET ;)
show more
Please sign in to reply.

New reply