Disclaimer & forewords
Turnamen ini dibuat sebagai sebuah turnamen yang berdiri sendiri, bukan sebagai bagian dari rangkaian turnamen osu! Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun. Turnamen ini adalah murni ide dari Hinsvar selaku pengurus turnamen, dan tidak bertujuan untuk menjadi sebuah turnamen "tandingan".
Penamaan turnamen ini mungkin sedikit terlalu... puitis.Tidak usah terlalu dipikirkan.
Tadinya saya selaku penggagas ingin meminta lebih banyak pendapat pada para pemain osu!standard Indonesia, namun saya pikir akan lebih efektif jika saya langsung menciptakan sebuah thread khusus untuk turnamen ini sebagai media perkenalan daripada "beriklan" secara langsung kepada pemain.
Dan mengenai skala turnamen yang kelihatannya sangat besar...
Saya sadar bahwa dengan menggelar turnamen ini, saya memikul tanggung jawab yang besar, dengan peserta yang banyak dan dengan jumlah match yang terbilang sangat tinggi. Saya juga tahu bahwa dengan melaksanakan kompetisi ini, saya harus mendedikasikan waktu saya untuk mengurus turnamen ini. Dengan ini, saya menyatakan bahwa saya siap bertanggung jawab terhadap segala hal yang terjadi dalam kompetisi ini selaku pelaksana turnamen.
Penamaan turnamen ini mungkin sedikit terlalu... puitis.
Tadinya saya selaku penggagas ingin meminta lebih banyak pendapat pada para pemain osu!standard Indonesia, namun saya pikir akan lebih efektif jika saya langsung menciptakan sebuah thread khusus untuk turnamen ini sebagai media perkenalan daripada "beriklan" secara langsung kepada pemain.
Dan mengenai skala turnamen yang kelihatannya sangat besar...
Saya sadar bahwa dengan menggelar turnamen ini, saya memikul tanggung jawab yang besar, dengan peserta yang banyak dan dengan jumlah match yang terbilang sangat tinggi. Saya juga tahu bahwa dengan melaksanakan kompetisi ini, saya harus mendedikasikan waktu saya untuk mengurus turnamen ini. Dengan ini, saya menyatakan bahwa saya siap bertanggung jawab terhadap segala hal yang terjadi dalam kompetisi ini selaku pelaksana turnamen.
Thread code prefix
- Prep = Preparation; masa persiapan sekaligus penjajakan minat pemain osu!Indonesia
- Reg = Registration; masa pendaftaran
- Post-Reg Prep = Post-registration preparation; masa persiapan setelah pendaftaran yang meliputi seeding, release map pool pertama, dan rilis jadwal
- Alpha = Fase 1 (128 besar)
- Beta = Fase 2 (64 besar)
- Gamma = Fase 3 (32 besar)
- Delta = Fase 4 (16 besar)
- Epsilon = Fase 5 (8 besar)
- Psi = Fase 6 (4 besar)
- Omega = Fase 7 (penentuan posisi 1-4)
- Wrap-up = Penutupan turnamen
Halo semua; selamat datang di thread Lingkaran Hidup, sebuah turnamen osu!standard Indonesia!
Turnamen ini dilaksanakan sebagai wadah berkompetisi bagi para pemain osu!standard seluruh Indonesia, dan diharapkan dapat menjadi tempat serta motivasi bagi para pemain untuk mengembangkan diri mereka.
Pendaftaran dan penjelasan umum
- Akan ada 128 pemain yang bergabung dalam turnamen ini.
- Mode yang dipertandingkan adalah osu!standard.
- Untuk mendaftar, penuhi salah satu syarat di bawah ini:
- >=2000pp osu!standard, atau
- >=15000 play count osu!standard dan memiliki setidaknya 5 (lima) rekor permainan >=100pp pada Top Performance
- Turnamen direncanakan akan berjalan pada 17 Agustus sampai 22 November 2015.
Skema kompetisi
- Tahap penyisihan grup (Nativitate - "kelahiran" dalam bahasa Latin)
- Fase 1 (Alpha - 128 peserta) (17 Agustus-27 September)
Sistem skor: Best of 5 (maksimal 5 map tiap match; pertandingan berakhir jika salah satu pemain telah meraih 3 kemenangan) - Fase 2 (Beta - 64 peserta) (28 September-18 Oktober)
Sistem skor: Best of 7 (maksimal 7 match; match selesai jika salah satu pemain menang 4 kali)
Pada fase Alpha, akan ada 32 grup yang masing-masing berisi 4 orang, dan pada fase Beta akan ada 16 grup yang juga terdiri dari 4 orang per grup.
Map pool pada tahap ini akan terdiri dari 3 map no mod, 2 map HD/HR/DT, 2 map free mod, dan 1 map tie break, yang akan diganti tiap fase.
Akan ada 6 pertandingan di tiap grup, dengan setiap pemain melawan tiga pemain lainnya dalam grup yang sama satu per satu, yang berarti satu peserta akan melaksanakan tiga match tiap fase, dengan masing-masing match melawan satu orang dari grupnya. Dua pemain dengan skor tertinggi pada tiap grup akan melaju ke babak selanjutnya. - Fase 1 (Alpha - 128 peserta) (17 Agustus-27 September)
- Tahap penyisihan pertama (Existentia - "eksistensi" dalam bahasa Latin)
- Fase 3 (Gamma - 32 peserta) (19-25 Oktober)
- Fase 4 (Delta - 16 peserta) (26 Oktober-1 November)
- Fase 5 (Epsilon - 8 peserta) (2-8 November)
Pada tahap penyisihan pertama, akan dipakai sistem single elimination knock-out, di mana seluruh pemain akan bertanding satu lawan satu, dan kekalahan akan langsung membuat peserta keluar dari turnamen.
Map pool pada tahap ini terdiri dari 4 map no mod, 2 map HD/HR/DT, 3 map free mod, dan 1 map tie break, yang akan diganti tiap fase.
Sistem skor tahap ini adalah best of 9 (maksimal 9 map; pertandingan selesai apabila salah satu pemain memenangkan 5 map).
- Tahap penyisihan kedua (Finalitatis - "finalitas" dalam bahasa Latin)
- Fase 6 (Psi - 4 peserta) (9-15 November)
Sistem skor: Best of 11 (maksimal 11 map; match selesai apabila salah satu pemain menang 6 kali) - Fase 7 (Omega - 4 peserta; penentuan posisi akhir juara 1-4) (16-22 November)
Sistem skor:- Perebutan juara ketiga: Best of 11 (maksimal 11 map; match selesai bila ada yang menang 6 kali) - menggunakan mappool Psi
- Perebutan juara pertama: Best of 13 (maksimal 13 map; match selesai bila ada yang menang 7 kali) - menggunakan mappool Omega
Map pool pada tahap ini terdiri dari 5 map no mod, 3 map HD/HR/DT, 3 map free mod, dan 1 map tie break, yang akan diganti tiap fase.
- Fase 6 (Psi - 4 peserta) (9-15 November)
Regulasi dalam pertandingan
- Jadwal pertandingan akan diatur oleh panitia pada tiap akhir pekan (Jumat-Minggu). Biarpun begitu, jadwal bersifat tidak mengikat dan bisa diubah atas kesepakatan kedua peserta dalam satu pertandingan, dengan syarat harus memberitahukan perubahan jadwal kepada tournament host.
- Sebelum memulai pertandingan, pastikan kedua peserta, 1-4 orang referee, dan 1-2 orang komentator hadir dalam ruang pertandingan, dan semua pemain dan staf memiliki seluruh map yang akan dipertandingkan.
- Dipersilakan untuk memainkan maksimal satu map sebagai warm-up. Map yang ada pada map pool untuk fase yang sedang berjalan tidak diperkenankan untuk dimainkan sebagai map warm-up.
- Pada saat pertandingan, kedua pemain wajib melakukan "!roll" di ruangan pertandingan. Yang mendapat nilai lebih tinggi akan mendapat giliran lebih dulu memilih map, kemudian diikuti oleh yang lebih rendah, dan terus berulang hingga pertandingan selesai. Jika nilai roll kedua peserta sama, keduanya harus mengulang roll sampai nilai roll keduanya berbeda.
- Pada gilirannya, pemain memilih satu map dari map pool yang telah disediakan (kecuali map untuk tie break) untuk dimainkan. Pemain diberikan hak host untuk melakukan pemilihan map.
- Untuk map no mod, tidak diperbolehkan menggunakan mod apapun, dan map dimainkan apa adanya.
- Untuk map di pool HD, HR, dan DT, map yang ada di masing-masing bracket (bagian dari pool) hanya boleh dimainkan dengan mod yang telah ditentukan.
- Untuk map free mod, seperti namanya, free mod harus diaktifkan, dan kedua pemain bebas memilih mod yang mereka ingin pakai. Pemain berhak memilih untuk tidak menggunakan mod apapun.
- Pemenang dari tiap map match adalah peserta yang skornya lebih tinggi daripada lawannya, dan akan diberikan satu poin untuk tiap kemenangan.
- Jika terjadi kondisi di mana skor kedua pemain seri dan hanya ada satu map lagi yang bisa dimainkan, otomatis kedua pemain harus memainkan map tie break. Map ini akan bersifat sama seperti map free mod.
- Toleransi keterlambatan kehadiran pada tiap pertandingan adalah 15 menit. Jika salah satu pemain terlambat melebihi waktu yang telah ditentukan sementara lawannya hadir, lawannya akan menang secara otomatis, dan pada babak grup akan dianggap sebagai kemenangan 1 - -3 oleh pemain yang hadir (yang berarti pemenang mendapat 1 poin, dan yang kalah berkurang 3 poin).
Jika kedua pemain tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan (setelah 15 menit dari waktu pertandingan yang telah dijadwalkan), keduanya akan dianggap kalah, dan pada babak grup keduanya akan diberikan -3 poin. - Jika ada salah satu pemain yang disconnected atau keluar dari room secara tidak sengaja:
- Bila terjadi dalam waktu 10 detik pertama sebuah map, pertandingan wajib diulang untuk map tersebut.
- Bila terjadi dalam waktu >10 detik pertama, pertandingan hanya akan diulang atas kesepakatan kedua pemain.
- Jika ada pemain yang fail, skornya akan tetap diperhitungkan, yang berarti jika skor peserta yang fail lebih tinggi daripada yang pass, pemain yang fail yang akan ditentukan sebagai pemenang.
- Permainan selesai bila salah satu pemenang telah mencapai skor yang diperlukan untuk menang.
- Penggunaan cheat engine/software dilarang, dan bila ketahuan, pelaku akan langsung dikeluarkan dari turnamen dan dilaporkan kepada staf osu!.
Peraturan tambahan untuk tahap Nativitate/grup
- Jika skor peserta peringkat pertama dan kedua, kedua dan ketiga, pertama hingga ketiga, kedua hingga keempat atau pertama hingga keempat dalam satu grup bernilai sama setelah seluruh match dalam grup tersebut telah dimainkan, posisi akan ditentukan oleh jumlah kemenangan peserta, dan bila posisi peserta di klasemen grup tidak bisa ditentukan dari faktor ini, akan diambil jumlah berapa match map yang mereka menangkan selama fase tersebut. Jika masih tidak bisa ditentukan, akan dicari pemain yang paling rendah jumlah kalah WO-nya.
Bila ini juga tidak bisa dipakai, maka peserta akan diminta melaksanakan satu match tambahan yang harus dilaksanakan secepatnya, dan peserta akan memainkan map tie break fase tersebut tanpa warm-up.
Match khusus yang dimaksud ini akan mempertandingkan seluruh peserta yang mempunyai skor yang sama dan memiliki urutan peringkat seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Jadwal pertandingan ini akan ditentukan oleh panitia. - Pada fase Alpha, hanya diperbolehkan memilih satu map dari tiap mod (HD/HR/DT) pada satu pertandingan (pemilihan map bebas setelah fase grup).
- Untuk fase Beta, diperbolehkan memilih dua map dari tiap mod (HD/HR/DT) pada satu pertandingan, tapi satu peserta hanya bisa memilih satu map dari tiap mod (yang artinya salah satu peserta tidak bisa memilih dua map HD, HR, atau DT sekaligus dalam satu match).
Informasi lainnya
- Map pool untuk setiap fase akan dirilis paling cepat sekitar 72 jam, dan paling lambat 3 jam, sebelum fase bersangkutan dimulai.
- Jika ada suatu kejadian dalam turnamen yang tidak diatur pada peraturan yang tercantum di sini, pihak staf berhak menentukan langkah apa yang akan diambil untuk menyelesaikan kejadian tersebut, baik melalui diskusi dengan peserta (jika diperlukan) atau sepenuhnya mengeluarkan keputusan sendiri, dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.
- Peserta turnamen berhak untuk menjadi staf turnamen, begitu pula sebaliknya.
Seeding/pengelompokan dan sistem pengacakan
- Para pemain yang mendaftar akan dikelompokkan ke dalam empat golongan menurut nilai pp mereka, mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Empat golongan tersebut adalah:
- Gold (urutan 1-32)
- Silver (33-64)
- Bronze (65-96)
- Copper (97-128)
- Pengelompokan dalam empat golongan ini akan dipakai pada fase pertama, di mana tiap grup akan memiliki satu pemain Gold, Silver, Bronze, dan Copper.
- Untuk fase kedua, pemain akan dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu juara dan runner-up berdasarkan posisi tiap grup. Tiap grup pada fase kedua akan terdiri dari dua orang juara dan dua orang runner-up pada fase pertama.
- Untuk fase ketiga, para peserta juga akan digolongkan berdasarkan posisi mereka di fase kedua (juara/runner-up). Setiap juara grup dipastikan akan melawan runner-up grup.
- Untuk menentukan di grup mana tiap peserta akan bertanding pada fase 1-2, dan juga untuk menentukan lawan masing-masing peserta pada fase 3, akan dipakai List Randomizer dari random.org.
Hadiah!
- Juara 1: Uang tunai senilai 400.000 (empat ratus ribu) rupiah (dikirim kepada rekening bank peserta) atau osu!supporter tag 1 tahun
- Juara 2: Uang tunai senilai 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) rupiah (dikirim kepada rekening bank peserta) atau osu!supporter tag 6 bulan
- Juara 3: osu!supporter tag 4 bulan
- Juara 4: osu!supporter tag 2 bulan
- Juara 5-8: osu!supporter tag 1 bulan
Tugas staf
Referee:
- Membuat room untuk pertandingan yang akan berlangsung dan mengundang para pemain yang akan bertarung. (Jika ada streamer, yang bertugas membuat room adalah mereka.)
- Mencatat map apa saja yang dipilih kedua pemain.
- Mengambil gambar (screenshot) hasil masing-masing match (map), dengan fokus kepada pemenang (artinya memilih/mengklik pemenang pada result screen sebelum mengambil gambar).
- Mengawasi jalannya pertandingan, terutama skor sementara pertandingan.
- Memberikan laporan yang terdiri dari fase yang sedang berlangsung, nama kedua peserta, map apa saja yang mereka pilih, dan foto result screen setiap match.
Direkomendasikan ada minimal dua orang referee pada tiap match agar salah satu bisa menjadi backup jika referee yang lainnya tiba-tiba tidak bisa mengurus match karena sesuatu hal.
Maksimal referee dalam satu match diusahakan sebanyak tiga orang.
Satu referee dalam satu match tidak direkomendasikan, kecuali apabila referee yang ada tidak mencukupi pada saat pertandingan akan berlangsung, dan diperbolehkan meminta bantuan kepada seseorang di luar jajaran referee untuk membantu, dengan syarat dia dianggap bisa dipercaya dan mampu menjalankan tugas sebagai referee darurat.
- Memasuki ruangan pertandingan dan mengomentari alur permainan dari awal sampai akhir, baik pada channel #indonesian dalam bentuk teks, maupun dalam bentuk suara lewat Skype.
Format post laporan match (untuk referee)
Contoh:
[centre](babak) - (grup)[/centre]
[centre][b][color=#0000FF]Winner 3[/color][/b] | [b][color=#FF0000]0 Loser[/color][/b][/centre]
Link /mp/ pertandingan:
Staf dalam pertandingan:
[list][*]staf A
[*]staf B
dst[/list]
[box=Match 1](SS result match 1)[/box]
[box=Match 2](SS result match 2)[/box]
dst
Contoh:
- "(babak) - (grup)" > "Alpha - Grup AG"
- "Winner 3 | 0 Loser" > A 3 | 0 B (posisi nama pemain harus mengikuti jadwal pertandingan, bukannya selalu nama pemenang dulu baru yang kalah - pemenang diberi warna biru, dan yang kalah diberi warna merah)
- Masukkan link /mp/ pertandingan ke tempat yang disediakan; link ini tersedia di line pertama #multiplayer tempat pertandingan dilangsungkan.
- Cantumkan semua staf yang ikut mengurus pertandingan, baik itu referee, commentator, maupun streamer.
- Untuk screenshot result match, gunakan kode berikut:
[img]gambar[/img]
Tim staf
Tournament host/map selector: Hinsvar
Referee:
Referee:
- Hinsvar
- THS
- LongExistence
- Shurelia
- Satyrizard
- Rio-
- -Hakurei-
- Mako Sakata
- Yukaa-
- Kazuyo
- Setsurei
- ExRei
- fallist
- -Kiichirou-
- nya10
- Ddraigon-
- NoirVinocacao
- Runa_Hime
- _Ayz
- LongExistence
- Niva
- rzkadi
- Shurelia