forum

Indonesian Beatmapper Club!! [IBC]

posted
Total Posts
1,923
show more
XK2238
nmpang promosi https://osu.ppy.sh/s/84906
hue
CPLs
ini masih lanjut ya treadnya

kirain udah discontinue :?
Rukaru
permisi gan, mau nanya.

gimana sih kronologi beatmap dari belum di-rank sampai di-rank?
kan ada juga istilah "bubble", "popped bubble", "starred", blablabla.... gitu.
saya kurang mengerti. mungkin bisa dijelaskan?

ohya, tentang map kolaborasi. itu bagaimana cara transfer data map ke masing masing mapper?
Frizz
XAT: BAT atau MAT

Bubble: Map udah dicek sama XAT dan siap untuk dirank. Biasanya butuh checking lebih lanjut dari XAT lain sebelum akhirnya dirank.

Popped Bubble: Bubbled map biasanya kalo ditemuin kesalahan dan perlu pembetulan oleh seorang XAT bakal dipop. Kalo udah dibenerin bubble-nya dibalikin lagi biasanya sama XAT yang ngepop bubble-nya. Kalo misalkan yang ngepop seorang BAT dan udah dibubble balik, berarti perlu nyari BAT lain untuk ngecek mapnya buat dirank. Kadang bubbled map ga ditemuin kesalahan apapun jadi langsung ranked tanpa dipop. Kadang juga setelah dipop dan dibenerin mapnya bubblenya nggak dibalikin tapi langsung ranked juga, kalo yang ngepop seorang BAT.

Starred: Mirip kayak bubble, hanya saja prioritasnya lebih rendah. Biasanya dikasih XAT pas mapnya masih Pending/blom bubbled. Star tergolong optional imo nggak harus dapetin ini biar mapnya dibubble.

Kronologinya: WIP -> Pending -> Bubbled -> Ranked/Approved

Map Collab itu biasanya disubmit dulu dengan bagian yang sudah dibagi-bagi (biasanya dengan cara ngasih bookmark) buat semua kolaborator.
69653863
mmm

1. Beatmapper bikin beatmap.
2. Beatmapper cari modder, beatmap pun di mod.
3. Kalo menurut satu modder map itu udah sempurna/bagus, biasanya dia bakal kasih kudosu star.
4. Kalo mod dan star udah lumayan banyak, beatmapper cari MAT (atau dalam beberapa kasus MATnya datang sendiri, tapi ini jarang banget)
5. Kalo menurut sang MAT mapnya udah layak bubble, ato ada hal yang harus diberesin sebelum dikasih bubble, dia akan kasih mod + star icon (bukan kudosu star) Ini disebut mapnya starred. Biasanya MAT akan bilang "call me back" atau mirip-mirip itu kalo udah janjiin bubble.
6. Beatmap dibubble.
6a. Kalo ada modder/MAT lain yang nemu ada kesalahan/bug di beatmap dan perlu dibenerin, artinya bubble harus dipop sementara (beatmap yang udah dibubble, kalo diupdate bubblenya bakalan pop) dan kalo udah dibenerin tinggal panggil lagi MATnya buat ngerebubble.
7. Beatmapper cari BAT (atau dalam beberapa kasus BATnya datang sendiri, tapi ini juga jarang banget)
8. Kalo menurut BAT mapnya udah sempurna (ato kalo ada yang harus dibenerin berarti bubblenya dipop dulu sementara, baru entar dibubble lagi sama BATnya sekalian dirank) maka map layak rank.
9. Beatmap dirank.
10. (optional) uguudances

soal collab, ini sih tergantung kesepakatan para mappernya, apakah mau nunggu satu-satu mappernya nyelesain partnya, ato mau sekaligus dikerjain (advanced mode, tidak disarankan untuk mapper baru/belom berpengalaman kopipasta/coding). Transfer ya biasanya langsung kopipasta & overwrite .osu nya.

CMIIW
Frizz

inverness wrote:

5. Kalo menurut sang MAT mapnya udah layak bubble, ato ada hal yang harus diberesin sebelum dikasih bubble, dia akan kasih mod + star icon (bukan kudosu star) Ini disebut mapnya starred. Biasanya MAT akan bilang "call me back" atau mirip-mirip itu kalo udah janjiin bubble.
Yang star icon keknya ga harus sebelum dibubble imo pengalaman pribadi ada MAT yang ngecek map gue terus dikasih star icon meskipun blom siap bubble.
69653863

Frizz wrote:

inverness wrote:

5. Kalo menurut sang MAT mapnya udah layak bubble, ato ada hal yang harus diberesin sebelum dikasih bubble, dia akan kasih mod + star icon (bukan kudosu star) Ini disebut mapnya starred. Biasanya MAT akan bilang "call me back" atau mirip-mirip itu kalo udah janjiin bubble.
Yang star icon keknya ga harus sebelum dibubble imo pengalaman pribadi ada MAT yang ngecek map gue terus dikasih star icon meskipun blom siap bubble.
itu tergantung MATnya sih, tapi biasanya kalo udah dikasih star icon si MAT emang udah niat mau ngebubble.
10nya

Frizz wrote:

inverness wrote:

5. Kalo menurut sang MAT mapnya udah layak bubble, ato ada hal yang harus diberesin sebelum dikasih bubble, dia akan kasih mod + star icon (bukan kudosu star) Ini disebut mapnya starred. Biasanya MAT akan bilang "call me back" atau mirip-mirip itu kalo udah janjiin bubble.
Yang star icon keknya ga harus sebelum dibubble imo pengalaman pribadi ada MAT yang ngecek map gue terus dikasih star icon meskipun blom siap bubble.
Tergantung kalimat terakhir XAT (Call me back for recheck) sebenernya, meski di-star tapi kalo belum ada kalimat suci tersebut biasanya ngga di bub.
Xinely
tapi biasanya klo udah d kasih star sama ada kata2 call me back nya , MAT nya udh janji bakal ngebubble
gw ada pengalaman sih disini
sampe recheck 6x kalau gk salah juga masih d bubble aja, dan ada situasi pop bubble dan rebubble oleh MAT itu

gw salut ini MAT rajin amat recheck map gw *runs
Kuria
intinya ngedapetin bubble tu susahnya setengah mati, dapet rank-nya kayak membalikkan telapak tangan :D

btw buat yang master SB bisa ajarin aku ngebikin efek gambar yang ngulang2/nyebar trus nggak? kayak efek daun n cahaya bertebaran di map ini http://osu.ppy.sh/b/200805
katanya ada make code code segala ya? nggak ngerti e
Sena Aizawa
*ngikutin pertanyaan Kuria

eh btw, apa sekarang masih boleh bikin Beatmap hanya dengan 1 Diff ? (Approved style), dikarenakan sekarang kriteria Approved dulu = Ranked sekarang, jadi agak ragu nih, hehehe
69653863

Kuria wrote:

btw buat yang master SB bisa ajarin aku ngebikin efek gambar yang ngulang2/nyebar trus nggak? kayak efek daun n cahaya bertebaran di map ini http://osu.ppy.sh/b/200805
katanya ada make code code segala ya? nggak ngerti e
namanya dot effects

bikinnya bisa pake osu!dots (keterangan lebih lanjut + download di sini) atau pake SGL Editor (untuk advanced users/yang udah berpengalaman dalam scripting) jadi kalo masih bingung otak-atik kode mending pake osu!dots aja

saya sendiri belom pernah nyoba sih (lebih tepatnya gak bisa nyoba, entahlah itu program dua-duanya gak bisa kebuka di saya, mungkin kompi saya senantiasa berdosa atau smf like that) tapi kayanya osu!dots gak susah untuk dicoba, tinggal otak-atik aja parameter-parameter yang ada disana

fyi: Matoryoshika pernah pake osu!dots buat map SIDnya, mungkin coba tanya dia

osu!dots scripting dot effects nya per sprite sebagai dots nya, jadi bisa dipastiin script SB nya bakalan panjaaaaaang banget. selain itu tidak disarankan untuk mengedit secara langsung dot effects yang udah jadi lewat design editor karena sifat value scriptnya yang random banget

cmiiw
Dai

Sena Aizawa wrote:

*ngikutin pertanyaan Kuria

eh btw, apa sekarang masih boleh bikin Beatmap hanya dengan 1 Diff ? (Approved style), dikarenakan sekarang kriteria Approved dulu = Ranked sekarang, jadi agak ragu nih, hehehe
boleh kok, Approved map hanya boleh digunakan untuk map marathon yang durasinya lebih dari 6 menit
Lovelyattack

Dai wrote:

boleh kok, Approved map hanya boleh digunakan untuk map marathon yang durasinya lebih dari 6 menit
bukannya map biasa yang lebih dari 6 menit juga bisa? gak harus marathon kan
Xierra

- t e n n y a - wrote:

Tergantung kalimat terakhir XAT (Call me back for recheck) sebenernya, meski di-star tapi kalo belum ada kalimat suci tersebut biasanya ngga di bub.
Uguu. Karena belum ada tanda ini berarti kau harus cari cara buat improve sampai suatu hari ada XAT yang menyatakan kalimat "suci" itu, kasus di map aku begini juga nih. xD
I need moar mapping power!
Sena Aizawa

Dai wrote:

Sena Aizawa wrote:

*ngikutin pertanyaan Kuria

eh btw, apa sekarang masih boleh bikin Beatmap hanya dengan 1 Diff ? (Approved style), dikarenakan sekarang kriteria Approved dulu = Ranked sekarang, jadi agak ragu nih, hehehe
boleh kok, Approved map hanya boleh digunakan untuk map marathon yang durasinya lebih dari 6 menit
ooh oke, dikirain udah harus 2 Diff lebih di 1 map.
*nyari lagu BPM cepet :v
10nya

Sena Aizawa wrote:

ooh oke, dikirain udah harus 2 Diff lebih di 1 map.
*nyari lagu BPM cepet :v
Ga harus 6 mnit juga sih, kalo lagunya misal BPM diatas 170 kira" dan length lagu-nya 3min bisa jd approved kok ._.

Xierra wrote:

Uguu. Karena belum ada tanda ini berarti kau harus cari cara buat improve sampai suatu hari ada XAT yang menyatakan kalimat "suci" itu, kasus di map aku begini juga nih. xD
I need moar mapping power!
sebenernya sih bubble jaman sekarang tergantung seberapa hoki kita ngepost di queue XAT. .
Yah tapi map quality emang lbih penting :3
Meru

- t e n n y a - wrote:

Ga harus 6 mnit juga sih, kalo lagunya misal BPM diatas 170 kira" dan length lagu-nya 3min bisa jd approved kok ._.
ha? teknisnya gimana nih kok bisa gitu? ._.a
69653863

Matoryoshika wrote:

- t e n n y a - wrote:

Ga harus 6 mnit juga sih, kalo lagunya misal BPM diatas 170 kira" dan length lagu-nya 3min bisa jd approved kok ._.
ha? teknisnya gimana nih kok bisa gitu? ._.a
mungkin kalo mapnya emang tergolong super-hard (stream-only + high drain ato apalah) dan emang keliatannya layak buat approved
misal map Forgotten
akebono
CTB_Trainee
Emmm... Kk sekalian bisa bantu buat diff. yang lain gk buat lagu ini.
--> http://osu.ppy.sh/s/85859
sekalian numpang promosi ya ఠ_ఠ
10nya

inverness wrote:

Matoryoshika wrote:

ha? teknisnya gimana nih kok bisa gitu? ._.a
mungkin kalo mapnya emang tergolong super-hard (stream-only + high drain ato apalah) dan emang keliatannya layak buat approved
misal map Forgotten
inverness gj.

high bpm tapi sizenya dibawah 5min itu juga bisa approved. ex. bpm diatas 200 song length 3min (Scarlet Rose, etc), bpm dibawah 210 biasanya fokus ke stream sama jump (The Pretender, Sa'eed,etc).
hm kira" begitulah yg saya mangsud.
Kyouren
coba bpm-nya cepat seperti 360 mapnya Blue Dragon
The Quick Brown Fox - The Big Black
Dan ini bpm-nya 220
Renard - Because Maybe! pt. 3

Heboh sekali mapnya :D :D
rehandi_old
Pagi semua :) .. izinkan saya memperkenalkan diri .. Rendy nama saya .. Aku benar-benar ingin bermain osu! Saya memiliki BEATMAPS akb48 - Uza .. Saya telah membuat dan sekarang saya akan meng-upload ke 4shared .. sehingga Anda semua penggemar akb48 bisa bermain lagu akb48 yang berjudul uza :D ..

Link +> [url] http://www.4shared.com/rar/VuvbMPOL/AKB48_-_UZA.htm [/ url] [color = # 40FF80] Silakan coba [/ color];););)

gokugohan12468 wrote:

coba bpm-nya cepat seperti 360 mapnya Blue Dragon
The Quick Brown Fox - The Big Black
Dan ini bpm-nya 220
Renard - Because Maybe! pt. 3

Heboh sekali mapnya :D :D
Gak ada ya mapnya INUL DARATISTA ?? :D :D :D :D
Kyouren
Inikan map untuk approved ;) ;) ;) ;)
Kasuga
gan titip map
https://osu.ppy.sh/s/60050

masih newbie dan masih perlu banyak belajar :D
mohon kripik dan sarannya :lol:
Xierra
Ikutan ah!
MikitoP - Kunoichi Demo Koi Ga Shitai

Map baru dari aku lagi, still WIP. :D
MMd-
WiP gapapa ya?
cosMo@BousouP - Destruction of Hatsune Miku
mohon bantuannya karena saya kadang masih bingung pattern
Topic Starter
Leorda
Tadaima~

2013/04/07 : Xierra's, theramds', Leorda's, and Frans Niko's map updated

Kalo WIP sih, nggak bisa masuk ke OP, bisanya yang udah jadi.

Ngomong2 kan udah 3 bulan nggak update OP, ada nggak map yang perlu tambah/hapus di OP? (PM me plz with "Heart Icon")
akebono
Xierra
Arigatou, Leorda-san! :D
Takaichi
hi semua.. gw baru disini o3o
btw map ane yg pertama Avenged Sevenfold - Dear God
need normal diff and mod o3o
Kyouren
Saya Sudah Jadi tinggal diMOD
NoboruP - Sayonara Goodbye (Short Ver.)
AnreFM
Halooo. Semua, saya baru disini. Mohon bantuannya ya^^

http://osu.ppy.sh/s/89247

Silahkan di mod, makasii^^
XK2238
wdw bendera US
dsnni bkan tmpat mnta mod btw :o js
AnreFM
Aduh maaf, saya kurang ngebaca, maaf banget><

Masalah flag, saya dari awal dapetnya gini, sudah request change flag cuma blum direspon, maaf^^ :lol:
Niko-nyan

Leorda wrote:

Ngomong2 kan udah 3 bulan nggak update OP, ada nggak map yang perlu tambah/hapus di OP? (PM me plz with "Heart Icon")
theramdans
thanks leo dah di tambahin ke OP
69653863
mfw all MATs has been promoted to BAT
Topic Starter
Leorda

inverness wrote:

mfw all MATs has been promoted to BAT
YAAAAAY!!!!
show more
Please sign in to reply.

New reply