NC GUIDESebelum vokal masuk, saya minta tolong NC dipasang setiap 2 bar lagu seperti berikut (1 bar juga boleh, tapi di map ini sekarang lebih condong setiap combo agak lama, jadi ya mari kita bikin 2):
00:03:100 (1) - lepas
00:03:475 (5) - pasang
00:04:600 (1) - lepas
00:06:475 (6) - pasang
00:07:225 (1) - lepas
00:09:100 (1) - lepas
00:09:475 (3) - pasang
Setelah vokal masuk, pasang NC setap 1 bar,
00:12:475 (4) - pasang
00:15:662 (6) - pasang
00:16:412 (1) - lepas
00:16:975 (3) - pasang
00:21:475 (7) - pasang
00:21:662 (1) - lepas
00:22:787 (1) - lepas. Slider ini juga kedengarannya ga pas soalnya di tengah"nya dia suara keras (gitar) masuk. Coba ganti jadi repeat slider.
00:23:350 (2) - pasang
00:24:287 (1) - lepas
00:24:475 (2) - pasang
00:25:975 (6) - pasang
00:26:537 (1) - lepas
00:27:475 (6) - pasang
00:28:225 (1) - lepas
00:28:975 (6) - pasang
00:29:725 (1) - lepas
00:30:475 (4) - pasang
00:33:485 (6) - pasang
00:34:037 (1) - lepas
00:34:975 (4) - pasang
00:36:475 (5) - karena 00:35:725 (1) NC, ini juga harus NC supaya konsisten.
00:36:850 (6) - pasang luga
00:37:412 (1) - lepas
Oke, buat bagian sebelum chorus (klimaks lagu, alias kiai) ayo kita kembali ke 1 combo per 2 bar:
00:39:475 (6) - pasang
00:41:537 (1) - lepas
00:42:475 (4) - pasang
00:43:600 (1) - lepas
00:45:475 (6) - pasang
00:45:850 (1) - lepas
00:47:537 (1) - lepas
00:48:475 (4) - pasang
00:49:787 (1) - lepas
00:49:975 (2) - pasang
Oke ini contoh sampai sini. NC jangan dipakai sembarangan; harus teratur. Biasanya NC dipakai saat spacing dibedakan, slider velocity diganti, dan yang paling umumnya, saat kita beralih ke bar berikutnya di suatu lagu. Biasanya 1 bar/combo untuk diff yang lebih sulit, atau 2 bar/combo untuk diff yang relatif mudah.
END NC GUIDESPACING GUIDE00:04:975 (5) - Di antara ini ama object sebelumnya ada beat yang nggak ada objectnya. Jadi. Ini harus lebih jauh dari object sebelumnya (normal spacing) atau dioverlap sama object sebelumnya (anti-jump)
00:24:850 (3) - Ini terlalu jauh untuk spacing 1.0x.
00:25:225 (4) - Ini juga terlalu dekat untuk spacing 1.0x.
00:34:975 (4,5,6,7,1,2,3,4) - Nah, spacing jump juga harus konsisten. Kalau mau ganti spacing jump, harus di tempat yang bagus, misalnya di akhir dan awal bar. Dari object 3 ke 4, ada spacing increase yang bener" terkesan random buat saya. Kalau mau begini, dari 4 ke 5 yang harus dinaikkan, bukan 3 ke 4.
00:42:100 (3,4) - Ini contoh spacing benar.
00:50:537 (4) - Terlalu dekat
Dan lain lain.
Intinya, kecuali mau ada jump atau NC, jangan pernah lepas Distance Snapping. Dan juga, kalau ada jump dll., akan sangat membantu kalau DS tetep dipasang, tapi dinaikkan saja, misalnya ke 1.5x atau 2.0x.
END SPACING GUIDEKIAI GUIDEMulai dan akhir Kiai harus pas. Di lagu ini, tempat yang paling pas (alias, tempat dimana chorus mulai dan berakhir) adalah:
00:54:485 (4) (mulai) sampai 01:06:475 (10) (akhir)
dan
02:01:975 (4) sampai 02:13:975 (8)
oh iya, kenapa yang ini ga ada Kiai ya?
02:52:985 (6) sampai 03:04:985 (2)
END KIAI GUIDEAWKWARD BEATS GUIDEGuideline yang paling gampang diikuti adalah:
Jangan pernah pasang slider kalau ditenghahnya ada suara kuat;
Jangan pernah mengosongkan tempat dimana ada drum beat (bass drum atau snare)
Misalnya:
00:22:787 (1) - slider ini
01:12:287 (5) - slider ini
01:17:360 (6) - slider ini, karena masih ada satu suku kata lagi yang belum keluar.
01:43:975 (5,6) - gap ini. terasa terlalu kosong, kerena masih ada drum di musiknya.
Dll
END AWKWARD BEATS GUIDEPATTERNS GUIDEDi saat ada pattern yang mau dimasukkan kedalam sebuah beatmap, pattern tersebut jangan terkesan random. Harus geometris.
Misalkan:
01:59:350 (3,4,5,6,7) - Ini... segi lima bukan? Tapi sangat kurang rapi. Cara membuat segi lima yang rapi adalah:
1. Buat 1 circle di sumbu y grid
2. Copy paste
3. Circle 2 rotate by (360/5)=72 derajat
4. Copy circle 2 and paste circle 3, rotate sampai akhirnya sampai circle 5
5. Move dan rotate SEMUA circle tersebut ke posisi yang diinginkan.
Untuk segi 4, 90 derajat. Untuk segitiga, 120 derajat, dll.
Tolong cari yang lain sendiri ;w;
END PATTERNS GUIDESTREAMS GUIDEBiasanya, stream di semua map spacingnya lebih kecil dari pada spacing object non-stream di map tersebut, karena stream lebih sulit di-track dengan benar. Semua stream di map ini kelihatannya menggunakan DS 1.0x, yang sama dengan DS di setiap beat biasa lainnya. Coba pakai DS 0.6x di semua stream di lagu ini.
END STREAMS GUIDE