forum

IMMA (Indonesia Mapping & Modding Academy)

posted
Total Posts
336
Topic Starter
ursa

= SELAMAT DATANG DI INDONESIA MAPPING & MODDING ACADEMY =


sesuai dengan diskusi bersama dari Komunitas Mapper Indo , dengan ini saya membuat thread ini dengan bertujuan meningkatkan jumlah mapper & modder Indo, baik dari segala mode gameplay (STD , Taiko ,CtB & O!M) . Semua mapper & modder indo yang aktif atau berpengalaman dalam Mapping & Modding dengan senang hati di terima di sini .

Langkah2 Awal dalam Mapping & modding

A.Mapping
Under Construction

B.Modding

Saya sudah mendownload Map Pending , apa yang harus saya lakukan



Langkah Pertama : Periksa & File di dalam Map Pending di dalamnya

Ingatlah , anda harus mengikuti Kriteria Mapping utama & Kriteria ranking yang telah ada di mode yang akan anda mod.selain itu , dengan menggunakan AI Bat itu akan membantu anda dalam modding.

Note Kriteria Ranking dalam berbagai gameplay
o!m by ReiKosaka

Reikosaka wrote:

- tidak diperbolehkan menggunakan lebih dari 6 note dalam waktu bersamaan, karena tidak semua keyboard support. terkecuali note seperti ini. (Lihat hold note di kolom ke-6) karena note tersebut pada dasarnya di lepas, bukan di tekan



Pembagian tingkat kesulitan (Difficult Spread)

- Setiap beatmaps harus memiliki minimal 2 difficult dan salah satunya harus Easy tau Normal

- set key yang terbanyak tidak boleh lebih mudah dari key yang terendah.

Contoh

4K Easy + 7K Insane: Accept
7K Easy + 4K Insane: Deny
4K Easy + 4K Hard + 7K Insane: Accept
7K Easy + 7K Hard + 4K Insane: Deny
4K Easy + 4K Insane + 7K Easy + 7K Insane: Accept

Overmapping


Overmapping adalah note yang di tempatkan secara berlebihan, yang membuat note tersebut lebih susah dibandingkan dengan lagunya. salah satunya adalah pemakaian hold note secara berlebihan



Hitsounding


setiap beatmaps harus memiliki hitsound, ini peraturan umum seperti di osu! , hanya saja untuk di osu!mania ini sedikit berbeda dimana hitsound tersebut harus fit. jika kamu kesulitan dalam hitsounding silahkan bertanya kepada sesepuh yang berpengalaman atau saya sendiri
std by Xinely

Xinely wrote:

Easy :
- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak memerlukan Easy diff karena bisa membuat Normal diff dibawah 3 star yang cukup untuk dimainkan oleh newbie. Namun, jika memang ingin membuat Easy diff, note biasanya terletak hampir 1/2 jarak antar note untuk keseluruhan map

- Untuk 100-159 BPM, jarak setiap note biasanya harus 1/1 agar newbie dapat dengan mudah membaca dan memahami ritme map. Namun, jika terdesak(benar-benar terdesak) untuk membuat pattern yang berjarak 1/2 (biasanya karena suara cymbal di tick merah) sekali-kali diperbolehkan (P.S : hanya sekali-kali, tidak dianjurkan untuk melakukan itu dengan sering)

- Untuk BPM diatas 160 BPM , tidak dianjurkan untuk meletakkan note yang berjarak 1/2 karena sangat susah ditangkap oleh newbie. Gunakan jarak 1/1 atau 2/1 atau membuat slider art contoh : https://osu.ppy.sh/s/30127 yang Makar's Easy (sangat dianjurkan) karena membuat map tidak monoton dan bentuk slider yang indah dapat membuat map menjadi semakin menarik

Ideal star rating : max 3 star

Spacing : harus konsisten

Normal :

- Untuk 60-99 BPM , sangat dianjurkan untuk membuat Normal dibawah 3 star karena bisa menghindari untuk membuat Easy diff. biasanya menggunakan banyak jarak 1/2 untuk keseluruhan map

- Untuk 100-159 BPM , untuk diff Normal boleh menggunakan jarak 1/2 dengan banyak (tapi jangan banyak-banyak), usahakan star rating sekitar 4 sampai 4,30 star

- Untuk BPM diatas 160 BPM , diperbolehkan untuk menggunakan 1/2 tapi jangan terlalu banyak juga. Ideal star rating antara 4 sampai 4,30 stars

Ideal star rating : 3,60 sampai 4,30 star

Spacing : sebaiknya konsisten tapi jika ada inconsistency karena blanket/suatu pattern, masih diperbolehkan

Hard :

- Untuk 60-99 BPM , diperbolehkan banyak 1/4, bahkan kalau ada musik yang di beat 1/8 diperbolehkan untuk triplet 1/8 (hanya triplet saja yang boleh)

- Untuk 100-159 BPM , diperbolehkan 1/4 triplet atau little stream tapi tidak d anjurkan untuk terlalu menggunakan secara berlebihan, tentu saja 1/2 banyak diperbolehkan untuk Hard diff

- Untuk BPM diatas 160 BPM , boleh menggunakan 1/4 tp sangat dianjurkan untuk menggunakannya dengan sangat jarang karena cukup susah untuk dimainkan, lebih dianjurkan untuk menggunakan 1/2

Ideal star rating : 4,6 - 4,8 star

Spacing : masih dianjurkan untuk beberapa konsisten spacing tapi juga diperlukan inconsistency spacing untuk jump

Insane :

- Untuk 60-99 BPM , biasanya tidak diperlukan Insane diff untuk BPM rendah tapi jika memang ingin membuat Insane diff seperti https://osu.ppy.sh/s/117676 (Together diff) , periksa dahulu adakah beat 1/6 atau 1/8 yang bisa di map agar memudahkan membuat stream dalam diff ini. Atau lagunya terasa enak untuk dibuat jump 1/4 secara terus-menerus

- Untuk 100-159 BPM , usahakan buat ritme 1/4 jika memungkinkan. Perbanyak dengan stream adalah solusi yang bagus untuk diff ini, misalkan https://osu.ppy.sh/s/113435 (Reality diff). Membuat ritme 1/2 dengan jump juga menjadi trik yang ampuh membuat Insane diff menjadi menarik

- Untuk BPM diatas 160 BPM , gunakan banyak 1/4 ritme akan membuat diff menjadi menantang, jump yang banyak juga membuat diff menjadi menarik untuk dimainkan (tapi jangan terlalu ekstrim)

Ideal star rating : 4,9 - 5 star

Spacing : dari ajaran guru-guru saya, tidak perlu menggunakan consistency dalam spacing asal jangan jump setiap waktu saja. Menggunakan 1/4 jump juga boleh asal hanya slider 1/4 saja yang bisa digunakan


Bahasa mungkin rada susah dipahami jadi minta seseorang yang mengerti standard dan bisa mempermudah bahasa aja (:
P.S : saya nulis nya di notepad jadi tolong diatur biar rapi lol

Langkah kedua : perika metadata

Ada beberapa website luar yang bisa kamu jadikan patokan untuk [Artist], [Title], dan lain lain. Beberapa diantaranya:
  1. vgmdb.net: untuk Video Game dan Lagu Anime/LN
  2. Touhou wiki: untuk lagu-lagu remix Touhou
  3. Vocaloid wiki: untuk lagu-lagu Vocaloid
  4. VjArmy: untuk lagu-lagu Bemani (Beatmania, DanceDanceRevolution dan lain sebagainya)
tambahan link sangat diterima, silahkan tambahkan jika dirasa perlu!

Tahap 3 : Periksa timing beatmapnya kalau sudah benar

Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
  1. BPM Analyzers: External programs such as MixMeister help you to detect the correct BPM. Take into account that it'd only work with single-BPM songs, and it doesn't detect the correct offset.
  2. Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply: Tool to detect an accurate BPM and Offset in most of the mp3 files. Only working for single-BPM songs!
  3. Charles445's advanced timing videotutorials: Where you can see how to time different types of songs according to their BPM.
  4. LKs' timing tutorial (Chinese):
  5. Help to add more info here!






Mapper & Modder Indo Yang telah terdaftar

Topic Starter
ursa
to be added :
* diffspread tentang std , taiko , ctb & o!m
* pengorganisir experience modding
* mapper & modder of the month
ArcherLove
semoga berjalan dengan lancar \o/
MMd-
mau gw bantu perbaikin guidenya?
and count me in /o/
wendao
you all fucking ninja

EDIT: it's AIBat, not AI Bat

also, count me in
Groumiezi
AAAAAAAA
No, it's AiBat

btw tadi uda chatting sama ursa

Edit:
itu yg "A.Mapping" nya dispasi jadi "A. Mapping" sama yg B. juga >.>

edit2:

ursa wrote:

Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
Fix tuh :P
dionzz99
daftarin gue please.. \o/
mapper type : osu!mania (prefer insane mapper)
Shivarion
Ini yang gw tunggu-tunggu !!
Nice thread !!
Kalo bisa di sticky dong :D

ursa wrote:

Tahap 3 : Periksa timing beatmapnya kalau sudah benar

Pasang headet atau nyalakan speaker & Lakukan Modding untuk mendeteksi hal2 yang perlu b di perbaiki menurut anda dalam beatmap tsb . sebagai tambahan :
  1. BPM Analyzers: External programs such as MixMeister help you to detect the correct BPM. Take into account that it'd only work with single-BPM songs, and it doesn't detect the correct offset.
  2. Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply: Tool to detect an accurate BPM and Offset in most of the mp3 files. Only working for single-BPM songs!
  3. Charles445's advanced timing videotutorials: Where you can see how to time different types of songs according to their BPM.
  4. LKs' timing tutorial (Chinese):
  5. Help to add more info here!
itu Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply kalau lagunya punya lebih dri 1 BPM... apa yang akan terjadi ..?
Leorda

Shivarion wrote:

itu Timing Analyzer v0.32.4 by statementreply kalau lagunya punya lebih dri 1 BPM... apa yang akan terjadi ..?
akan jadi kacau, jadi harus cari sendiri timingnya ato cari yang jago cari timing....

btw, good luck ursa~
Ciyus Miapah
Minta Lowongan Jadi mapper, boleh gak?.
theramdans
gw partisipasi semampu dan sesempt gw dah
Topic Starter
ursa
updated , btw , request memasukan pending map ke daftar example telah di buka :)
jyu
wah support! eh boleh masukkin pending map ke daftar example?

asek

https://osu.ppy.sh/s/111738 makasih _(:3_ /le gatau malu

count me in too ahue
eru
IBC ga jalan lagi emang?
MMd-
ini jadi semacam tempat belajar mapping & modding, pengembangan dari IBC (?)
inb4 modrequest berkedok Contoh Map Pending
Groumiezi
Kalau map W.I.P. di post? oke? btw bakal difinish >.>

nanya dulu sebelum dipost

edit: oh my new page

edit2: btw where is Decipher and zeroclover?
Nuix
mendownload seems not effective tho hehehe
El SolarBeam
biarpun ga banyak membantu, count me in :3
wendao

Nuix wrote:

mendownload seems not effective tho hehehe

yep, it's should be "mengunduh"
Ryu Sei
Ada benarnya.
List me. o!m charter and modder.
show more
Please sign in to reply.

New reply