Untuk poin pertama, yang saya maksud adalah tujuan banning salah satunya adalah untuk menghindari mod yang seorang player tidak suka, dengan adanya FreeMod maka otomatis untuk peserta yang sangat baik di mod specific map (HD dan HR) akan menganggap (seharusnya mereka menganggap ada 6 map Hidden dan 6 map HardRock) di mappool, dimana sistem banning map menjadi tidak berarti, karena dengan asumsi satu player bisa ban 2 map, mereka mash harus memainkan 4 map dengan mod specific yang sama. Memang beda lagi ceritanya kalau ada yang player yang all-rounder. Namun poin saya disini , "strategi" yang ada sekarang jujur agak terlalu mudah untuk diakali menurut saya, sehingga seorang player yang confident dengan HD atau HR bisa mengambil poin dari lawannya di map FreeMod tersebut (saya terutama agak menekankan di ronde-ronde selanjutnya yang tentunya mapnya akan lebih sulit).El SolarBeam wrote:
Untuk poin kedua, kalau soal ban sendiri, saya berusaha untuk membuat mappool FreeMod yang resikonya tidak akan terlalu besar. Maksud saya disini adalah mappool FreeMod akan diusahakan agar tidak sulit untuk dimainkan meskipun menggunakan mod apapun (dengan standar player yang minimal bisa sedikit bermain map dengan HR atau HD tentunya, kalau tidak bisa sama sekali tentu ceritanya akan lain). Hal ini berbeda dengan mappool diluar FreeMod yang mungkin akan menuntut skill lebih untuk dapat memainkannya.
Dan untuk poin terakhir, perlu diketahui bahwa memilih AR9+DT itu sebuah keputusan berat, apalagi di mode CtB. Bahkan di pertandingan CtB berskala internasional pun tidak ada yang dengan santai mengeluarkan mod semacam itu, sekalipun terdapat FreeMod AR9 di ronde pertama (um.. oke, kecuali saya orz). Tapi untuk berjaga-jaga tentu saya tidak akan mengeluarkan AR9 di pool FreeMod di awal pertandingan.
Untuk poin kedua, saya rasa asalkan FreeMod tidak ada yang melewati AR10 jika ditambah dengan mod DT, silahkan saja dipilih (maksimal AR 8.5 FreeMod then). Jujur pemaksaan dengan mod DT ini menurut saya agak kontroversial. Saya tidak terlalu mempermasalahkan dengan pemaksaan mod HD / HR pada FreeMod, karena dalam praktiknya memang masih ada strategi yang dimainkan, namun sepertinya agak memang cukup mudah buat diakali.
Well sekian saja sih, semoga dapat membantu~ , ini sudut pandang saya jika saya memainkan map tournament standard sih jujur, jadi agak kurang ngerti juga kalau di-implementasikan di CtB.