forum

Indonesian Beatmapper Club!! [IBC]

posted
Total Posts
1,923
show more
Decipher

pengomon wrote:

Salah satu pernyataan dari seseorang bahwa osu itu lekat dengan yang namanya hitsound. Kalo nggak ada hitsound, kemungkinan di-rank jadi kecil.
kalau ga ada hitsound malah ga bakal dirank kayaknya, hitsound kan udah masuk di ranking rules
You must use hitsounds. Without these, things get way too monotonous as you are throwing away one of the main elements of variation present in mapping. You don't need to place them on every note (and are discouraged from doing so), but they must at least be frequently heard when playing.

pengomon wrote:

Dafuq! :o Ternyata "semudah" itu mencari file hitsound yang berbeda. Oke! Terima kasih atas saran "simpelnya", ya! :)
mau bikin sendiri atau nyari sound effect di internet juga bisa sih (misalnya suara benda yang nyemplung ke air atau suara kucing, kalau cuma nyari di map orang kan butuh effort lebih, itupun belum tentu ketemu)
wendao
banyak juga diantara mapper yang niat beli sound effect hanya untuk dibikin hitsound

ujung-ujungnya, dibajak orang lain
Sorarei

pengomon wrote:

Pertanyaan gue adalah:
Bagaimana cara mereka (para mapper) mendapatkan file hitsound yang berbeda dari sampelnya?
Apakah mereka bikin sendiri? Atau dapat dari beberapa web yang menyediakan beraneka ragam (file) efek hitsound?

Dijawab, ya! :D Kadang ada lagu yang pengen gue mapping tapi pengen banget pake efek hitsound dari luar--bukan dari sampelnya....

kalau kamu terbiasa denger lagu, hafal jenis genre musik lagu, terus istilah yang disebut snare , drum , kick , pad , short synth , long synth. dll

itu mudah.
akebono
buat sendiri beatbox-an :v

bisa loh -w-
Ichigaki

egas00 wrote:

buat sendiri beatbox-an :v

bisa loh -w-
kreatif amat -w-)v

IBC ya... ane masih baru dalam hal mapping, hitsound ane gak begitu paham ;w;)v
f4rdiyan
misi misi..
ini saya buat beatmap (1st beatmap),, ::
https://osu.ppy.sh/s/191323
menurut sesepuh disini gmna??
apa udah lumayan atau masih hancur.. :)
mohon tanggapannya..
SyraxAxoJaxco

pengomon wrote:

Jadi kalo efek hitsound-nya cuma 0%, kemungkinan di-rank jadi kecil.
Lah sekarang saya jadi bingung, beatmapnya saya ini (Newbie Beatmapper :D) yang insane ngikutin nada keyboardnya musiknya. Katakanlah ngikutin instrumentalnya. Rencana hitsound effectnya mau dibuat 0%, ehhh liat ini dulu. Jadi gimana dong? Diterusin aja ato nyari nyari hitsound yang bernada-nada keyboard? Kalo nyari lagi, :? bantuin dong...

(Just join, jadi sori kalo dianggap 'nyelonong'....( `v` " ) )
SyraxAxoJaxco

f4rdiyan wrote:

misi misi..
ini saya buat beatmap (1st beatmap),, ::
https://osu.ppy.sh/s/191323
menurut sesepuh disini gmna??
apa udah lumayan atau masih hancur.. :)
mohon tanggapannya..
Buat saya, ada beberapa waktu "berharga" (Kiai Time) yang hilang.
Untuk normal, itu SV sama BPMnya dah perfect. TAPI OFFSETNYA SALAH.........
Offsetnya (buat saya) lebih baik berada di 324 (dan silahkan nanti anda{*uwesss...anda...} membandingkan dengan offset anda sebelumnya. Rasakan perubahannya.)
Juga walaupun normal, ini TERLALU SEPI.......tambahin beberapa hitnotes, and it will be fine...
.........gak tau mau nambahin apalagi.
pengomon

SyraxAxoJaxco wrote:

pengomon wrote:

Jadi kalo efek hitsound-nya cuma 0%, kemungkinan di-rank jadi kecil.
Lah sekarang saya jadi bingung, beatmapnya saya ini (Newbie Beatmapper :D) yang insane ngikutin nada keyboardnya musiknya. Katakanlah ngikutin instrumentalnya. Rencana hitsound effectnya mau dibuat 0%, ehhh liat ini dulu. Jadi gimana dong? Diterusin aja ato nyari nyari hitsound yang bernada-nada keyboard? Kalo nyari lagi, :? bantuin dong...

(Just join, jadi sori kalo dianggap 'nyelonong'....( `v` " ) )
Ya..., kalo hitsound-nya 0% kemungkinan sebuah beatmap di-rank jadi lebih kecil lagi. Daripada diterusin mending efek hitsound-nya dimunculin dan cari hitsound-yang-bernada-keyboard (baca: keysound). Kalo cara cari dan buat keysound (bukan hitsound, ya?), tanyakan saja para pro mapper mania di sini. :v

[EDITED]
Malam ini, gue nge-publish mapset (kedua) untuk pertama kalinya. Belum selesai, sih. Mapping-nya baru sampe awal-awal lagu. Entah kenapa, setiap gue coba beberapa kali, hasilnya jadi rada absurd. Kalo menurut kalian gimana? Jangan lupa, mod-nya, ya! :D
https://osu.ppy.sh/s/192176

Satu lagi, nih! Tapi ini beatmap buatan temen FB. Pertama kali gue coba, SV changes sungguh benar-benar tricky (baca: absurd). Sumpah, bikin pusing! :o Kalo menurut kalian gimana? Cobain, lah! Tricky-nya bener2 tricky! :v
https://osu.ppy.sh/s/179709

Sorry kalo salah tempat! Lagi darurat, nih! #apaSih
Ginshu

SyraxAxoJaxco wrote:

pengomon wrote:

Jadi kalo efek hitsound-nya cuma 0%, kemungkinan di-rank jadi kecil.
Lah sekarang saya jadi bingung, beatmapnya saya ini (Newbie Beatmapper :D) yang insane ngikutin nada keyboardnya musiknya. Katakanlah ngikutin instrumentalnya. Rencana hitsound effectnya mau dibuat 0%, ehhh liat ini dulu. Jadi gimana dong? Diterusin aja ato nyari nyari hitsound yang bernada-nada keyboard? Kalo nyari lagi, :? bantuin dong...

(Just join, jadi sori kalo dianggap 'nyelonong'....( `v` " ) )
Tidak semua note harus di kasih hitsound , lebih cocok gunakan hitsound default dari Osu! dulu ( jika Pas dengan Lagunya )
kalo bisa hitsound nya jangan 0%

( pendapat saya :) )
Rukaru

SyraxAxoJaxco wrote:

pengomon wrote:

Jadi kalo efek hitsound-nya cuma 0%, kemungkinan di-rank jadi kecil.
Lah sekarang saya jadi bingung, beatmapnya saya ini (Newbie Beatmapper :D) yang insane ngikutin nada keyboardnya musiknya. Katakanlah ngikutin instrumentalnya. Rencana hitsound effectnya mau dibuat 0%, ehhh liat ini dulu. Jadi gimana dong? Diterusin aja ato nyari nyari hitsound yang bernada-nada keyboard? Kalo nyari lagi, :? bantuin dong...

(Just join, jadi sori kalo dianggap 'nyelonong'....( `v` " ) )

osu!wiki wrote:

Hitsounds from notes and sliders must be audible. These provide feedback for the player, and having them silent in a rhythm game doesn't make much sense. If you don't like the default sounds, then find replacements rather than silencing notes. You can use hitsounds from the Custom Hitsound Library or easily find others online. Lowering the volume of a few notes to provide a dampened effect is usually fine, but complete silence is always unacceptable. The end of a spinner (or even the entire spinner) the sliding sound of a slider, and the end of a slider can be silent, but only do it if it makes sense. Finally, you cannot silence both slider ticks and slider slides together.
pengomon
[ASK AGAIN!]

Pihak developer osu!, 'kan, sering mengadakan kontes bikin beatmap setiap bulannya (?). Nah, yang jadi pertanyaan gue adalah...;
Apa diperbolehkan juga bikin beatmap osu!mania buat kontes beatmapping? Apalagi jika satu mapset cuma ada (beberapa) beatmap mania. Coz, kelihatannya orang yang ikut beatmapping contest kebanyakan bikin beatmap osu! standard--menurut gue, sih....

Oh, iya! Satu lagi!
Biasanya file video buat bikin beatmap berekstensi .flv atau .avi. Kalo file videonya berekstensi .mp4 masih diperbolehkan (dan masih mungkin untuk di-rank)?
Decipher
bukan "kebanyakan orang bikin mapset standard" — kontes bikin map memang cuma untuk mode standard aja itu
Hinsvar
Kontes sekarang cuma nerima mode standard, belum nerima mode lain. Ditunggu aja soal itu ``b

Dan setahu saya .mp4 gak kompatibel sama osu!... Jadi boro-boro rankable, masukin ke osu! aja gak bisa lol
pengomon

Decipher wrote:

bukan "kebanyakan orang bikin mapset standard" — kontes bikin map memang cuma untuk mode standard aja itu
^ Ya, gitu, sih! Aku jadi kecewa, 'kan! :( #siapaYangPeduli?

Hinsvar wrote:

Kontes sekarang cuma nerima mode standard, belum nerima mode lain. Ditunggu aja soal itu ``b
^ Oke! Aku tunggu kabar selanjutnya! :)

Hinsvar wrote:

Dan setahu saya .mp4 gak kompatibel sama osu!... Jadi boro-boro rankable, masukin ke osu! aja gak bisa lol
^ Oh, ya udah! Tapi kalo convert-nya pake aplikasi Avidemux bisa, 'kan? :roll:
ArcherLove
ya avi bisa
10nya
.flv ma .avi yakan? (gwa jarang pake vid
wendao
y
Gratizzz
sesepuh tolong bantu saya mengenal pattern..
kalo timing kyknya udah ok,
mohon bantuannya.
ntah knapa saya buat patternya ngasal doang ngkut flow tapi ancur :v
saya ngemap for fun only ga tau diff apaan.
monggo di cek apa kira" salah saya walo progress baru 20% > https://osu.ppy.sh/s/196537 <
terimakasih :D.
SyraxAxoJaxco

Gratizzz wrote:

sesepuh tolong bantu saya mengenal pattern..
kalo timing kyknya udah ok,
mohon bantuannya.
ntah knapa saya buat patternya ngasal doang ngkut flow tapi ancur :v
saya ngemap for fun only ga tau diff apaan.
monggo di cek apa kira" salah saya walo progress baru 20% > https://osu.ppy.sh/s/196537 <
terimakasih :D.
Kalo timing dkk, dah PERFECT. Tapi beatmapnya sulit amat...
Setidaknya saya bisa belajar pattern beatmapper lain. Tapi coba patternnya lebih dekat dekat. Itu soalnya agak jauh jauhan/jumpin' tiap hit...
Overall, G for Good.
akebono
ada mas gratizzz xD
Gratizzz
we ada egas :P
gmn ya improvin pattern T_T susah amit ga jelas patern saya
kalo masalah kejauhan emang sengaja bro :D saya pencinta jump but not stream :v
soalnya saya buat map yang enak dimaenin sndiri alias sesuai kemampuan bermain saya...
kalo copas dari map orang ga enak rasanya :v pengen pattern sndiri
yah saya masih belajar juga bro masi tatad :p
tolong di bantu ea, trims.
Volta
halo kk2 sekalian...
ane baru pertama kali nih bikin beatmap jadi mohon bantuan dan komennya ya :)
terus ane jg baru di forum jadi gak tau harus kemana :oops:

link: http://osu.ppy.sh/s/196439 [osu mania only]
pengomon
SPOILER
Eh, busyet! Udah 2 bulan, nih, thread nggak ada posnya. Ya, udah, deh! Gue tanya aja, dah! :v

Sebenarnya pertanyaan ini udah gue tanyain di FB group osu!mania Indonesia. Tapi gue tanyain lagi di sini biar tahu respon temen-temen di forum osu! kayak gimana....

Sepertinya, gue berniat untuk serius bikin osu!mania notechart (baca: beatmap). Nah, setelah diperhitungkan beberapa kali. Seperti ini hasil kalkulasi diff untuk chartset (baca lagi: mapset) buatan saya.

Kalau menurut kalian, cocok, nggak, perhitungan OD--HP-nya kayak gambar di atas? Kalau menurut gue, walau beda dikit (cuma beda koma), perhitungan akurasinya nggak bakal beda jauh antara satu diff dengan diff lainnya. Kalo OD--HP-nya setiap diff-nya beda satu angka (yang satu OD--HP-nya ada yang 7, yang satunya lagi HP--OD-nya 8 [atau mungkin 9?]), rasanya (menurut gue) perhitungan akurasi bakal berbeda juga. Kalo menurut kalian gimana?
Mengenai kriterianya, itu semua tulisan "stream" cuma perumpaman, doang, ya! :lol: Ya, nggak mungkin setiap diff (yang gue bikin) dikasih style stream semua. Gue juga bikin notechart ngikutin feeling beat-nya....
Dan, untuk stars diff-nya, gue cuma "garis-garisin", doang. Kenapa? Karena, kadang... level (stars rating) itu menipu. :v

Cukup segitu aja dulu pertanyaanya! Sorry for #longpost :D
Rukaru
kalau aku pribadi sih lebih suka HP drain nya konsisten di semua tingkat kesulitan, kecuali SC.
perhitungan diatas sepertinya udah bagus menurutku.
HP ga ngaruh sama akurasi, OD aja yang ngaruh.
pengomon

raheta_adi wrote:

HP ga ngaruh sama akurasi, OD aja yang ngaruh.
Ya, gue juga tahu kalo yang ngaruhin akurasinya cuma OD-nya aja. HP ngaruhnya kalo dapet hit-perfect atau hit-miss bisa nambah/ngurang berapa life drain (darah).
Veritica
Need modding ;) saya newbie, 1st beatmap
https://osu.ppy.sh/s/207576
Kevin97
disini ada mapper CTB ?
:D
Celizavia
Baru tau Ada komuniti ini heheh

Yg baik hati ajarin dong cara nge-mod Diff tingkat Hard keatas (selain hitsound orz)
(=゚ω゚)ノ
areumdy
boleh tanya kan disini? ._.
baru tau ada thread ini -_-
kan aku bikin beatmap,tapi mp3 nya belum dikompres ._.
trus akhirnya aku kompres.. tapi,,,
cara ganti mp3 nya gimana? harus buat baru lagi? ._.
Topic Starter
Leorda

areumdy wrote:

boleh tanya kan disini? ._.
baru tau ada thread ini -_-
kan aku bikin beatmap,tapi mp3 nya belum dikompres ._.
trus akhirnya aku kompres.. tapi,,,
cara ganti mp3 nya gimana? harus buat baru lagi? ._.
kalo mp3 tuh dah didalam folder terus kamu kompress mp3, kayanya ngga perlu ganti mp3 ato buat lagi... kompres mp3 kemungkinan offset (ato BPM) bakal berubah...
69653863
mp3 yang lama dihapus terus taro mp3 barunya, namanya samain persis dengan nama mp3 lama
done
noxn7
Hai kakak senior. Mau tanya, mungkin mainstream tanyanya ><

Setelah bosen main (padahal baru dua tahun) akhir'' ini saya mau coba mapping...
Dan hasilnya saya njlimet di awal. Masalah yang sering saya dapat... Yaitu tempo dan offset.

Saya pake Virtual DJ buat ngepasin tempo, ternyata pas dicoba kadang gak cocok "tick" sama lagunya.

Ajarin dong, cara mendapat tempo dan offset yang baik.. Yah kalau berkenan.

Terima kasih..
areumdy
gitu ya? ._.
oke,makasih ya ^^
Rukaru
hi denonirawan.

coba pakai aplikasi ini. autodetect BPM dan offset (credit to statementreply) : http://puu.sh/aibtD.zip
ada juga thread advanced timing tutorial disini : t/121202

semoga bermanfaat
Verniy_Chan
hmmm...
informasinya sangat membantu
Kasuga
Dan sepertinya sub-forum ini terbengkalai
Hasbiii
mau nanya... semoga ada yang jawab ._.

Kalau Spacing Itu apa ya ?


aku kewalahan @@
https://osu.ppy.sh/forum/p/3757867/


thanks :)
Sorarei

Nishikino- wrote:

mau nanya... semoga ada yang jawab ._.

Kalau Spacing Itu apa ya ?


aku kewalahan @@
https://osu.ppy.sh/forum/p/3757867/
Spacing yang dimaksud di osu! standard adalah jarak note-ke-note..
Aii-
nanya dong ;w; ,, apa sih efeknya OD di Ctb sama Mania ?
show more
Please sign in to reply.

New reply